25 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

Pasar dan Pertambangan Kapur Dapat Angin Segar
P

Kategori -

Padang Panjang – Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di kawasan wilayah NKRI, ada empat pilar yang berperan dan mendukung kemajuan pembangunan bangsa ini dan daerah pada khususnya.

Empat pilar itu antara lain eksekutif (pemko/Pemkab) legislative (DPR/DPRD), yudhikatif (aparat penegak hukum) dan satu pilar pendukung Pers sebagai control sosial, untuk itu perlu sekali bagi seluruh kandidat yang maju menyampaikan visi dan misinya pada pihak legislative sebagai mitra kerjanya nanti, apalagi dalam hal anggaran.

Dan, Senin (17/6), gedung DPRD kota Padang Panjang penuh sesak oleh massa pendukung lima pasangan calon walikota – wakil walikota yang akan berlaga diajang Pilkada 2013 -2018. Kampanye perdana pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Panjang periode 2013-2015 ditandai penyampaian visi dan misi kelima pasangan calon yang akan maju pada Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan 4 Juli mendatang.

Dalam agenda penyampaian visi dan misi yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Novi Hendri dan dihadiri oleh Walikota Suir Syam, anggota DPRD, unsur Muspida, elemen masyarakat dan pendukung dari masing-masing pasangan calon, hampir seluruh pasangan calon menjanjikan akan menggerakkan kembali usaha pertambangan kapur rakyat yang telah sempat vakum sejak beberapa dekade silam.alias mati suri.

Berbagai trik mereka sampaikan untuk mengembalikan kedigjayaan lahan yang menjadi sumber mata pencarian sebagian masyarakat kota Padang Panjang.

Sesuai nomor urut, Yusyafnital dan Yuheldi dengan nomor urut I menyampaikan, keinginannya maju sebagai calon pemimpin di kota berjuluk Serambi Mekah didasari oleh keinginan tulus untuk membangun Padang Panjang serta menata kembali perekonomian masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pariwisata di kota persimpangan arah tujuan ini.

Tak hanya itu, semakin sulitnya kehidupan masyarakat yang berada di sekitar bukit Tui dengan mata pencarian sebagai penambang batu kapur, pasangan yang diusung oleh Koalisi Pembangun Bersatu itu, juga menyoroti keadaan pembangunan pasar Padang Panjang yang tidak kunjung tuntas dari waktu ke waktu, entah apa pokok permasalahanya.

Gilran pasangan urutan dua, Sonny Jendriza Idroes – Aldias Sastra yang diusung Partai Demokrat ini, juga tidak kalah dalam mengemukakan masalah untuk menggerakan perekonomian masyarakat.

Malahan dalam visi dan misinya mereka menjanjikan apabila terpilih nantinya akan mengusahakan pembangunan pasar Padang Panjang dari dana APBD maupun APBN, bukan dari pihak ketiga seperti yang dilakukan saat ini, ucapnya.

Sonny Jendriza Idroes yang akrab disapa SJI ini, juga menyinggung tentang perlunya kembali mengelola usaha pertambangan kapur bukit Tui sebagai aset untuk menggerakan perekonomian masyarakat. Karena, dari usaha kapur terbukti bisa menggerakkan perekonomian masyarakat beberapa puluh tahun silam, sebelum dihentikan karena berbagai alasan yang tak kunjung jelas persoalannya.

Usai SJI, pasangan yang telah teruji dalam pemerintahan no urut 3, Edwin dan Eko Furqani dalam visi dan misinya menyatakan akan lebih menyempurnakan program yang telah dilakukannya selama 5 tahun menjabat sebagai Wakil Walikota berpasangan dengan Suir Syam.

Sehingga berbagai program yang telah berjalan dengan baik akan diteruskan serta mengevaluasi kembali program-program yang belum mencapai hasil maksimal. “Bahkan apa yang telah kita laksanakan dapat lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Kumpulan visi misi tersebut adalah “program visi dan misi ini kami susun, setelah kami menyerap aspirasi dari masyarakat dengan melakukan blusukan-blusukan ke kampung-kampung, kelurahan dan daerah-daerah yang belum begitu mendapat skala prioritas dalam pembangunan,” sebut Eko yang diamini Edwin.

Giliran pasangan dua Doktor dengan no urut 4, Jon Enardi dan Yurnalisman Syam, juga menjanjikan perbaikan perekonomian dengan menggerakan kembali usaha pertambangan batu kapur rakyat di bukit Tui, termasuk melakukan percepatan dalam revitalisasi pasar Padang Panjang pasca tiga kali kebakaran. Sehingga masyarakat Padang Panjang yang aman dan sejahtera dapat diwujudkan dalam waktu tidak begitu lama di masa kepemimpinannya jika terpilih.

Tak hanya itu dua Doktor itu juga akan mengupayakan untuk memberikan bea siswa kepada putra dan putri Padang Panjang untuk kuliah di luar negeri. Apalagi saat ini Padang Panjang memiliki potensi SDM cukup besar, terutama dibidang pendidikan dan sektor perdagangan, kata Jon Enardi yang disambut riuh pendukungnya.

Mengakhiri penyampaian visi misi tersebut, pasangan terakhir menyampaikan visi dan misinya adalah pasangan Hendri Arnis dan Mawardi Samah, pasangan yang diusung Partai Golkar, PKS, PBB dan PKB itu menawarkan 5 pilar pembangunan kepada masyarakat Padang Panjang.

Diantaranya, pemerataan pembangunan, peningkatan perekonomian, peningkatan pendidikan, kesehatan dan pariwisata yang islami. Apalagi Padangpanjang yang terkenal dengan julukan Serambi Mekahnya, telah menjelma sebagai kota tujuan pendidikan di Sumatera Barat.

Dalam agenda tersebut seluruh kandidat diberikan waktu 15 menit untuk menyampaikan visi dan misi itu yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB itu, mendapatkan perhatian cukup besar dari berbagai elemen masyarakat, sehingga kapasitas gedung tak mampu menampung pengunjung yang hadir, namun diluar sana pihak DPRD menyediakan media layar lebar, agar para pendukung yang hadir bisa menyaksikan kandidat dukungannya dalam menyampaikan visi misinya. (red/so)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Sarang Tawon Di Depan SPBU Ngalau Dibasmi Damkar Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Keberadaan sarang tawon di pohon pelindung tepatnya di depan SPBU Ngalau, Jalan Soekarno Hatta sangat meresahkan warga. Hal itu diketahui berawal dari postingan di grup facebook Informasi Payakumbuh dan Limapuluh Kota, ada warga yang mengingatkan pengendara untuk hati-hati dengan adanya keberadaan sarang tawon tersebut pada Sabtu, 10 April 2021 sore.
- Advertisement -

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...

Startup Milenial Bekerja Membangun Negeri: Pelatihan Gratis Digital Marketing dengan Instagram untuk KUMKM se-Indonesia

Startup digital agency Dig.It.All untuk keseskian kalinya kembali berkontribusi dalam pengembangan kapasitas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menegah (KUMKM) yang sedang berupaya melakukan transformasi, dari bisnis tradisional brick and mortar menjadi bisnis yang mampu memanfaatkan peluang dari geliat pertumbuhan pasar online.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

LAZIS Caturbakti Sumatera Barat Luncurkan Launching Event di Ramadhan 1442 H

Gn.Pangilun-Padang, LAZIS Caturbakti Sumatera Barat mengadakan program Sebarkan Barokah Ramadhan (SABAR) perdana pada Jumat pertama Ramadhan 1442 H hari ini (16/4/2021), kegiatan berlangsung...

Luncurkan Program Lumbung Air Wakaf, Wako Payakumbuh Apresiasi ACT

Payakumbuh, beritasumbar.com - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan program Lumbung Air Wakaf di Halaman PT. Multi Rezeki Selaras, di Kelurahan Padang Data Tanah Mati, Kecamatan...

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Polres Sijunjung Beri Penghargaan Untuk Personil-Masyarakat Yang Penanganan Tindak Kejahatan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan SIK.M.Hum memberikan apresiasi berupa reward/penghargaan berupa sertifikat kepada enam orang masyarakat dan 29 personel polres setempat atas...

Mengintip Pemilihan Legislatif Tingkat Nagari Di Simpang Kapuak Dalam Kabupaten Lima Puluh Kota

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Pada Rabu (7/4) puluhan warga Jorong Lobuah Tunggang Nagari Simpang Kapuak berbondong-bondong menuju bangunan Taman Kanak-kanak (TK) yang terletak...

Saat Rampungkam RPJMD, Bupati Minta OPD Sijunjung Himpun Data Ril Ke Lapangan

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sijunjung diberi waktu selama dua minggu untuk turun ke lapangan dan menyusun langkah strategis untuk...

Polres Payakumbuh Amankan Tiga Tersangka Terduga Penggelapan Dana Koperasi

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat mengamankan tiga orang tersangka terduga penggelapan dana Koperasi Serba Usaha (KSU) Sutra Ketinggian Sarilamak, Kabupaten Limapuluh Kota. Kasat...

Polres Sinjunjung Bekuk Dua Orang Pengedar Narkoba

Sijunjung, beritasumbar.com - Kepolisian Resos Sijunjung mengamankan dua orang pengedar dan pemakai nakorba jenis yang selama ini beroperasi di wilayah hukum polres tersebut. “Yang bersangkutan berhasil...

Mahyeldi Dukung Pemajuan Kebudayaan Koto Gadang Koto Anau untuk Jadi Destinasi Wisata Dunia

Peninggalan sejarah memiliki potensi besar bagi kemakmuran masyarakatnya. Jika tidak dijadikan cagar budaya, keberadaannya akan mengalami kepunahan. Menyikapi hal tersebut, Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Peneliti di Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumatera Barat (BPNB Sumbar) memprakarsai Penyusunan Grand Design Pemajuan Kebudayaan Nagari Koto Gadang Koto Anau yang digelar pada 3 - 4 April 2021 di Depan Balai Adat Nagari Koto Gadang Koto Anau, Kabupaten Solok, Kecamatan Lembang Jaya, Provinsi Sumatera Barat.

Tak Sampai 24 Jam Polres Sinjujung Bekuk Sindikat Pencuri Antar Provinsi, Korban Rugi Puluhan Juta

Sijunjung, beritasumbar.com - Sekitar 12 jam setelah kejadian jajaran Polres Sijunjung berhasil membekuk enam orang pelaku pencurian dengan modus gembos ban dan pecah kaca mobil. “Pelaku...
- Advertisement -