30 C
Padang
Kamis, Januari 28, 2021
Beritasumbar.com

Nagari Tanjung Sani Dilanda Banjir Bandang
N

Kategori -

Agam,BeritaSumbar.com,-Belum lagi usai berbajibaku menangani Covid-19. Kabupaten Agam kembali dirundung duka. Bencana alam datang melanda. Banjir bandang alias galodo landa nagari Tanjung Sani kecamatan Tanjung Raya, Rabu,(3/6) sore yang merusak 5 rumah warga mengundang prihatin.
Wilayah ini yang kerap dihantam bencana, bahkan khusus di wilayah Nagari Tanjung Sani itu sendiri tercatat sudah 5 kali musibah longsor dan banjir bandang sejak 6 bulan terakhir, yang menyebabkan kerugian yang sangat besar.

Bahkan, dampak galodo kali ini, membuat 19 warga harus diungsikan ke lokasi lebih aman, karena rumah yang mereka tempati, mengalami kerusakan serius. Data Pusdal.Ops.BPBD Agam, tercatat 2 rumah rusak berat dan 3 rusak sedang, yang saat ini seluruh warga yang mendiami rumah tersebut sudah diungsikan ke lokasi yang aman.

Menurut Lukman Syahputra, staf Pusdal.Ops.BPBD Agam, 2 rumah rusak berat masing-masing milik Syamsudin (46), yang ditempati 4 jiwa, dan rumah milik Imran,(53), yang ditempati 5 jiwa.
Sementara 3 rusak rusak sedang,namun tidak ditempati akibat tumpahan lumpur material longsor masing-masing rumah milik Salman,(63) dihuni 4 jiwa, rumah Yusmarni,(42) dihuni 5 jiwa, dan rumah milik Yurnal,(71) yang ditempati 2 jiwa.

Saat ini, sebut Lukman, seluruh warga yang rumahnya terdampak hantaman longsor tersebut, sudah diungsikan ke lokasi aman, dan tim gabungan penanggulangan bencana dipimpin Kalak.BPBD Agam M.Lutfie, sudah berada di lokasi kejadian untuk penanganan lebih lanjut bersama camat Tanjung Raya Handria Asmi dan unsur terkait lain.

 
Sementara untuk proses pembersihan, saat ini tim gabungan masih menunggu alat berat yang masih dalam perjalanan dari Malalak, terutama untuk penanganan tumpahan material longsor yang memenuhi permukaan jalan dan beberapa sarana lain.
Sedang, tim Satpol.PP-Damkar Agam sendiri, sudah menerjunkan armada pemadam untuk membantu proses pembersihan dengan sistim penyemprotan di beberapa titik yang bisa terjangkau, “ kita sudah siagakan armada di lapangan untuk penanganan lebih lanjut, “ sebut Kurniawan Syahputra.(kaba12.co.id)

Baca Juga: Incumbent Menawan, Incumbent Rawan

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Polres Bukittinggi Wakafkan 1 Ton Bawang Hasil Kebun Sendiri

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

PBJ Dalbang Lakukan Gerak Cepat Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa

Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Pengendalian Pembangunan (PBJ Dalbang) melakukan gerak cepat untuk proses pengadaan barang dan jasa pemerintah yang telah dimulai sejak awal Januari 2021 ini.
- Advertisement -

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -