27 C
Padang
Sabtu, April 17, 2021
Beritasumbar.com

OJK : Masyarakat Harus ‘Melek’ Keuangan
O

Kategori -

Otoritas Jasa Keuangan meluncurkan buku literasi keuangan tingkat sekolah menengah pertama yang bertujuan untuk meningkatkan tingkat pemahaman keuangan dan mendorong keuangan inklusif di seluruh masyarakat Indonesia.

Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad saat peluncuran buku tersebut di SMP Lab School, Jakarta, Senin, mengatakan saat ini pemahaman akses keuangan telah menjadi kebutuhan bagi seluruh lapisan masyarakat, karena menjadi unsur penting untuk menggerakkan “roda” perekonomian.

“20 tahun lalu, bangsa kita masih ‘struggling’ (berjuang) untuk melek huruf. Sekarang ada kepentingan lain, terutama karena kita berada di tengah percaturan ekonomi global, yakni untuk meningkatkan literasi keuangan,” kata Muliaman.

Menurut survei OJK pada 2013, ketika lembaga itu mulai beroperasi, tingkat literasi keuangan di Indonesia baru sekitar 21,8 persen dengan tingkat inklusi 59,7 persen, atau masih tertinggal dengan beberapa negara di Asia Tenggara.

Muliaman menuturkan, rendahnya literasi keuangan di masyarakat Indonesia juga telah memicu tidak meratanya akses atau penggunaan produk dan jasa keuangan di Indonesia.

Maka dari itu, pengguna produk dan jasa keuangan di Indonesia lebih banyak didominasi oleh kalangan masyarakat menengah dan menengah ke atas, yang memang terfasilitasi untuk mendapatkan pemahaman keuangan.

“Seharusnya tidak ada ekslusivitas keuangan, tapi harus mendorong inklusivitas keuangan di seluruh lapisan masyarakat Indonesia,” ujar dia.

Peningkatan pemahaman keuangan yang menyeluruh dianggap perlu untuk juga dilakukan kepada siswa – siswi sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dikarenakan jumlah populasinya yang mencapai 37,7 juta jiwa di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Muliaman, terdapat dua pendekatan yang akan dilakukan OJK untuk meningkatkan literasi keuangan dengan sasaran pelajat, yakni, pertama, mendorong pendidikan jasa keuangan untuk masuk kurikulum pendidikan.

Kedua, OJK dan pemangku kepentingan lainnya akan melatih guru dan tenaga pendidik lainnya mengenai materi jasa keuangan agar mendapat pemahaman secara menyeluruh.

Sebelum peluncuran buku yang berjudul “Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan” untuk tingkat SMP itu, OJK telah meluncurkan buku dengan judul serupa di tingkat SMA pada 2014.

“Ke depannya, kita sedang susun buku untuk Sekolah Dasar,” kata Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti Setiono.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, di kesempatan yang sama, meminta buku literasi keuangan untuk berbagai jenjang harus disebarkan ke seluruh pelosok wilayah di Indonesia.

“Buku-buku ini penting, karena sejalan dengan upaya kami agar pendidikan dapat mengarahkan anak-anak Indonesia untuk dapat meraih cita-citanya di dimana saja, bukan hanya di kota besar,” kata Anies.

Beriringan dengan itu, Anies juga meminta OJK dan industri jasa keuangan untuk melatih para guru mengenai materi dan jasa keuangan sehingga, guru dapat lebih mudah dalam menyampaikan materi pendidikan jasa keuangan ke murid. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)
- Advertisement -

Untuk Pertama Kali, School Of Randang Digelar di Kota Payakumbuh

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,— Agar dapat mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal masakan tradisional ranah Minang dalam memasak Randang, Dinas Tenaga Kerja dan Industri melalui UPTD Sentra Randang kota Payakumbuh laksanakan kegiatan School of Randang yang berlangsung di dapur utama sentra rendang IKM kota Payakumbuh, Senin (12/4/2021).

Pemko Payakumbuh Terima Penghargaan Dari BI Sumatera Barat

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, – Pemerintah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dari Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat sebagai Kota yang telah melaksanakan pembentukan dan penandatanganan SK Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Provinsi Sumatera Barat yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumatera Barat yang dalam hal ini diwakilkan oleh Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Benni Warlis di Kantor Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat, Jumat (9/4).
- Advertisement -

Diusia 180 Tahun Usung Perwujudan Limapuluh Kota Yang Madani,Beradar dan Berbudaya Dengan Mematuhi Protokol Kesehatan

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari sembilan belas Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km² . Kabupaten Lima Puluh kota terdiri dari 13 Kecamatan, 79 Nagari, dan 401 Jorong.

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊

Pemuda Asal Lintau Ini Sukses Rintis Usaha Martabak Di Jambi

Pemuda yang memiliki nama lengkap Brian Fakhrul Razi ini, selain memiliki wajah yang rupawan dan sendu, ternyata adalah salah satu sosok pengusaha muda yang terbilang sukses di Jambi yang memiliki garis keturunan dari ibu asli dari Balai Tangah lintau.

Yakin diminati warga, MS Glow hadir di Payakumbuh

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Salah satu produk skin care dan kosmetik yang banyak digemari di pasar daring, toko MS Glow hadir di Kota Payakumbuh, Sumatera...

Ketua DPRD Sumbar Sebut Pasar Ekraf Geliatkan Ekonomi

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Ketua DPRD Sumbar Supardi menilai kehadiran pasar ekonomi kreatif (ekraf) merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah...

Nasrul Abit Apresiasi Pasar Ekraf di Payakumbuh

Payakumbuh BeritaSumbar.com - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abid menilai Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang digelar di Kota Payakumbuh merupakan salah satu langkah untuk kembali...
- Advertisement -