31 C
Padang
Rabu, Januari 20, 2021
Beritasumbar.com

Meski Tak Elegan Pemko Siap Bantu PT KAI Tertibkan Asetnya DI payakumbuh
M

Kategori -

Payakumbuh – Pemerintah Kota Payakumbuh, siap membantu PT KAI (Kereta Api Indonesia) dalam menertibkan asetnya di kota ini. Hanya saja, cara yang dilakukan PT KAI saat melakukan penertiban asetnya ke Payakumbuh, Kamis (11/4) lalu, dinilai kurang elegan. Sekdako Payakumbuh Ir. H. Benni Warlis, MM, sangat terkejut, ketika tim penertiban aset PT KAI Divre II Sumbar, tanpa ada pemberitahuan kepada Pemko Payakumbuh, sudah menyegel Kantor Kelurahan Parit Rantang, Kecamatan Payakumbuh Barat, dengan membuat tulisan merah pada dinding bangunan kantor, tidak ada izin atau bangunan liar.

Menurut Sekdako, di Payakumbuh, Sabtu (13/4), pemko belum pernah menerima surat dari PT KAI Divre II Sumbar, soal kantor kelurahan yang diakui berada di atas tanah milik PT KAI itu. Bangunan itu, katanya, dibangun dengan dana swadaya masyarakat tahun 1995. Hanya saja, surat perjanjian pemko dengan PT KAI, soal bangunan tersebut tak ditemui hingga sekarang.

Camat Payakumbuh Barat Edvidel, S.IP, dikatakan sekdako sudah menemui pejabat PT KAI Divre II di Bukittinggi, Kamis (11/4). Setelah dilakukan musyawarah, kedua pihak berjanji akan menyelesaikan persoalan ini dengan baik. Malahan, untuk menentukan hak sewa atas tanah yang ditempati bangunan kantor kelurahan, sudah dilakukan pengukurannya oleh PT KAI, Jum’at (12/4). ”Kalau harus dikeluarkan hak sewanya, kita akan anggarkan dalam APBD,” ucap sekdako.

Terhadap 31 ruko di kawasan stasiun eks Stasiun Kereta Api Parit Rantang, yang diklaim PT KAI belum membayar hak sewa atas tanah oleh pengembangnya, sekdako berharap, agar pihak pengembang menuntaskan persoalan tersebut sesegeranya dengan PT KAI. ”Kita juga tak ingin pedagang yang sudah menempati ruko dan sudah membayar kewajibannya kepada pengembang sampai dirugikan,” tegasnya.

Ketika Tim Penertiban Aset PT KAI Divre II Sumbar, mendatangi kantor kelurahan, tim dibekali dengan Surat VP Divisi Regional II Sumbar, Nomor JB.310/IV/14/DIVRE II SB-2013, tanggal 9 April 2013. tentang pemberitahuan penertiban bangunan liar di atas tanah milik PT KAI (Persero), yang dialamatkan kepada Kepala Kelurahan Parit Rantang, dan ditandatangani Heru Isnadi.

Dalam surat tersebut, ditulis dasar penertiban aset PT KAI, masing-masing Surat KPK Nomor R-1027.H/01-12/03/2009, tanggal 27 Maret 2009, perihal tindak lanjut penertiban barang milik Negara. Surat Edaran Meneg BUMN Nomor SE-09/MBU/2008, tanggal 23 Mei 2008, tentang penertiban asset BUMN dan surat edaran Meneg BUMN No. Se-09/MBU/2099, tanggal 25 Mei 2009, tentang penertiban asset BUMN.

Kemudian, dilanjutkan dengan Instruksi Direksi PT KAI Nomor 18/JB.301/KA-2010, tanggal 27 Mei tentang penertiban asset tanah dan bangunan milik PT KAI (Persero). Keputusan VP Divisi Regional II Sumbar No. KU.307/I/02/Divre II SB-2013, tanggal 21 Januari 2013, tentang pembentukan tim penertiban asset tanah dan bangunan di lingkungan Divisi Regional II( Sumbar PT KAI.

Harusnya, jelas Sekdako Benni Warlis, berdasarkan surat KPK, Meneg BUMN dan Direksi PT KAI tiga tahun lalu itu, sejak itu Divisi Regional II PT KAI Sumbar, menyurati Pemko Payakumbuh, untuk meminta hak sewa atas tanah milik PT KAI yang digunakan pemko buat kantor pemerintahan kelurahan, termasuk rumah dinas kediaman Ketua DPRD Payakumbuh. “Tapi, sudahlah, kita akan ikut membantu PT KAI dalam menyelesaikan asetnya di kota ini,” sebut Benni. (red)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Covid-19 Merambah Tenaga Pendidik, Dinkes Payakumbuh Prediksi Kasus Bakal Meningkat

Dalam seminggu terakhir, di Kota Payakumbuh telah ditemukan sebanyak 42 orang guru terpapar Virus Corona (Covid-19), 8 diantaranya berdomisili di luar daerah atau daerah tetangga. Mulai dari guru TK, SD, SMP, dan SMK.
- Advertisement -

Peringatan Peristiwa Situjuah Diisi Dengan Ziarah Dan Tabur Bunga

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan peristiwa Situjuah ke-72 tahun 2021, Jumat (15/1/2021), berlangsung secara sederhana. Bila sebelumnya acara diawali dengan upacara dan berbagai atraksi, kali ini hanya berupa ziarah dan tabur bunga di makam Lurah Kincia Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Limo Nagari.

Melalui Disperkim, Pemko Payakumbuh Lanjutkan Program peningkatan Kualitas RTLH

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Payakumbuh kembali lanjutkan program kegiatan bantuan swadaya peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Payakumbuh untuk tahun 2021.
- Advertisement -

Asrama Putri Pesantren Cahaya Islam Payakumbuh Terbakar

Kebakaran hebat terjadi di Lingkungan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara, Sabtu (16/1) dini hari. Gedung Asrama Putri Pondok Pesantren Cahaya Islam terbakar sekitar pukul 01.10 WIB.

Polres Pessel Gelar Giat AYO PAKAI Masker

Anggota Satlantas Polres Pesisir Selatan memasang stiker bertuliskan " Ayo Pakai Masker", di kendaraan roda dua dan roda empat, yang melintas di kota Painan, Jum'at (15/1). Selain stiker, juga dibagikan masker pada warga, juga pengendara di wilayah Hukum Polres Pessel, Jum'at (15/1).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -