24.5 C
Padang
Thursday, October 22, 2020

Padang Giatkan “Gerakan Similapah”, Dari Sampah Jadi Berkah

Padang – Padang Barat dan Padang Utara menjadi kecamatan percontohan program pengelolaan dan pengelolaan sampah terpilah pada 2015 dalam rangka “Gerakan Similapah” (aksi memilah sampah). Program yang dicanangkan Walikota Padang ini dilaksanakan Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Padang dengan memfokuskan penerapan di 5 kelurahan di Padang Barat. Sedangkan unit Bank Sampah untuk menampung sampah non organik terpilah diadakan di Kelurahan Ulak Karang Utara, Kecamatan Padang Utara.

Menurut Kepala Bapedalda Kota Padang Edi Hasymi, untuk program percontohan pemilahan sampah ini akan disediakan ribuan komposter dan karung plastik untuk sampah rumah tangga yang sudah dipilah berdasarkan jenisnya. Komposter dan karung tempat sampah ini dibagikan ke setiap rumah tangga. Nantinya sampah organik dimasukan di komposter untuk menjadi pupuk, sedangkan sampah non organik ini bisa ditaroh ke bank sampah yang nantinya akan dibeli pengumpul.

“Sampah terpilah ini dapat menghasilkan uang. Jadi bukan lagi sesuatu yang menjadi musuh,” ujar Edi Hasymi disela sosialisasi pemilahan sampah yang dihadiri Lembaga Pengelola Sampah (LPS) di Kantor Camat Padang Barat, Senin (14/9).

Lebih lanjut Edi Hasymi mengatakan, melakukan pemilahan terhadap sampah akan mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan sampah tidak lagi menimbulkan bau yang disebabkan sampah organik yang dibuang di TPS. Selain itu, pemilahan sampah juga untuk percepatan realisasi bersih lingkungan di Kota Padang sekaligus menumbuhkan budaya masyarakat yang peduli kebersihan lingkungan.

“Ini salah satu upaya kita menumbuhkan budaya memilah sampah di masyarakat. Warga yang biasa membuang sampah ke tempat pembuangan sementara, sekarang dapat mengumpulkan sampah rumah tangga sendiri. Dan sampah itu bisa membawa berkah ketika dipilah,” katanya.

Camat Padang Barat, Arfian menyambut positif program ini, selain mempersiapkan LPS di tingkat RT dan RW, pihaknya membentuk tim guna mengintensifkan pengawasan di lapangan. Bagi warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan di-tipiring-kan sesuai Perda 21 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah.

“Padang Barat yang dipercaya sebagai kecamatan percontohan berupaya memberikan pemahaman terhadap masyarakat agar melakukan pemilahan sampah. Sosialisasi juga sudah banyak kita laksanakan,” sebutnya.

Sementara itu terkait mengadakan Bank Sampah, Camat Padang Utara Teddy Antonius mengungkapkan, bank sampah yang berlokasi di Ulak Karang Utara ini bertujuan untuk mengurangi timbulan sampah yang selama ini menjadi permasalahan di setiap TPS.

“Setiap rumah tangga wajib memilah sampah organik dan non organik. Untuk sampah non organik, seperti plastik bekas minuman mineral, botol, kemasan sabun dan kertas dapat dikumpulkan di bank sampah. Sehingga yang dibuang di TPS hanya residu yang tidak dapat dimanfaatkan,” ujar Teddy. (DU)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Satlantas Polres Pessel Tertibkan Kendaraan Yang Parkir di Bahu Jalan

Pesisir Selatan,- Satlantas Polres Pesisir Selatan turun menertibkan kendaraan roda dua dan roda empat, dimana bahu jalan di samping rumah sakit RSUD....

KPU Kabupaten Tanah Datar Gelar Pleno Daftar Pemilih Tetap ( DPT)

Tanah Datar,- Tahapan rapat pleno terbuka penetapan DPT yang dilaksanakan oleh KPU kabupaten Tanah Datar di hotel Emersia hari ini, mendapatkan hasil...

Jelang Razia Zebra 2020, Satlantas Polres Tanah Datar Berikan Himbauan

Tanah Datar,- Memasuki akhir tahun 2020 satuan lalu lintas polres tanah datar akan menggelar razia zebra terhitung mulai tanggal 26 oktober berjalan...

Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo Siapkan 10.000 Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

LIMAPULUH KOTA,- Program dalam memimpin Limapuluh Kota kedepan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Darman Sahladi-Maskar M Dt Pobo...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -