31 C
Padang
Senin, Maret 4, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Nama PJ Wako Payakumbuh Mengapung Sebagai Kandidat Wako di Pilkada 2024 Mendatang
N

Kategori -
- Advertisement -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Walau Pilkada Kota Payakumbuh masih lebih setahun lagi, namun nama nama bakal calon mulai ramai jadi perbincangan publik. Kota Payakumbuh akan ikut pilkada Serentak 2024 mendatang. Tidak luput nama PJ wako Payakumbuh sekarang juga di sebut sebut untuk ikut bertarung di Pilkada nanti.

Mantan Sekda Kota Payakumbuh yang kini bertugas sebagai Pelaksana Jabatan Walikota dimasa transisi tersebut, muncul sebagai calon kandidat oleh para tokoh masyarakat bukan tanpa sebab. Akan tetapi nama Rida Ananda muncul karena dinilai kalangan telah berhasil menjalankan roda pemerintahan Kota Payakumbuh di masa transisi.

PJ Wako Kota Payakumbuh itu dinilai layak untuk kembali memimpin Kota Payakumbuh sebagai calon pilihan masyarakat pada 2024 mendatang. Menurut publik dirinya berhasil menciptakan iklim demokrasi yang baik sehingga Kota Payakumbuh nyaris tanpa ada gejolak yang berarti.

Tolak ukur lainnya, di dalam masa transisi Kepemerintahannya, Rida Ananda dinilai cukup berhasil mengimplikasikan program yang dicanangkan Menko Airlangga Hartato dalam  menekan tingginya inflasi di daerah dengan menjalankan program mengoptimalkan Belanja Pusat dan Daerah untuk  penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), mengoptimalkan Program Pemberdayaan di Daerah, mempermudah akses terhadap pekerjaan, meningkatkan kapasitas SDM dan UMKM serta Pembiayaan UMKM, dan menggunakan Belanja Daerah untuk Program Padat Karya kota.

Selain itu yang bersangkutan juga dinilai berhasil menekan angka presentase secara drastis prevalensi stunting  yang berhasil dicapai yakni 17,8% dibawah target Nasional dan Propinsi. Keberhasilan Pemko Payakumbuh dalam menekan angka stunting karena  keseriusan dan sinergisitas semua pihak melalui program, Peningkatan Gizi Masyarakat melalui program Pemberian makanan tambahan (PMT) untuk meningkatkan status gizi anak.

Atas keberhasilan kinerja yang dicapai oleh pemerintahan transisi Kota Payakumbuh itulah, publik menilai pria yang merupakan pejabat karier tersebut dianggap sangat layak maju pada Pilkada 2024 sebagai calon Walikota pilihan masyarakat Payakumbuh.

Salah satu tokoh masyarakat Payakumbuh, M.Romus Dt Maro, saat diwawancarai oleh awak media terkait menyebarnya informasi adanya fenomena dari masyarakat Payakumbuh yang meminta agar Rida Ananda harus maju dalam suksesi kepemimpinan di Kota Payakumbuh pada 2024 mendatang, sangat menyambut positif. Menurutnya, apa yang dinginkan oleh warga Kota Payakumbuh sebagian besar ada di diri Rida Ananda. Payakumbuh butuh pemimpin yang cakap serta dekat dengan semua kalangan, dan menegerti apa yang dimaui rakyat.

“Artinya, selama ini kita melihat Wako Pj ini mampu menjadikan dirinya sebagai pelayan masyarakat dengan beberapa kali terlihat aktif berkecimpung dalam kegiatan masyarakat. Dan Payakumbuh masih butuh sosok tersebut”, papar M. Romus Dt Maro.

Terpisah, menjawab fenomena adanya gerakan masyarakat yang mengusung dirinya untuk diusung maju sebagai salah satu Kandidat Kepala Daerah Kota Payakumbuh pada Pilkada 2024 mendatang, Walikota Pj Rida Ananda, secara umum mengucapkan apresisasi dan terima kasih kepada warga masyarakat Payakumbuh yang menilai positif kinerjanya selama 6 bulan menjabat sebagai Wako Pj.

 Akan tetapi menurutnya lagi, terkait adanya ajakan serta dukungan dari masyarakat agar dirinya ikut serta sebagai salah satu kandidat Kepala Daerah pada pilkada 2024 nanti, masih belum terpikirkan, akunya.

” Saya masih fokus menjalankan amanah yang diberikan pemerintah pusat untuk menjalankan roda pemerintahan di Kota Payakumbuh berjalan baik,” ujarnya Senin (7/3).

Soal adanya ajakan atau dorongan untuk ikut pada suksesi kepemimpinan pada pilkada nanti, dirinya merasa itu terlalu pagi untuk dibicarakan, sambung Rida mengatakan.

 Baginya yang jelas saat ini ia ingin fokus menjalankan amanah dari pemerintah pusat, agar roda pemerintahan daerah berjalan baik, kondusif, masyarakatnya tentram, tutupnya menjelaskan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img