25 C
Padang
Jumat, Juni 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Peroleh Penghargaan SWASTISABA Wisata
P

Kategori -
- Advertisement -

Kota Payakumbuh  dipastikan memperoleh penghargaan Kota Sehat kasta tertinggi, Swastisaba Wistara atau tingkat pengembangan, 2013. Penghargaan Kota Sehat itu akan diterima Walikota Payakumbuh Riza Falepi dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, pada sebuah hotel berbitang di Jakarta,  Kamis (14/11).

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ketika dihubungi di Balaikota Payakumbuh, Senin (11/11), membenarkan, kalau Payakumbuh kembali memperoleh penghargaan Kota Sehat itu. “Benar, saya baru saja mendapat surat pemberitahuannya dari Kementerian Kesehatan dua hari lalu, (Sabtu 9/11), Red),” katanya.

Menurut Walikota Riza, penghargaan Kota Sehat dengan klasifikasi Swastisaba Wistara,  merupakan yang ketiga kalinya diterima Payakumbuh, setelah tahun 2007 dan 2011.  Secara keseluruhan, sejak 2004 hingga 2013,  Payakumbuh telah memboyong penghargaan Kota Sehat sebanyak 6 kali.

Tahun 2004 Payakumbuh beroleh Penghargaan Kota Sehat  tingkat pemantapan (Padepa),  kemudian tingkat pembinaan (Wiwerda) tahun  2005 dan 2007. Berikutnya,  pengembangan (Wistara), 3  kali, 2009, 2011 dan 2013. “Sebuah catatat prestasi yang membanggakan warga kota Payakumbuh,” ucap Walikota Riza.

Menurut Riza, penghargaan Kota Sehat yang akan diterima itu, bukanlah tujuan Pemko. Capaian yang akan dikejar, sesuai dengan visi kepala daerah, ingin mewujudkan Payakumbuh Cinta Sehat, sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional 2010-2014, menciptakan  lndonesia Cinta Sehat.   Muwujudkan masyarakat Kota Payakumbuh agar hidup dalam lingkungan yang sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat dengan dukungan pelayanan kesehatan yang berkualitas sehingga memiliki derajat kesehatan masyarakat yang tinggi.

Dikatakan,  prilaku hidup sehat harus membudaya di tengah masyarakat. Karena itu, penerapan hidup sehat bukan semata tanggung jawab Dinas Kesehatan, tapi melibatkan lintas SKPD dan stakeholders lainnya. Di Payakumbuh Forum Kota Sehat dan  Pokja Kota Sehat dan Forum Kota Sehat Kecamatan dan TP-PKK,  benar-benar dilibatkan dalam mengajak warga membudayakan pola hidup sehat,” simpulnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img