29 C
Padang
Minggu, Juli 25, 2021
Beritasumbar.com

Pasar dan Pertambangan Kapur Dapat Angin Segar
P

Kategori -

Padang Panjang – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di kawasan wilayah NKRI, ada empat pilar yang berperan dan mendukung kemajuan pembangunan bangsa ini dan daerah pada khususnya.

Empat pilar itu antara lain eksekutif (pemko/Pemkab) legislative (DPR/DPRD), yudhikatif (aparat penegak hukum) dan satu pilar pendukung Pers sebagai control sosial, untuk itu perlu sekali bagi seluruh kandidat yang maju menyampaikan visi dan misinya pada pihak legislative sebagai mitra kerjanya nanti, apalagi dalam hal anggaran.

Dan, Senin (17/6), gedung DPRD kota Padang Panjang penuh sesak oleh massa pendukung lima pasangan calon walikota – wakil walikota yang akan berlaga diajang Pilkada 2013 -2018. Kampanye perdana pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang periode 2013-2015 ditandai penyampaian visi dan misi kelima pasangan calon yang akan maju pada Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan 4 Juli mendatang.

Dalam agenda penyampaian visi dan misi yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Novi Hendri dan dihadiri oleh Walikota Suir Syam, anggota DPRD, unsur Muspida, elemen masyarakat dan pendukung dari masing-masing pasangan calon, hampir seluruh pasangan calon menjanjikan akan menggerakkan kembali usaha pertambangan kapur rakyat yang telah sempat vakum sejak beberapa dekade silam.alias mati suri.

Berbagai trik mereka sampaikan untuk mengembalikan kedigjayaan lahan yang menjadi sumber mata pencarian sebagian masyarakat kota Padang Panjang.

Sesuai nomor urut, Yusyafnital dan Yuheldi dengan nomor urut I menyampaikan, keinginannya maju sebagai calon pemimpin di kota berjuluk Serambi Mekah didasari oleh keinginan tulus untuk membangun Padang Panjang serta menata kembali perekonomian masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pariwisata di kota persimpangan arah tujuan ini.

Tak hanya itu, semakin sulitnya kehidupan masyarakat yang berada di sekitar bukit Tui dengan mata pencarian sebagai penambang batu kapur, pasangan yang diusung oleh Koalisi Pembangun Bersatu itu, juga menyoroti keadaan pembangunan pasar Padang Panjang yang tidak kunjung tuntas dari waktu ke waktu, entah apa pokok permasalahanya.

Gilran pasangan urutan dua, Sonny Jendriza Idroes – Aldias Sastra yang diusung Partai Demokrat ini, juga tidak kalah dalam mengemukakan masalah untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Malahan dalam visi dan misinya mereka menjanjikan apabila terpilih nantinya akan mengusahakan pembangunan pasar Padang Panjang dari dana APBD maupun APBN, bukan dari pihak ketiga seperti yang dilakukan saat ini, ucapnya.

Sonny Jendriza Idroes yang akrab disapa SJI ini, juga menyinggung tentang perlunya kembali mengelola usaha pertambangan kapur bukit Tui sebagai aset untuk menggerakan perekonomian masyarakat. Karena, dari usaha kapur terbukti bisa menggerakkan perekonomian masyarakat beberapa puluh tahun silam, sebelum dihentikan karena berbagai alasan yang tak kunjung jelas persoalannya.

Usai SJI, pasangan yang telah teruji dalam pemerintahan no urut 3, Edwin dan Eko Furqani dalam visi dan misinya menyatakan akan lebih menyempurnakan program yang telah dilakukannya selama 5 tahun menjabat sebagai Wakil Walikota berpasangan dengan Suir Syam.

Sehingga berbagai program yang telah berjalan dengan baik akan diteruskan serta mengevaluasi kembali program-program yang belum mencapai hasil maksimal. “Bahkan apa yang telah kita laksanakan dapat lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Kumpulan visi misi tersebut adalah “program visi dan misi ini kami susun, setelah kami menyerap aspirasi dari masyarakat dengan melakukan blusukan-blusukan ke kampung-kampung, kelurahan dan daerah-daerah yang belum begitu mendapat skala prioritas dalam pembangunan,” sebut Eko yang diamini Edwin.

Giliran pasangan dua Doktor dengan no urut 4, Jon Enardi dan Yurnalisman Syam, juga menjanjikan perbaikan perekonomian dengan menggerakan kembali usaha pertambangan batu kapur rakyat di bukit Tui, termasuk melakukan percepatan dalam revitalisasi pasar Padang Panjang pasca tiga kali kebakaran. Sehingga masyarakat Padang Panjang yang aman dan sejahtera dapat diwujudkan dalam waktu tidak begitu lama di masa kepemimpinannya jika terpilih.

Tak hanya itu dua Doktor itu juga akan mengupayakan untuk memberikan bea siswa kepada putra dan putri Padang Panjang untuk kuliah di luar negeri. Apalagi saat ini Padang Panjang memiliki potensi SDM cukup besar, terutama dibidang pendidikan dan sektor perdagangan, kata Jon Enardi yang disambut riuh pendukungnya.

Mengakhiri penyampaian visi misi tersebut, pasangan terakhir menyampaikan visi dan misinya adalah pasangan Hendri Arnis dan Mawardi Samah, pasangan yang diusung Partai Golkar, PKS, PBB dan PKB itu menawarkan 5 pilar pembangunan kepada masyarakat Padang Panjang.

Diantaranya, pemerataan pembangunan, peningkatan perekonomian, peningkatan pendidikan, kesehatan dan pariwisata yang islami. Apalagi Padangpanjang yang terkenal dengan julukan Serambi Mekahnya, telah menjelma sebagai kota tujuan pendidikan di Sumatera Barat.

Dalam agenda tersebut seluruh kandidat diberikan waktu 15 menit untuk menyampaikan visi dan misi itu yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu, mendapatkan perhatian cukup besar dari berbagai elemen masyarakat, sehingga kapasitas gedung tak mampu menampung pengunjung yang hadir, namun diluar sana pihak DPRD menyediakan media layar lebar, agar para pendukung yang hadir bisa menyaksikan kandidat dukungannya dalam menyampaikan visi misinya. (red/so)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Khutbah Arafah Di Masjid Namirah

Khutbah Arafah dari Masjid Namirah tanggal 9 Dzulhijjah 1442 Hijriyyah/19 Juli 2021 Masehi disampaikan oleh Fadhilatu Syaikh Dr. Bandar bin Abdul Aziz Balilah Hafizhahullah (semoga Allah menjaganya).
- Advertisement -

HUT Adhyaksa, Ini Capaian Kinerja Kejari Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Sijunjung, Sumatera Barat meraih beberapa keberhasilan dalam menggungkap berbagai kasus dan penyelamatan uang negara, sedikitnya ada Rp.4,5 miliar...

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Sebungkus ES Cindua “Merubah Tangis Menjadi Senyum” Pada Program Jumat Barokah.

Sijunjung, BeritaSumbar.com,--Apapun bisa dilakukan seseorang, yang penting ada kemauan dan usaha yang maksimal. Seperti yang dikerjakan oleh seorang Bapak yang bernama Fadhlur Rahman Ahsas, yang hari ini menjadi penggerak UMKM dengan melakukan berdagang ES Cindua Sagu Abak dengan berkeliling memakai motor buntutnya.

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -