24.8 C
Padang
Sabtu, Januari 16, 2021
Beritasumbar.com

Paparkan Potensi Pariwisata, Wawako Padang “Merayu” Investor Tanah Air
P

Kategori -

Wakil Walikota Padang H. Emzalmi mencoba ‘merayu’ para pengusaha dan investor untuk melirik ibu kota provinsi Sumatera Barat yang kaya dengan keunikan budaya, kuliner khas dan keelokan alamnya. Ia juga menceritakan legenda-legenda berasal dari Padang yang dikenal luas di Nusantara seperti Cerita Malin Kundang dan Kisah Siti Nurbaya.

“Lokasi dari dua legenda itu dapat ditemui di tempat tidak berjauhan, yaitu di kawasan Gunung Padang dan Pantai Aie Manih. Di Gunung Padang terdapat makam Siti Nurbaya sedangkan Batu Malin Kundang terdapat di Pantai Aie Manih,” kata Emzalmi dalam Tourism Investment Forum yang digelar di Mandira Hotel Legian, Jumat (14/11).

Pada rangkaian kegiatan pameran pariwisata dan industri kreatif Sumbar Expo 2014 ini Wawako mengungkapkan, di kawasan tersebut juga terdapat Kota Tua Muaro peninggalan zaman kolonial. merupakan ‘heritage city‘ yang berada di pinggir sungai Batang Harau. Dari Kota Tua Muaro inilah asal-muasal Kota Padang.

“Kami merencanakan penataan Pantai Padang termasuk tempat-tempat tadi menjadi Kawasan Wisata Gunung Padang,” sebutnya.

Selain itu, di sebelah selatan kawasan ini terdapat juga pelabuhan Teluk Bayur yang namanya tak asing bagi masyarakat nusantara sejak lama. Pelabuhan Teluk Bayur saat ini menjadi pintu masuk wilayah barat Sumatera. Dimana lalu lintas laut mengangkut komoditi datang dan bertolak di pelabuhan ini.

Lebih lanjut, Wawako Padang itu juga memaparkan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan kepada investor yang berinvestasi di Kota Padang. Diantaranya dengan pemberian insentif berupa pembebasan dari jenis – jenis pajak pada dua tahun pertama, serta kemudahan dalam pengurusan izin yang diperkuat dengan Perwako no 10 tahun 2010.

“Insentif dan kemudahan itu diberikan bagi yang berinvestasi dengan besaran diatas Rp.1 trilyun dengan penyerapan tenaga kerja lokal 500 orang disebut kelas A, kemudian investasi Rp 500 millyar atau kurang dari Rp. 1 trilyun dengan menyerap tenaga kerja lokal 250 orang atau lebih disebut kelas B. Selanjutnya, kelas C adalah investasi dengan nilai investasi Rp.100 milyar lebih menyerap tenaga kerja lokal sedikitnya 10 orang,” jelasnya.

Selain kemudahan izin dan insentif yang ditawarkan kepada inestor, Wawako juga menjanjikan iklim berinvestasi yang kondusif di Padang karena kota yang berpenduduk 1 juta jiwa ini relatif aman. Apalagi tenaga terdidik dengan memiliki skill yang dibutuhkan dunia industri juga tersedia. Sebab, Kota Padang memiliki puluhan SMK dan perguruan tinggi yang terus memproduksi tenaga kerja siap pakai.

Wawako Emzalmi yakin melalui ekspos yang disampaikan di hadapan puluhan pengusaha dan investor tanah air itu akan menjadi ‘jurus ampuh’ dalam mengundang mereka lebih mengenal Padang dan tertarik berinvestasi.

“Kita yakin investor akan melirik dan datang ke Padang, karena tertarik dengan potensi yang kita paparkan. Selama ini mereka mendengar Padang dari cerita dan nyanyian serta kuliner lezatnya, namun tidak mengetahui potensi Padang seperti apa,” ulas Wawako usai menyampaikan ekspos.

Sementara itu, Ketua Kadin Bali Putu Sujana menanggapi pemamaparan Wawako Emzalmi agar Pemerintah Kota Padang melalui Gubernur Sumatera Barat menindaklanjuti dengan suatu kesepakatan dengan Gubernur Bali.

“Untuk menindaklanjuti pertemuan ini ke tingkat kerjasama kita minta ada legal formal berupa MoU. Bila dilepas begitu saja, tentunya pertemuan ini tidak berarti,” kata Putu yang mengharapkan terjalin kerjasama antara Kadin Sumbar dengan Kadin Bali. (rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Dilaporkan LSM Ke Kejaksaan,PT.IMP,PT Trifillia Karya Bantah Tudingan Pelapor

Dilaporkan LSM ke Kejaksaan Tanah Datar,PT.Ikhwan Mega Power (IMP),PT.Trifillia Karya selaku pengembang dan pelaksana Proyek PLTMH Kalo Kalo Nagari Lubuk Jantan Kecamatan Lintau Buo,bantah tudingan atas pelanggaran Undang-undang RI nomor 3 tahun 2020 tentang Minerba dan Perda Tanah Datar nomor 6 tahun 2011 tentang pajak Minerba serta merusak lingkungan hidup dan kerusakan jalan di Tanah Datar.
- Advertisement -

Beberapa Ivent Besar di Disparpora Kota Payakumbuh Terancam Batal Dilaksanakan

Mengingat pandemi covid-19 di Payakumbuh belum sepenuhnya berakhir, beberapa event besar Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Payakumbuh terancam batal di laksanakan di tahun 2021.

Kinerja Penyelesaian Perkara Pengadilan Agama Tanjung Pati Di Tahun 2020 Alami Peningkatan

Selama tahun 2020,kinerja pengadilan agama Tanjung Pati di Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota mengalami peningkatan.
- Advertisement -

BPC. HIPMI Pessel Periode 2021 – 2024 dilantik

Para pengusaha muda di Kabupaten Pesisir Selatan diajak untuk lebih bersatu lagi dalam suatu wadah atau organisasi. Ini diperlukan untuk lebih memproteksi para pengusaha muda hingga meningkatkan kompetensinya.

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...

Gaji THL di Payakumbuh dipastikan berkurang pada 2021

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Meski sempat mendapatkan penolakan dari seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), gaji Tenaga Harian Lepas di Kota Payakumbuh dipastikan akan...

Pasar Ekraf Payakumbuh Berikan Peluang Bagi Pelaku Kuliner Tradisional Saat Pandemi Covid-19

Payakumbuh, Beritasumbar.com - Pasar ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat tidak hanya untuk promosi wisata, tapi juga berdampak kepada pelaku kuliner tradisional...

Menanam Bunga Krokot, Hobi Membawa Berkah Ditengah Pandemi Covid-19

Padang,BeritaSumbar.com,- Di masa pandemi Covid-19, banyak orang yang boring akan keadaan yang tak lazimnya seperti saat ini, hanya berdiam dan hampir semua aktivitas dilakukan...

Di Hari Pahlawan Para Kooperator Indonesia Gelar Diskusi Daring Dengan Tema “Inisiasi Pendirian dan Deklarasi Partai Koperasi di Indonesia”

Bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa, 10 November 2020, pukul 20.00-22.00 WIB, sejumlah aktivis koperasi atau yang biasanya disebut sebagai kooperator di Indonesia menyelenggarakan...

Padang Panjang Latih Koperasi Mengelola Pembiayaan Berbasis Syariah

Padang Panjang, www.beritasumbar.com - Pemerintah Kota Padang Panjang ke depannya akan menerapkan sistem perekonomian syariah, untuk itu Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM menggelar...

APBD Payakumbuh 2021 Defisit, Ini Penyebabnya

Payakumbuh , www.beritasumbar.com - Perintah Kota Payakumbuh mulai bahas Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Tahun 2021 bersama dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) setempat dalam...

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang mengedepankan tema...
- Advertisement -