31 C
Padang
Selasa, Oktober 19, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Panwascam Payakumbuh Utara Harapkan Partisipasi Masyarakat dalam Pengawasan Tahapan Pemilu
P

- Advertisement -

Payakumbuh, BeritaSumbar – Panitia Pengawas Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat terus mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawasi setiap proses tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ketua Panwascam Payakumbuh Utara Julfan Zasria Z meyakini bahwa partisipasi masyarakat dalam pengawasan dapat menjadi kunci sukses pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

“Jika hanya bertumpu kepada anggota panwas tidak akan maksimal dalam pengawasan, karena personel yang terbatas. Kami butuh mata dan telinga dari masyarakat,” kata dia didampingi Divisi Pengawasan Panwascam, Hario dan Divisi Penindakan, Randy Aditama.

Menurutnya, banyak hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengawasan ini, salah satunya dengan tidak menerima pemberian calon yang tidak termasuk bahan kampanye dan melaporkannya kepada pengawas pemilu.

“Bahan kampanye juga hanya dibolehkan maksimal Rp60 ribu, itu ada item yang diperbolehkan, seperti kalender, baju, topi,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa semua sudah diatur dalam Undang-Undang No 10 tahun 2016 di pasal 187A ayat 1 dan ayat 2 tentang Pilkada, bahwa penerima dan pemberi uang politik akan bisa dijerat dengan pidana.

“Bahkan, sembako yang dilengkapi dengan atribut calon itu sudah politik uang. Masyarakat harus sadar dan mengetahui ini agar tidak terjerat pidana,” kata dia.

Ia mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi dengan mengundang PKK, Karang Taruna, Media, Konten kreator yang diharapkan dapat menyebarkan informasi terkait ini kepada masyarakat lainnya.

Hal itu merupakan upaya pengawas pemilu untuk mengajak masyarakat agar terlibat mengawasi proses tahapan Pilkada serentak tahun 2020.

“Masyarakat bisa menjadi pemilih yang cerdas, sehingga pilkada serentak ini nantinya bisa melahirkan pemimpin yang jujur dan berintegritas,” ujarnya.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img