32 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Pasar dan Pertambangan Kapur Dapat Angin Segar
P

Kategori -

Padang Panjang – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di kawasan wilayah NKRI, ada empat pilar yang berperan dan mendukung kemajuan pembangunan bangsa ini dan daerah pada khususnya.

Empat pilar itu antara lain eksekutif (pemko/Pemkab) legislative (DPR/DPRD), yudhikatif (aparat penegak hukum) dan satu pilar pendukung Pers sebagai control sosial, untuk itu perlu sekali bagi seluruh kandidat yang maju menyampaikan visi dan misinya pada pihak legislative sebagai mitra kerjanya nanti, apalagi dalam hal anggaran.

Dan, Senin (17/6), gedung DPRD kota Padang Panjang penuh sesak oleh massa pendukung lima pasangan calon walikota – wakil walikota yang akan berlaga diajang Pilkada 2013 -2018. Kampanye perdana pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang periode 2013-2015 ditandai penyampaian visi dan misi kelima pasangan calon yang akan maju pada Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan 4 Juli mendatang.

Dalam agenda penyampaian visi dan misi yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Novi Hendri dan dihadiri oleh Walikota Suir Syam, anggota DPRD, unsur Muspida, elemen masyarakat dan pendukung dari masing-masing pasangan calon, hampir seluruh pasangan calon menjanjikan akan menggerakkan kembali usaha pertambangan kapur rakyat yang telah sempat vakum sejak beberapa dekade silam.alias mati suri.

Berbagai trik mereka sampaikan untuk mengembalikan kedigjayaan lahan yang menjadi sumber mata pencarian sebagian masyarakat kota Padang Panjang.

Sesuai nomor urut, Yusyafnital dan Yuheldi dengan nomor urut I menyampaikan, keinginannya maju sebagai calon pemimpin di kota berjuluk Serambi Mekah didasari oleh keinginan tulus untuk membangun Padang Panjang serta menata kembali perekonomian masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pariwisata di kota persimpangan arah tujuan ini.

Tak hanya itu, semakin sulitnya kehidupan masyarakat yang berada di sekitar bukit Tui dengan mata pencarian sebagai penambang batu kapur, pasangan yang diusung oleh Koalisi Pembangun Bersatu itu, juga menyoroti keadaan pembangunan pasar Padang Panjang yang tidak kunjung tuntas dari waktu ke waktu, entah apa pokok permasalahanya.

Gilran pasangan urutan dua, Sonny Jendriza Idroes – Aldias Sastra yang diusung Partai Demokrat ini, juga tidak kalah dalam mengemukakan masalah untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Malahan dalam visi dan misinya mereka menjanjikan apabila terpilih nantinya akan mengusahakan pembangunan pasar Padang Panjang dari dana APBD maupun APBN, bukan dari pihak ketiga seperti yang dilakukan saat ini, ucapnya.

Sonny Jendriza Idroes yang akrab disapa SJI ini, juga menyinggung tentang perlunya kembali mengelola usaha pertambangan kapur bukit Tui sebagai aset untuk menggerakan perekonomian masyarakat. Karena, dari usaha kapur terbukti bisa menggerakkan perekonomian masyarakat beberapa puluh tahun silam, sebelum dihentikan karena berbagai alasan yang tak kunjung jelas persoalannya.

Usai SJI, pasangan yang telah teruji dalam pemerintahan no urut 3, Edwin dan Eko Furqani dalam visi dan misinya menyatakan akan lebih menyempurnakan program yang telah dilakukannya selama 5 tahun menjabat sebagai Wakil Walikota berpasangan dengan Suir Syam.

Sehingga berbagai program yang telah berjalan dengan baik akan diteruskan serta mengevaluasi kembali program-program yang belum mencapai hasil maksimal. “Bahkan apa yang telah kita laksanakan dapat lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Kumpulan visi misi tersebut adalah “program visi dan misi ini kami susun, setelah kami menyerap aspirasi dari masyarakat dengan melakukan blusukan-blusukan ke kampung-kampung, kelurahan dan daerah-daerah yang belum begitu mendapat skala prioritas dalam pembangunan,” sebut Eko yang diamini Edwin.

Giliran pasangan dua Doktor dengan no urut 4, Jon Enardi dan Yurnalisman Syam, juga menjanjikan perbaikan perekonomian dengan menggerakan kembali usaha pertambangan batu kapur rakyat di bukit Tui, termasuk melakukan percepatan dalam revitalisasi pasar Padang Panjang pasca tiga kali kebakaran. Sehingga masyarakat Padang Panjang yang aman dan sejahtera dapat diwujudkan dalam waktu tidak begitu lama di masa kepemimpinannya jika terpilih.

Tak hanya itu dua Doktor itu juga akan mengupayakan untuk memberikan bea siswa kepada putra dan putri Padang Panjang untuk kuliah di luar negeri. Apalagi saat ini Padang Panjang memiliki potensi SDM cukup besar, terutama dibidang pendidikan dan sektor perdagangan, kata Jon Enardi yang disambut riuh pendukungnya.

Mengakhiri penyampaian visi misi tersebut, pasangan terakhir menyampaikan visi dan misinya adalah pasangan Hendri Arnis dan Mawardi Samah, pasangan yang diusung Partai Golkar, PKS, PBB dan PKB itu menawarkan 5 pilar pembangunan kepada masyarakat Padang Panjang.

Diantaranya, pemerataan pembangunan, peningkatan perekonomian, peningkatan pendidikan, kesehatan dan pariwisata yang islami. Apalagi Padangpanjang yang terkenal dengan julukan Serambi Mekahnya, telah menjelma sebagai kota tujuan pendidikan di Sumatera Barat.

Dalam agenda tersebut seluruh kandidat diberikan waktu 15 menit untuk menyampaikan visi dan misi itu yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu, mendapatkan perhatian cukup besar dari berbagai elemen masyarakat, sehingga kapasitas gedung tak mampu menampung pengunjung yang hadir, namun diluar sana pihak DPRD menyediakan media layar lebar, agar para pendukung yang hadir bisa menyaksikan kandidat dukungannya dalam menyampaikan visi misinya. (red/so)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Riza Falepi : JK Pensiun, Saya dan Wartawan Merasa Kehilangan

Rapat Koordinasi Pemko Payakumbuh di awal tahun 2021 terasa berbeda. Karena juga ada momen perpisahan dengan pejabat yang memasuki purna tugas atau pensiun di Kafe Agam Jua, Kawasan Batang Agam, Rabu (13/1).
- Advertisement -

Bantuan Randang Siap Saji Dari Pemko Kepada Yayasan Cahaya Islam Yang Alami Musibah Kebakaran

Pemerintah Kota Payakumbuh memberikan bantuan berupa randang kepada Pondok Pesantren Cahaya Islam yang dilanda musibah. Asrama putri ponpes yang berada di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate itu ludes dilahap si jago merah, Sabtu (16/1) dini hari.

Pemerintah Kota Payakumbuh Ikuti Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara PMA, PMDN dan UMKM seluruh Indonesia.

Menindaklanjuti surat Nomor 9/A.9/B.2/2021 dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan secara Virtual Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Kemitraan antara Perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via Unique Link, Senin(18/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -