26 C
Padang
Jumat, September 17, 2021
Beritasumbar.com

Pasangan Bakal Balon Perseorangan Duo MAS Serahkan 25.599 Dukungan Ke KPU
P

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,–Melangkah pasti menuju proses pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Maskar M Datuak Pobo-Masril, (Duo MAS) serahkan berkas dukungan sebanyak 25.599 lembar dari seluruh kecamatan yang ada di Limapuluh Kota. Berkas dukungan diantar langsung bapaslon Duo Mas ini ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis(20/2) pagi.
“Alhamdulillah, dukungan yang diberikan masyarakat cukup untuk mengantar kita bisa mencalon kan diri sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota. Kita menyerahkan sebanyak 25. 599 berkas dukungan, dukungan tersebar dari 13 kecamatan yang ada di Limapuluh Kota,”ungkap Maskar dianggukkan Masril, bakal pasangan Bupati dan Wakil Bupati ini, disela-sela menyerahkan berkas dukungan di KPU Limapuluh Kota, Kamis(20/2).
Menurut Maskar untuk kegandaan dukungan yang masuk sepertinya sudah tidak terjadi lagi, sebab sudah dilakukan input melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Hanya saja menurut Duo Mas ini, terkait verifikasi faktual dan dukungan yang diberikan masyarakat. “Semoga tidak merubah dukungan saat verifikasi faktual nantinya (verfak) nanti,”sambungnya.
Sementara Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon membenarkan, Kamis pagi salah satu Bapaslon sudah menyerahkan berkas dukungan,”Kita sudah menerima berkas dukungan dari Bapaslon Maskar M Datuak Pobo dan Masril. Saat ini tengah kita verivikasi kelengkapannya secara administratif,”ungkap Ketua KPU Masnijon.
Jumlah berkas dukungan syarat minimal yang harus diserahkan Bapaslon sebagai proses pencalonan minimal sebanyak 25.539 dukungan yang tersebar minimal di 7 kecamatan atau 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada.”Setelah vermin akan dilanjutkan dengan verfak, kemudian akan diumumkan hasilnya,”ucap Masnijon.
Sesuai PKPU nomor 16 Tahun 2019, tahapan selanjutnya setelah dilakukan penyerahan berkas dukungan akan dilakukan pengecekan oleh KPU sebarannya hingga tanggal 26 Februari nanti. Selanjutnya pemeriksaan berkas secara administrasi hingga kegandaan dukungan hingga 25 Maret 2020 ini.
“Kemudian 26 Maret hingga 15 April 2020 akan dilaksanakan verifikasi faktual ditingkat kelurahan, desa atau nagari,”terang Ketua Bawaslu Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon menjelaskan tahapan proses jelang pencalonan bakal calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati dari calon perseorangan.
Pada kesempatan yang sama, Komisioner Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu), Ismet Aljannata menyebutkan, hingga pemeriksaan berkas Bapaslon Maskar-Masril masih berjalan lancar.”Sementara untuk hasil kita akan melihat hasil pemeriksaan di enam meja pemeriksaan berkas oleh KPU Limapuluh Kota,”ucap Ismet Aljannata.
Ditambahkan Ismet, patokan kesesuaian berkas ini harus sama B1 KWK dan B1.1 KWK atau rekapitulasi yang di Silon.”Kita di Bawaslu melihat ketepatan waktu lenyerahan, sebaran, apakah mekanisme sudah sesuai alur penyerahan dan sesuai B1 KWK dengan B1.1 KWK atau rekap yang dikeluarkan dari Silon,”pungkas Ismet Aljannata.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gubernur Mahyeldi Instruksikan Percepatan Pembangunan TPA Regional Payakumbuh

Bukittinggi,BeritaSumbar.com,-Menindaklanjuti over capacity yang dialami Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Payakumbuh, Gubernur Mahyeldi tengah mempersiapkan eksekusi perluasan sell landfill baru guna memenuhi kebutuhan penampungan dan pengolahan sampah.
- Advertisement -

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Perda APBD Perubahan Kota Payakumbuh TA 2021 Disahkan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Payakumbuh Tahun Anggaran 2021 disahkan menjadi Peraturan Daerah dalam rapat paripurna di ruang sidang rapat paripurna DPRD setempat, Sabtu (11/9).
- Advertisement -

Lapas Padang dan Polresta Padang Sinergi Dalam Ungkap Jaringan Peredaran Narkoba

Padang,BeritaSumbar.com,-- Dalam rangka wujudkan komitmen Zero Narkoba, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Padang Era Wiharto lakukan sinergi bersama Sat Narkoba Kepolisian Resor Kota (Polresta) Padang mengungkap jaringan peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Ikut Prihatin Atas Kebakaran Pasar Bawah, Partai Gerindra Bantu 200 Nasi Bungkus

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Kebakaran menghanguskan ratusan los tempat menjual berbagai macam kebutuhan harian di Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sabtu (11/9/2021) dini hari, telah menimbulkan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Berikut Hal Yang Tidak Boleh Disebar di Internet

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Warga Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, diminta untuk waspada mengumbar data pribadi di internet. Berikut sederet hal yang tidak boleh disebar di internet menurut pakar yang dihadirkan Kemenkominfo via webinar.

KONI 50 Kota dan Tanah Datar Hearing Soal Program Pembinaan Olahraga

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota menerima kunjungan KONI Kabupaten Tanah Datar di Kantor Sekretariat KONI, Jl Olahraga, kawasan pusat Kota Payakumbuh. Bukan untuk bertanding, melainkan saling bertukar informasi seputar kegiatan serta program kerja dalam rangka pembinaan olahraga di daerah masing-masing.

Wujudkan Manusia Beriman-Akhlak, Pemkab Limapuluh Kota Targetkan Setiap Nagari Miliki Rumah Tahfidz

Limapuluh Kota, beritasumbar.com  - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat menargetkan setiap nagari atau desa adat di daerah tersebut memiliki rumah tahfidz, guna mewujudkan manusia...

Tinjau Lahan Pembangunan Rest Area Ulu Aia, Ini Kata Gubernur Sumbar dan Bupati Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. lakukan kunjungan kerja peninjauan Rest area Ulu Aia, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo, Gubernur menyampaikan pemerintah provinsi akan melakukan penataan kawasan kelok sembilan dan akan memberikan jaminan kepada pedagang agar tetap memperoleh pendapatan.

Peningkatan Hasil Produksi di Sektor Pertanian, Bupati Safaruddin Serahkan Alsintan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian tahap I sebanyak 53 dari 116 alat-alat pertanian (Alsintan). Bantuan Alsintan yang bersumber dari hibah Kementerian Pertanian RI diserahkan kepada kelompok tani penerima manfaat yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Wabup Lima Puluh Kota Buka Musrenbang Nagari Solok Bio Bio

Lima puluh kota,BeritaSumbar.com,-Nagari Solok Bio-Bio Kecematan Harau Kab. Lima Puluh Kota dalam hal ini melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) Solok Bio-Bio Nagari Harau, Senin, (13/09/2021).

Kunjungi Kelok 9, Gubernur : Rest Area Ulu Aia Segera Direalisasi

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah didampingi Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, melakukan kunjungan ke areal yang akan dijadikan rest area di Ulu Aia, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota, Senin (13/9/21).

Wujudkan Keluarga Samawa, 30 Pasang Catin Ikuti Bimwin

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga memberikan materi Pembinaan dalam kegiatan Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin (Bimwin Catin) untuk mewujudkan Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah di Hotel Muhammadiyah A. Muin Saidi Kota Padang Panjang, Senin (13/09/2021)

Sonsong Porprov 2022 , KONI 50 Kota Akan Gelar Rakor

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Meski pun Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) Sumatera Barat akan ditabuh tahun 2022 mendatang, namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Limapuluh Kota sudah memasang ancang-ancang untuk bisa tampil sukses pada ajang olahraga dua tahunan yang akan dilaksanakan di Kota Pariaman 2022 mendatang.

Di Acara Pisah Sambut Dandim 0306/50 Kota, Ini Harapan Bupati

Lima Puluh Kota, BeritaSumbar.com, - Pemerintah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota menyelenggarakan acara pisah sambut Komandan Kodim (Dandim) 0306/50 Kota dari Letkol Kav Ferry Stevanus Lahe, S.A.P., M.H kepada Letkol Inf Mochammad Denny Nurcahyono, S.H. bertempat di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Minggu (12/09/2021).
- Advertisement -