27 C
Padang
Senin, Maret 4, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pemilu Presiden Sukses, Payakumbuh Kondusif
P

Kategori -
- Advertisement -

Pesta demokrasi lima tahunan, memilih Presiden RI masa bakti 2014-2019 di Payakumbuh berlangsung sukses, tertib aman dan lancar,  Rabu (9/7). Dalam suasana puasa Ramadhan, di hari mencoblos itu, suasana  kota sangat kondusif.  Tingkat partisipasi warga menggunakan hak pilihnya  diperkirakan cukup tinggi ketimbang Pilleg baru lalu.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Ketua KPUD Hetta Membayu berharap, target nasional, pemilih datang ke TPS  sebanyak  80  persen dari jumlah pemilih, mudah-mudahan terpenuhi. “Kita berharap, tak ada yang golput di Payakumbuh,” sebut Walikota Riza Falepi dan Ketua KPU Hetta Membayu, Kepala Kesbangpol Linmas Elfriza Zaharman, usai monitoring Pilpres, di Payakumbuh, Rabu siang kemarin.

Pusat perniagaan di jantung  kota serta jalan raya diseluruh penjuru Payakumbuh, hingga pukul 11.00 WIB tampak sepi dari lalu lalang kendaraan bermotor. Toko dan kios  di pasar bertingkat dan pasar tradisional Ibuah tampak lengang dari pembeli. Malahan, hingga jam 12.00 WIB,  masih banyak  toko dan kios yang belum dibuka.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi bersama isteri, Ny. Dr. Henny Riza Falepi  dan keluarga memilih di TPS 02 Kelurahan Koto Baru  Balai Janggo, Payakumbuh Utara. Di TPS ini, walikota didampingi Camat Payakunbuh Utara Novriwandi, SH, dan lurah setempat.

Sedangkan, Wawako H. Suwandel Muchtar menggunakan hak suaranya di TPS 07 Ibuh, Payakumbuh Barat, bersama isteri Ny. Rasyidah Suwandel, serta anak menantunya. Camat Payakumbuh Barat H. Nurdal dan lurah Ibuah, juga ikut mendampingi wawako di TPS tersebut.

Di Payakunbuh berdasarkan data KPUD jumlah pemilih  86.900 jiwa. Angka tersebut mengalami penurunan  sebanyak 540 orang, dibanding dengan pemilih tetap  Pilleg yang berjumlah 87.440 orang. Kekurangan disebabkan, pindah domisili, meninggal dunia, tak memenuhi persyaratan serta terdapatnya nonor induk kependudukan yang invalid. Seluruh DPT,  memberikan suarapada 200 TPS yang tersebar pada lima kecamatan di Kota Batiah.

Jalannya pemilihan umum di 200  TPS Payakumbuh, juga dipantau Tim Koordinasi Pemantauan Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Pemilu (TKPP-EPP) bersama Walikota Riza Falepi, Wawako Suwandel Muchtar, Sekdako Benny Warlis, bersama anggota Muspida, seperti  Dandin 0306/50 Kota Letkol Inf. Trisno Widodo, Kajari Hasbih, SH, MH,  Kapolresta AKBP Rubintoro Suhada, S.Ik,  Dari jajaran pemko juga ikut Asisten I Yoherman, Kasatpol PP Fauzi Firdaus, dan sejumlah pimpinan SKPD bersama camat kelima kecamatan.

Kunjungan tim monitoring Pilpres  ini diawali di TPS 02 Kelurahan Balai nan Tuo,  Kecamatan Payakumbuh Timur. Berikutnya, tim berkunjung ke TPS 01 Kelurahan Balai Betung, Payakumbuh Utara. Dari Balai Baru, tim meninjau TPS 2 di Kelurahan Parambahan, Kecamatan Latina, kemudian TPS 1 di Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan  Payakumbuh Barat, serta berakhir di TPS 2 Kelurahan Sawah Padang, Kecamatan Payakumbuh Selatan.

Walikota Riza Falepi, dan ketua KPUD Hetta Membayu dan Ketua Panwaslu Elfaiz, mengaku puas dengan penyelenggaraan Pilpres yang benar-benar dalam suasana aman, tertib dan lancar.  Sepanjang Pilpres berlangsung, KPUD dan Panwaslu tidak menerima pengaduan pelanggaran Pilpres. Kita  berikan penghargaan kepada publik, yang telah dewasa dalam berdemokrasi, katanya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img