27 C
Padang
Kamis, Juni 20, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Payakumbuh Peringati Hardiknas 2014 di Bukik Sibaluik
P

Kategori -
- Advertisement -

Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 di Kota Payakumbuh berlangsung di halaman Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (2/5). Ratusan pegawai, guru dan pelajar bersama Ketua DPRD Wilman Singkuan, anggota Muspida kota setempat, mengikuti upacara peringatan Hardiknas, dengan inspektur upacara Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Muchtar.

Upacara Hardiknas itu berlangsung tertib dan khidmat. Berthemakan Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul. Gabungan personil upacara, pelajar dan guru-guru SLTA itu, tampak terlatih menjalankan seluruh rangkaian upacara dimaksud. Pada upacara Hardiknas itu, Wakil Walikota Suwandel Muchtar, membacakan amanat tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mohammad Nuh.

Menurut Menteri, thema Hardiknas tersebut, mengingatkan kita bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata, melainkan lebih jauh dari itu, yaitu bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanuasiakan manusia untuk membangung peradaban yang unggul.

Bagi Payakumbuh sendiri, kata Wawako Suwandel Muchtar, thema tersebut sangat sesuai dengan visi dan misi Kota Payakumbuh 2012-2017, yaitu terwujudnya Payakumbuh kota yang maju, sejahtera dan relegius, berbasis ilmu pengetahuan dan pendidikan berlandaskan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah. Menurut wawako, pendidikan yang maju dan bermutu, tidak mengabaikan kearifan lokal dalam bentuk pembelajaran budaya alam Minangkabau.

Usai upacara, Wawako Suwandel Muchtar bersama Ketua DPRD Wilman Singkuan dan anggota Muspida menyerahkan sejumlah penghargaan kepada guru dan pelajar berprestasi. Di antaranya, penghargaan Satya Lencana Karya Satya, kepada Alizar dari SMAN 1 Payakumbuh, atas pengabdiannya selama 10 tahun. Kemudian buat Nurlena, S.Ag, guru SDN 37 Payakumbuh, atas pengabdiannya selama 20 tahun dan Dian Herawati, guru SMPN 1 Payakumbuh, atas pengabdiannya selama 30 tahun.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img