26 C
Padang
Selasa, Maret 2, 2021
Beritasumbar.com

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa
P

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.

Kepala Bagian (Kabag) PBJ Dalbang Maizon Satria mengatakan ini semua dilakukan sesuai instruksi Wali Kota Payakumbuh Nomor. 12 Tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan PBJ TA 2021.

Berdasarkan Instruksi tersebut untuk memulai proses pengadaan lebih awal dari tahun sebelumnya agar di kemudian hari tidak ada kendala dalam proses pengerjaan dan semua paket pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

“Sampai saat ini sudah ada 4 paket pekerjaan yang telah berjalan yang mana 2 paket sudah memasuki tahap evaluasi dan 2 lagi masih dalam proses pengumuman,” kata Kabag UKPBJ Dalbang Maizon Satria Kepada Humas di ruang kerjanya, Rabu (27/01).

Maizon mengharapkan untuk paket pekerjaan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) mengingat kondisi saat ini, meminta agar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) disetiap perangkat daerah agar segera membuat dan memasukkan dokumen pemilihan ke UKPBJ supaya proses pemilihan bisa diumumkan.

“Mengingat saat ini dalam situasi pandemi dan keadaan keuangan tidak menentu sehingga ditakutkan akan terjadi rasionalisasi anggaran seperti tahun kemaren, maka dari itu untuk tahun 2021 ini prosesnya lebih cepat dan diharapankan perangkat daerah siap dan tidak ada kendala dalam proses pengadaan barang dan jasa dan berjalan sesuai tegulasi yang telah ditentukan,” ucapnya.

Maizon mengungkapkan untuk tahun 2021 jumlah paket pekerjaan baik itu tender ataupun penunjukan langsung tidak akan jauh berbeda dari tahun 2020 lalu mengingat sekarang masih dalam suasana pandemi covid-19, sehingga terjadi penurunan lebih kurang 35 persen dari tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk tahun ini ada 50 sampai 60 paket pekerjaan yang ditenderkan dan lebih kurang 400 paket dengan metoda Pengadaan Langsung untuk seluruh perangkat daerah,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat terpisah Kasubag Pengadaan Barang dan Jasa Yerisiswanto mengatakan untuk proses tender bisa diikuti oleh penyedia se-Indonesia dan sesuai dengan kualifikasi setiap paket pekerjaan yang ditenderkan.

“Untuk informasi dan jadwal lelang para penyedia bisa mengakses situs www.lpse.payakumbuhkota.go.id dan disitus tersebut para penyedia bisa memantau setiap paket tender yang disediakan Pemko Kota Payakumbuh,” ucapnya.

Untuk proses tender sendiri Anto mengatakan, semuanya sudah tersistemasi dan transparan tanpa ada yang ditutup-tutupi, sehingga calon penyedia bisa melihat jalannya setiap proses mulai dari pengumuman jadwal sampai penetapan pemenang.

“Ini semua agar semua penyedia bisa mengawal proses jalannya tender paket pekerjaan yang diikutinya,” pungkasnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

USTADZ GURU; SANG KOMANDAN

“Pandai mengeluh sudah bawaan manusiaTak dipelajari sepertinya dia datang sendiriTapi jiwa optimis harus dilatih dan ditumbuhkanSebab alam mengajarkan semua makluk bisa bertahanBahkan manusia bisa...
- Advertisement -

Kawasan Lembah Harau Kembali Terbakar, Diduga Pelaku Kemah Lupa Matikan Api Unggun

Sarilamak, beritasumbar.com - Kawasan Wisata Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota Kembali mengalami mengalami kebakaran pada Selasa siang, namun berhasil dipadamkan oleh petugas. "Pada kebakaran hutan...

Selama Menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo-Rizki Kurniawan Nakasri Janji tak Akan Terpecah

Sarilamak, beritasumbar.com - Selama menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lima Puluh Kota, Sumatera Barat Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri berjanji tidak akan...
- Advertisement -

Bawaslu Limapuluh Kota Terbitkan Buku ‘Kilas Pengawasan’ Pilkada 2020

Limapuluh Kota, Beritasumbar.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Limapuluh Kota menerbitkan buku 'Kilas Pengawasan' yang berisi seluruh kerja yang telah dilaksanakan oleh pengawas...

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -