Pariaman, BeritaSumbar.com – Perhelatan tradisi budaya Oyak Tabuik di Padang Pariaman tahun ini berjalan lancar, Piaman langang, batabuik makonyo rami, lirik lagu itu selalu melintas di pikiran masyarakat Minangkabau, termasuk Kapolda Sumbar Irjen Fakhrizal selama ini.

Minggu kemarin (15/9) Kapolda Sumbar bergelar Kapolda Niniak Mamak itu pun berbaur dengan masa penikmat oyak tabuik di Kota Piaman.

“Sekali datang langsung terkesima, begitu raminyo masyarakat menyaksikan pergelaran budaya kolosal ini, hadir ini pertama, langsung terkesima,” ujar Fakhrizal kepada wartawan di tengah gelaran oyak tabuik.

Bahkan Jenderal Bintang Dua putera Tilatang Kamang ini mengakui kalau Tabuik Piaman adalah budaya jangan disetir ke arah lain.

“Ini hanya budaya yang menjadi tradisi di pariaman, dan mampu menarik kunjungan wisatawan ke pergelaran ini,”ujar penyantun Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar ini.

Irjend Fakhrizal juga memastikan jajarannya all-out mengamankan pergelaran hoyak tabuik, “harus dan itu sudah tugas Polri,” ujar Fakhrizal.

Tapi ketika ditanya wartawan soal santernya Fakhrizal disebut Cagub Sumbar, seperti biasa Kapolda Ninik Mamak itu cuman menjawab dengan senyum khasnya, “hmm kita lihat aja nanti ya,” ujar Fakhrizal singkat. (FRP)

loading...