26 C
Padang
Jumat, Mei 27, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Pedagang Pasar Kota Padang Agar Tidak Tinggalkan Barang Dagangan
P

Kategori -
- Advertisement -

Padang – Walikota Padang masih prihatin dengan ulah para pedagang di Kota Padang. Selain seenaknya berjualan di atas trotoar, barang dagangannya pun selalu ditinggalkan di atas trotoar tersebut. Akibatnya tentu Padang terlihat tak lagi rapi, tertib dan bersih.

Hal ini memang menjadi perhatian lebih dari Walikota Padang H Mahyeldi Dt Marajo. Saat Walikota mengitari Kota Padang, trotoar yang sepatutnya menjadi tempat masyarakat berjalan, sudah terampas haknya oleh pedagang. Sehingga pejalan kaki terpaksa ‘mengalah’.

“Tak ada istilah warga boleh meninggalkan barangnya di trotoar. Berjualan juga ada waktu dan tempat tertentu yang kita izinkan,” ujar Wako dalam suatu kesempatan.

Untuk mengantisipasi pedagang yang berjualan di atas trotoar dan kerap meninggalkan dagangannya saat malam hingga pagi, Walikota mengimbau kepada jajarannya agar menertibkan hal tersebut.

“Untuk itu kelurahan dan kecamatan serta SKPD terkait harus betul-betul menciptakan kerapian, kebersihan dan ketertiban. Bagaimana Padang tertib, jika tak tertib tentunya tidak akan ramai Kota Padang,” ujar Mahyeldi.

Walikota juga memberi perhatian khusus kepada lurah yang ada di Kota Padang. Walikota menginginkan lurah bekerja secara maksimal. Apalagi Pemerintah Kota Padang telah memberikan insentif dan kendaraan operasional khusus kepada lurah dan perangkat kerjanya. Begitu juga dengan kecamatan, Pemko Padang sudah mem-BKO-kan Satpol PP untuk di kecamatan.

“Ini kita lakukan supaya lurah dan camat betul-betul bertanggungjawab melakukan penindakan dan pengawasan,” sebut Walikota.

Walikota menekankan supaya Lurah lebih memahami dan mengerti tentang tugas pokok dan fungsinya.

“Tugas lurah bagaimana memberikan teguran. Teguran ditembuskan ke camat dan Satpol PP. Penindakannya nanti dari camat dan Satpol PP,” kata Mahyeldi.

Walikota berharap, dengan ketertiban, kebersihan dan kerapian ini akan mendorong investor untuk datang berinvestasi di Padang.

“Ke depan tak ada lagi alasan di trotoar ada barang pedagang dan gerobak yang ditinggalkan berhari-hari, berbulan-bulan, gak ada itu. Karena itu perlu ditekankan kepada jajaran Asisten I bagaimana untuk menciptakan ketertiban, kebersihan dan kerapian,” pungkas Walikota.(Charlie)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img