24 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

OJK : Masyarakat Harus ‘Melek’ Keuangan
O

Kategori -

Otoritas Jasa Keuangan meluncurkan buku literasi keuangan tingkat sekolah menengah pertama yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemahaman keuangan dan mendorong keuangan inklusif di seluruh masyarakat Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad saat peluncuran buku tersebut di SMP Lab School, Jakarta, Senin, mengatakan saat ini pemahaman akses keuangan telah menjadi kebutuhan bagi seluruh lapisan masyarakat, karena menjadi unsur penting untuk menggerakkan “roda” perekonomian.

“20 tahun lalu, bangsa kita masih ‘struggling’ (berjuang) untuk melek huruf. Sekarang ada kepentingan lain, terutama karena kita berada di tengah percaturan ekonomi global, yakni untuk meningkatkan literasi keuangan,” kata Muliaman.

Menurut survei OJK pada 2013, ketika lembaga itu mulai beroperasi, tingkat literasi keuangan di Indonesia baru sekitar 21,8 persen dengan tingkat inklusi 59,7 persen, atau masih tertinggal dengan beberapa negara di Asia Tenggara.

Muliaman menuturkan, rendahnya literasi keuangan di masyarakat Indonesia juga telah memicu tidak meratanya akses atau penggunaan produk dan jasa keuangan di Indonesia.

Maka dari itu, pengguna produk dan jasa keuangan di Indonesia lebih banyak didominasi oleh kalangan masyarakat menengah dan menengah ke atas, yang memang terfasilitasi untuk mendapatkan pemahaman keuangan.

“Seharusnya tidak ada ekslusivitas keuangan, tapi harus mendorong inklusivitas keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ujar dia.

Peningkatan pemahaman keuangan yang menyeluruh dianggap perlu untuk juga dilakukan kepada siswa – siswi sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dikarenakan jumlah populasinya yang mencapai 37,7 juta jiwa di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Muliaman, terdapat dua pendekatan yang akan dilakukan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan dengan sasaran pelajat, yakni, pertama, mendorong pendidikan jasa keuangan untuk masuk kurikulum pendidikan.

Kedua, OJK dan pemangku kepentingan lainnya akan melatih guru dan tenaga pendidik lainnya mengenai materi jasa keuangan agar mendapat pemahaman secara menyeluruh.

Sebelum peluncuran buku yang berjudul “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan” untuk tingkat SMP itu, OJK telah meluncurkan buku dengan judul serupa di tingkat SMA pada 2014.

“Ke depannya, kita sedang susun buku untuk Sekolah Dasar,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti Setiono.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, di kesempatan yang sama, meminta buku literasi keuangan untuk berbagai jenjang harus disebarkan ke seluruh pelosok wilayah di Indonesia.

“Buku-buku ini penting, karena sejalan dengan upaya kami agar pendidikan dapat mengarahkan anak-anak Indonesia untuk dapat meraih cita-citanya di dimana saja, bukan hanya di kota besar,” kata Anies.

Beriringan dengan itu, Anies juga meminta OJK dan industri jasa keuangan untuk melatih para guru mengenai materi dan jasa keuangan sehingga, guru dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi pendidikan jasa keuangan ke murid. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru

Cerita Berseri, Seribu Asa untuk Bahagia #Seri 4/1000 cerita “8 Fungsi Keluarga: dengan Kacamata Baru” Oleh : H. Nofrijal, MA Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA) IV-e Sebutan 8...
- Advertisement -

Kadiv Pemasyarakatan Kemenkunham Sumbar Serahkan Bantuan Sembako

Sijunjung, Berita Sumbar—Kepala Divisi Permasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat M. Ali Syeh Banna, menyerahkan bantuan dalam bentuk Paket Sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 didampingi Bistok Aloan Situngkir Kalapas kelas ll B Muaro Sijunjung, Subhan Maliq Karutan Sawahlunto dan Robi Kepala Lapas Narkotika Sawahlunto di Lapas Kelas ll B, Muaro Sijunjung, Kamis (29/7).

Jadi Lokus Studi Tiru, GTP UIakan Kembali Dikunjungi Pokdarwis se Kabupaten Sijunjung.

Padang Pariaman, beritasumbar.com.,-Nagari Ulakan melalui potensi kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park (GTP) yang dimiliki, kembali menjadi pusat perhatian. Hal itu dibuktikan, dengan adanya kunjungan Studi Tiru ke destinasi wisata ini, yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini, Dinas Pariwisata Provinsi selaku penyelenggara Pelatihan Sadar Wisata di Kabupaten Sijunjung memboyong seluruh peserta untuk melakukan Studi Tiru ke kawasan Ekowisata dan Edukasi Green Talao Park di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakih Kabupaten Padang, pada Selasa (27/7).
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)

Wakosma 6A desak SEMA STIT SB Pariaman agar Segera melakukan Pemilihan

Pariaman,BeritaSumbar.com,-Wakil kosma 6A Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Wakosma 6A-PAI), Bima Putra meminta agar pihak Senat Mahasiswa (Sema) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Burhanuddin (STIT SB) Pariaman dan rektorat segera melakukan pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) periode baru agar terciptanya regenerasi kepemimpinan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -