29 C
Padang
Senin, Maret 1, 2021
Beritasumbar.com

Palyuri, Pria Tuna Rungu Ini Simpan Uang Dalam Karung di Tumpukan Pakaian
P

Kategori -

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,-Sosok pria bisu alias biok ini tidak asing bagi warga Kota Payakumbuh. kemana mana saban hari Biok yang bernama asli Palyuri ini selalu jalan kaki. Dan sering membantu warga yang sedang pesta membersihkan piring kotor.

Panggilan biok akrab kepada Palyuri karena pria yang saat ini sudah berusia 81 tahunan tersebut tuna rungu alias bisu. Sifat Palyuri yang ringan tangan membantu masyarakat tersebut selalu mendapat imbalan dari tuan rumah.

Uang yang didapat dari pemberian warga yang dibantu tersebut disimpan Biok setiap hari. Hal ini diketahui saat warga akan membersihkan rumah Palyuri alias Biok. 

Warga bersama Lurah Tigo Koto Diate dikagetkan dengan penemuan uang dalam selipan tumpukan kain dan karung. Dengan teliti, uang rupiah tersebut dikumpulkan hingga memenuhi sebuah karung. 

Dari informasi yang media dapat di lapangan, Palyuri memiliki 2 Saudara yang kini sudah wafat. Palyuri mengalami kebisuan sejak lahir. Selama ini Palyuri hidup dalam pengawasan sepupu dan ponakannya. Namun Palyuri tinggal sendirian di sebuah rumah papan sederhana, miliknya. 

Alkisah, menyikapi postingan salah seorang netizen di media sosial, yang kira-kira berbunyi bahwa ada seorang lansia bisu di Padang Kaduduak yang butuh perhatian pemerintah. Postingan netizen ini akhirnya sampai ke tangan Lurah Tigo Koto Diate, Rusleniyetti. Tampa pikir panjang, wanita energik ini turun ke lapangan. 

Memang benar, di RT II / RW III, Lurah yang hadir bersama perangkat, siang itu mendapati sebuah rumah sederhana milik Palyuri. Setelah berkoordinasi dengan keluarga Palyuri, Lurah pun mencoba memanggil Palyuri. Warga mencoba membuka pintu, namun kesulitan. Pintu terbuka sekira 13 cm,  Lurah bersama warga mencoba masuk meski dengan gaya menyamping. 

Alangkah kagetnya Lurah yang akrab disapa Yet. Ternyata pintu terhalang tumpukan kain yang sudah meloteng di belakang pintu masuk rumah Palyuri. Setelah berkoordinasi dengan sulit, agar bisa meyakinkan Palyuri. Tumpukan kain tersebut akhirnya dikeluarkan bersama-sama. 

Namun, Lurah dan warga bertambah kaget. Setiap kain yang dikeluarkan ternyata terselip sejumlah uang di sakunya. Demikian juga di tumpukan karung, juga terselip sejumlah uang rupiahan. Penemuan sejumlah uang tersebut ikut disaksikan Bhabinkantibmas Brigadir Riko yang bertugas di kelurahan ini. 

Setiap uang yang ditemukan akhirnya dikumpulkan dalam sebuah karung bersih. Tak terlewat semua benda yang dikeluarkan dari rumah Palyuri disaksikan pihak keluarganya. 

Dari informasi Lurah Yet, bahwa ada bu Zainab (sepupu Palyuri) dan keponakan yang menyaksikan kegiatan pembersihan rumah sederhana milik Palyuri, tersebut. 

“Kami kaget, kenapa Biok patuh dengan Bu Lurah. Kalau dengan Kami, Biok selalu curiga. Akibat tidak mau ditemui, akhirnya rumah Biok seperti ini. Dulu Biok pernah mengalami insiden yang membuatnya mesti dirawat di Bukittinggi. Kondisi itu membuat Kami khawatir. Alhamdulillah, kini beliau masih selamat. Mungkinkah kondisi ini yang membuat Biok trauma. Rumah Biok yang berdinding triplek juga sudah rapuh. Semoga dengan pertemuan kita saat ini, bisa membuat Biok semakin bersemangat,”cerita Bu Zainab. 

Selain rajin berusaha dan menolong warga, biok juga dikenal rajin beribadah. Dikarenakan rumah Biok tidak memiliki sumber air dan WC, membuatnya kerap mandi di sebuah pemandian di seputaran kelurahan Napar. 

“Dikabarkan pemandian itu sudah ditutup, membuat Biok jarang mandi. Sebelum shalat Jumat di mesjid Muhammadiyah  biasanya Biok mandi dulu. Akibat jarang mandi, badan Biok mulai berbau. Hal ini yang membuat Biok jarang ke mesjid. Untuk ini, Kita sudah koordinasi dengan Camat dan Dirut PDAM, insyaallah dalam waktu dekat jaringan PDAM akan dipasang di rumah Biok. Selain itu  dinding rumah Biok juga sudah Kita ganti,”terang Lurah Yet, kamis (18/02).

Diterangkan Yet, bahwa pemerintah telah memperhatikan kondisi Biok. Dirinya adalah penerima bantuan dari Kemensos, kok. Karena tertutup, jangan kan Kami  pihak keluarga saja susah mendekati beliau. Bersyukur kita, sekarang sudah mau dan paham. 

“Saat ini saya dapat challenge dari Bu Camat untuk menuntaskan masalah Palyuri. Insyaallah kita tindaklanjuti. Tumpukan kain Kita masukkan londri dan segera Kita susun dalam lemari. Sehingga rumahnya nyaman, “imbuhnya. 

“Dari pagi sampai sore, berberes di rumah Pak Palyuri, MasyaAllah tenyata tak diduga  setelah mengusai tumpukan, dikumpulkan satu-persatu. Akhirnya kita mengumpulkan Satu Karung uang. Dan Rabu(17/02), Demi keamanan uang yang terkumpul dalam karung ini, atas persetujuan keluarga dan Bhabinkantibmas, Kita sudah buatkan sebuah rekening di Bank Nagari untuk Palyuri. Uang dalam karung dengan berbagai nominal, mulai dari pecahan Rp500 hingga Rp100 ribu, Kita setor ke Bank Nagari menggunakan bentor. Maklum berat,”beber Lurah Yet. 

Pihak kelurahan didampingi keluarga mencoba menghitung uang yang ada dalam karung tersebut. 

“Alhamdulillah dari pagi sampai sore ngitung uang Biok alias Palyuri di Kantin Isbanda Bank Nagari Payakumbuh. Sebanyak 8 orang Kita libatkan menghitung pecahan rupiah milik Biok. Syukur  hari ini baru bisa terhitung sejumlah Rp 35juta, bukan nilai sedikit dalam pelayanan. Sisanya dilanjutkan. Kita akan tuntaskan,”pungkas Yet.(*/ul)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Gelar Raker Bulanan, GMK Fokus Pada Urusan Sosial dan Tidak Ikut Politik Praktis

Padang, beritasumbar.com - Pasir jambak pada Minggu, (28/2) dipenuhi orang berseragam merah abu abu yang berlogokan GMK. Organisasi tersebut tak lain adalah Grup Minàng...
- Advertisement -

CURHAT NYI BLORO; RATU LAUT KIJING

“Berani karena benar, takut karena salah,Rajin pangkal pandai (pintar), bisa karena biasa,Hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin,Maka pelajarilah sebab musababnya itu,& berharaplah takdir bisa...

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -

Wako Bukittinggi Erman Safar Buktikan Janji dan Komitmennya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sering memang, seseorang setelah duduk di tahta yang telah didapat, bakal banyak lupa apa yang telah dijanjikan. Penyakit lupa, terkadang harus...

Gubernur Sumbar Lantik 11 Kepala Daerah, Pesan Tunaikan Janji & Jaga Harmonisasi

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi, melantik 11 pasangan bupati wakil bupati dan Walikota wakil walikota se-Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (26/2/2021). Pelantikan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...

6 Dari 7 Fraksi Setuju, Perda LP2B Disahkan DPRD dan Wali Kota Payakumbuh Dalam Rapat Paripurna

Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna yang digelar secara daring antara DPRD dan Wali Kota Payakumbuh, Senin (22/2).

Ditemui Kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Wako Riza Falepi Ajak Warga Sukseskan Pendataan Keluarga Tahun 2021

Wali Kota Riza Falepi didampingi Sekda Rida Ananda, Kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh Syahnadel Khairi menerima kunjungan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Fatmawati didampingi Sekretaris Nova Dewita di Balai Kota, Kamis (18/2).

Tim Penilai Dari Provinsi Sambangi Dasawisma Melati 25 Padang Tinggi Piliang

Tim penilai Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) sambangi Dasawisma Melati 25 Kelurahan Padang Tinggi Piliang yang merupakan wakil Kota Payakumbuh untuk lomba Dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumbar yang akan bersaing memperebutkan posisi pertama dengan lima dasawisma lainnya di Sumbar.

Erwin Yunaz Pimpin Goro Pengamanan Tebing Di Tepian Batang Lamposi

Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz turun ke lapangan melakukan gotong royong bersama warga membenahi aliran Batang Lamposi di Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Kamis (18/2).

Irvan Firdaus Lantik 31 Dokter Cilik

Dengan memakai baju putih-putih khas seorang dokter, 31 dokter cilik di SDN 13 Payakumbuh dilantik oleh Kepala Puskesmas Padang Karambia Irvan Firdaus, di Kelurahan Sawahpadang Aua Kuniang (Sapaku) Kamis (18/2).
- Advertisement -