30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pembukaan Pesantren Ramadhan di Padang Hadirkan Tengku Wisnu dan Khairat KDI
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Pemerintah Kota Padang kembali menyelenggarakan Pesantren Ramadhan di bulan suci umat Islam pada tahun 1436 H ini . Program keagamaan yang mendapat respon positif masyarakat ini, bakal digebyar secara akbar di Lapangan Imam Bonjol Padang pada 12 Juni 2015 mendatang.

Tak tanggung-tanggung, pembukaan secara simbolis ditandai dengan pemukulan bedug oleh oleh Gubernur Sumatera Barat bersama Walikota Padang dan Muspida. Disamping menghadirkan puluhan ribu siswa dari seluruh sekolah di Kota Padang, secara istimewa akan menghadirkan artis nasional Tengku Wisnu dan penyanyi jebolan KDI 2015 Khairat.

Menurut Kabag Kesra Pemko Padang, Al Amin, sedikitnya 150 ribu orang akan hadir dalam Gebyar Pembukaan Pesantren Ramadhan 1436 H ini. Mereka berasal dari siswa – siswi seluruh sekolah semua tingkatan, para mentor, majelis taklim, dan pengurus masjid, serta pemuka masyarakat.

Pesantren ramadhan tahun ini akan dilaksanakan pada 1.150 masjid dan mushalla dengan mentor sebanyak 1.500 orang.”Pelatihan terhadap para mentor ini sudah berjalan. Insha Allah hingga tanggal 10 Juni nanti semua mentor sudah selesai dilatih pada semua kecamatan,” ujarnya.

Al Amin menambahkan, kemungkinan akan ada masjid tambahan di daerah luar Kota Padang, lantaran masyarakat yang berada di perbatasan Kota Padang dengan Kabuptaen Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan juga banyak siswanya yang sekolah di Kota Padang. “Bila di masjid setempat dilaksanakan pesantren ramadhan guna mengakomodir siswa – siswi tersebut maka Pemko Padang akan memberikan anggaran,” jelas Al Amin.

Dijelaskan lebih lanjut, Pesantren Ramadhan tahun ini dilaksanakan selama 15 hari. Dimulai tanggal 21 Juni atau hari kelima puasa dan berakhir sepuluh hari sebelum Idul Fitri. “Rentang waktu ini dimaksudkan agar para santri bisa memiliki waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi lebaran dan sebagainya,” imbuh Al Amin.

Di samping di masjid, beberapa sekolah juga memilih melaksanakan pesantren ramadhan di sekolah, diantaranya SMAN 1, SMAN 10, MAN 3 dan SMAN 2. “Hal ini lantaran di sekolah mereka mempunyai masjid yang memadai dan memiliki mentor sendiri,” pungkasnya. (der)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img