26 C
Padang
Monday, October 26, 2020

MUSRENBANG Kelurahan di Payakumbuh Selatan Dimulai

Proses musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Payakumbuh Selatan, untuk tahun 2016 mulai berjalan. Dimulai dari musrenbang kelurahan, hingga nanti musrenbang kecamatan yang dijadwalkan pada pertengahan Februari 2016. Ditingkat kelurahan sendiri, Balai Panjang ditunjuk sebagai kelurahan pertama yang mengadakan musrenbang.

Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam bersama Camat Payakumbuh Selatan, Doni Prayuda, serta Lurah Balai Panjang Ibrahim, membuka proses musrenbang ini di Kantor Lurah Balai Panjang, Senin (18/1). Melibatkan seluruh elemen masyarakat, meliputi pengurus LPM, RT/RW, karang taruna, unsur tigo tungku sajarangan, Bundo Kanduang, TP-PKK serta jajaran kelurahan.

Musrenbang tahun 2016 ini, di kecamatan Payakumbuh Selatan, akan berlangsung hingga Rabu, 27 Januari 2016. Tercatat 7 kelurahan yang tergabung dalam Kecamatan Payakumbuh Selatan akan secara estafet melakukan musrenbang di masing-masing kelurahannya.

“Kita berharap, masyarakat Payakumbuh Selatan akan berperan aktif menyampaikan aspirasi-aspirasi yang dibutuhkan. Sehingga proses pembangunan ditengah masyarakat, tepat sasaran dan efektif,” ujar Parmato Alam, yang merupakan Anggota DPRD Payakumbuh terpilih dari  Payakumbuh Selatan.

Ditambahkan, anekdot ‘10 yang diusulkan, 11 yang ditolak’ selalu muncul di musrenbang dari tahun ke tahun. Hal ini membuat sebagian masyarakat, pesimis untuk ikut dalam musrenbang. “Anekdot ini membuat masyarakat malas untuk ikut musrenbang, baik di tingkat kelurahan, hingga ke tingkat Kota nantinya. Baiknya, setiap aspirasi yang diusulkan oleh masyarakat, dikawal hingga ke tingkat kota. Saya bersama Yanuar Gazali   akan bersama mengawal aspirasi tersebut, sehingga pembangunan di Kota Payakumbuh bisa merata dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Dt. Parmato lagi.

Camat Payakumbuh Selatan, Doni Prayuda pun sependapat dengan Dt. Parmato Alam. Masyarakat diminta untuk aktif dalam menyampaikan aspirasinya. “Kalau bisa, aspirasi tersebut bukan hanya terfokus pada pembangunan fisik. Namun, banyak faktor lain yang masih bisa dikejar, misalnya bidang ekonomi, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya,” kata Doni.

Ketua DPRD dan Camat Selatan berharap, musrenbang tingkat kelurahan di Balai Panjang ini, bisa memberikan aspirasi yang bisa dibawa ke tingkat Kota nantinya. Selin itu, aspirasi dari hasil musrenbang di 6 kelurahan lainnya, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Payakumbuh Selatan pada umumnya. “Sehingga, pembangunan di Payakumbuh Selatan bisa merata di seluruh wilayah. Tidak terjadi diskriminasi,” tutup Dt. Parmato.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Sanksi Bagi Anggota Fraksi Gerindra Yang Tidak Laksanakan Instruksi Partai

Sijunjung, Berita Sumbar--Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Sijunjung, terancam dipecat dan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW), bila tidak melaksanakan instruksi partai...

Prima dan Tesi Lolos Seleksi MC MTQ Nasional ke 28

Limapuluh Kota,- Untuk suksesnya suatu acara yang bersifat publik tentu butuh MC yang profesional dan mahir membawakan acara. Begitu juga halnya dengan...

Alzam Deri : Ashelfine-Sarikal Dengan Rasa Satu Langkah Menuju Kemenangan Pilkada 2020

Bermodalkan Asa dan Rasa untuk perubahan Sijunjung, mereka bekerja sebagai relawan yang benar-benar sukarela, dan itu sangatlah berat. Tidak semua Paslon bisa...

AKP Witrizawati Jabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Padang Panjang,- Serahterima Jabatan di jajaran Polres Padang Panjang bergulir. Selasa 20/10 pagi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo gelar sertijab Kasat...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -