25.1 C
Padang
Wednesday, October 28, 2020

Payakumbuh Rebut Kota Sehat Swastisaba Kedua

Kota Payakumbuh kembali merebut penghargaan Kota Sehat 2015, bersama 14 kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat. Tapi, kota berpenduduk sekitar 130 ribu jiwa itu, meraih kategori  Kota Sehat tertinggi,  Swastisaba Wistara (Pembinaan). Gelar Wistara itu, merupakan penghargaan kedua dari lima kali gelar kota sehat yang telah diraih Kota Batiah itu, sejak 2005 lalu. Empat hari sebelumnya, Payakumbuh juga menerima Piala Adipura, yang juga bagian dari penilaian Kota Sehat.

Penghargaan beserta Piala Kota Sehat itu diterima Walikota H. Riza Falepi dari Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, dalam acara Malam Anugerah Kota Sehat di Hotel Bidakara Jakarta, Jum’at (27/11).  Dalam acara ini, juga hadir Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono beserta sejumlah pejabat eselon I Kemenkes, gubernur seluruh provinsi di Tanah Air.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, saat penyerahan penghargaan itu didampingi Kepala Dinas Kesehatan Elzadaswarman, SKM, MPPE, Sekretaris Inspektorat Mawardi, SH  dan sejumlah pimpinan puskesmas dari lima kecamatan di Payakumbuh.

Sementara itu, daerah tetangga Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, untuk pertama kalinya menerima penghargaan Kota Sehat kategori Pemantapan (Padepa) yang diterima Plh. Bupati Yandri Thomas pada acara yang sama.

Walikota Riza Falepi yang dihubungi di Payakumbuh, Minggu  (29/11), mengatakan, prestasi yang diukir kota yang dipimpinnya itu, merupakan kerja keras seluruh jajaran Dinkes beserta puskesmas dalam mensosialisasikan arti kota sehat ke tengah masyarakat. Sehingga, prilaku masyarakat untuk menjalani pola hidup dan pola makan sehat makin lebih baik dari tahun sebelumnya.

Menurut walikota yang didampingi Kadis Kesehatan Elzadaswaraman, bebasnya Payakumbuh dari  buang air besar sembarangan dan diikuti makin berkuranya jumlah warga kota yang merokok, sebuah prestasi yang pantas diapresiasi. Saat ini, boleh dikatakan tak ada lagi kepala keluarga yang tak punyam WC di rumahnya. Secara bertahap. Pemko juga membangun MCK plus-plus disejumlah kelurahan disetiap kecamatan, guna mencukupi kebutuhan MCK keluarga kurang mampu di kota ini.

Keterlibatan Forum Kota Sehat dan Pokja Kota Sehat di tingkat kota dan kecamatan di Payakumbuh, diakui walikota, banyak membantu dalam mensosialisasikan program Kota Sehat di Payakumbuh. Seluruh  stakeholder yang ada, bersinergi dengan dinkes dan  puskesmas, dalam membentuk prilaku hidup sehat di tengah masyarakat dengan sukrela. Belum lagi, peran TP-PKK Payakumbuh, dipimpin Ny. Henny Riza Falepi, juga berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) diseluruh kelurahan.

Karena itu, sebut Walikota Riza Falepi, penghargaan dan Piala Kota Sehat itu, pantas diberikan kepada seluruh warga kota, jajaran puskesmas dan semua stakeholder yang membantunya. “Terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pendukung program Kota Sehat ini. Mudah-mudahan ke depan, seluruh  warga kota makin menyadari  program Kota Sehat  ini,” ingat walikota.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Elzadaswarman, mengatakan, menciptakan Kota Sehat, memerlukan komitmen seluruh dalam  penataan, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan sosial yang sehat.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pimpinan IMM Pariaman dan Padang Pariaman Dilantik

Padang Pariaman,- Acara pelantikan pimpinan baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman berlangsung Di Hall Saiyo Sakato Pemda...

KONI Kota Payakumbuh Dan UNP Jalin Kemitraan Pembinaan Atlit

Payakumbuh,- Berolahraga menjadi hal yang penting dan harus dilakukan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Karena aktivitas olah raga dapat meningkatkan kebugaran dan...

Wako Padang Panjang Salurkan Bantuan KNPI Kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

Padang Panjang, Beritasumbar.com – Walikota Padang Panjang yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumbar, H. Fadly Amran,BBA...

Salah Ketik (Typo) Jadi Senjata Utama Tangkal Kritikan Publik

Oleh : Jerry Massie (Pengamat Politik Political and Public Policy Studies) Lagi-lagi publik dipertontonkan dengan ketidak profesionalnya lembaga negara...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -