27 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

Muslim M Yatim Kunker Ke Payakumbuh
M

Kategori -

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Anggota DPD RI Provinsi Sumatera Barat sebagai perwakilan daerah Muslim M. Yatim melakukan kunjungan kerja ke Kota Payakumbuh untuk penyerapan aspirasi masyarakat dan daerah terkait kesiapan pembelajaran tatap muka 2021.

Seperti diketahui, pada awal 2021 nanti pemerintah memberikan wewenang kepada sekolah dan kepala daerah untuk membuka atau tetap menutup sekolah. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. Kebijakan ini juga mendapatkan dukungan dari Satuan Tugas Covid-19.

“Pembelajaran luring pada awal 2021 nanti harus disiapkan dengan baik, caranya mulai sekarang Kepala sekolah segera memimpin penyusunan model pembelajaran blended dengan para guru dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk pencegahan Covid-19,” kata Anggota DPD RI Muslim M. Yatim kepada media di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Payakumbuh, Kamis (24/12).

Muslim menjelaskan, kebijakan ini nantinya akan menimbulkan pro dan kontra karena beberapa wilayah masih berstatus zona merah, sementara itu siswa atau anak sudah merasa jenuh dan bosan belajar dari rumah. Sebagian juga bertanya dan membandingkan bahwa, mall, bioskop, penerbangan, dan wisata, dibuka, mengapa sekolah harus tetap ditutup?

“Prinsipnya pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan sepanjang protokol kesehatan bisa dijalankan dengan baik, karena kesehatan dan keselamatan siswa, guru, dan tenaga kependidikan adalah hal yang utama,” ujarnya

Muslim menambahkan, “Pembukaan sekolah dilakukan dengan tujuan hak pembelajaran anak terpenuhi, dengan tidak mengesampingkan faktor kesehatan dan keselamatan komunitas sekolah,” tukuknya.

Sementara itu Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Bakhrizal, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Desmon Korina dan Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Sekretarisnya Azwardi menyambut hangat kedatangan Anggota DPD RI Muslim M. Yatim beserta rombongan tersebut.

“Terimaksih atas kunjungannya pak Muslim ke Payakumbuh semoga aspirasi masyarakat dapat ditampung dan tersalurkan nantinya.” kata Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi.

Untuk proses belajar tatap muka sendiri di Payakumbuh, Riza mengatakan bahwa di Kota Payakumbuh telah dimulai sejak 25/11 lalu dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat yangmana sebelum proses belajar tatap muka dimulai, seluruh tenaga pendidik di Payakumbuh telah melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) terlebih dahulu.

“Ini untuk menghindari klaster baru, dan untuk proses belajar tatap muka 1 kelas hanya diisi oleh 50 persen siswa serta untuk proses belajar mengajar dikombinasikan antara tatap muka dan daring,” ujar Riza.

Riza berpesan agar para orang tua tetap memperhatikan dan mengawasi anak, jangan sampai waktu pulang sekolah berkeliaran dan berkumpul-kumpul, takutnya nanti beresiko tertular Covid-19 dan menjadi klaster baru.

“Kita tau peran orang tua sangat penting disini, jangan sampai ada anak kita yang ditertibkan oleh satgas Covid-19 karena tidak mematuhi protokol kesehatan,” pungkas Riza. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Asik Ngelem Dan Bawa Sajam, 3 Pemuda Diamankan Satpol PP Payakumbuh

Menindaklanjuti laporan warga dengan adanya beberapa remaja yang kedapatan sedang mabuk akibat menghisap lem Banteng sehingga sering meresahkan sampai terjadi perkelahian, pada Selasa (19/1) dini hari sekitar pukul 02.00, Tim Penegak Peraturan Daerah Kota Payakumbuh bergerak cepat mengamankan 3 orang pemuda di depan Mesjid Muhammadiyah, pusat Kota Payakumbuh.
- Advertisement -

Ketua Bhayangkari 50 Kota Terima Penghargaan Wastra

Ketua Bhayangkari Cabang Limapuluh Kota Ny. Maya Trisno Eko sukses merebut pemenang favorit tingkat nasional cerita wastra kompetisi foto daring kebaya dan kain tradisional Indonesia menggunakan kain Tenun Kubang. Maya yang mewakili Bhayangkari se-Indonesia, mendapatkan 22.816 likes dan 427 comments.

Sidak Ke Sekolah, Pemko Payakumbuh : Jangan Ada Rekayasa Prokes

Menindaklanjuti rapat evaluasi pelaksanaan sekolah tatap muka, Selasa, (19/1), lalu, banyak ditemukan pasien positif Covid-19 dari kalangan tenaga pendidik. Pemko Payakumbuh melakukan sidak protokol kesehatan ke sekolah-sekolah, Rabu (20/1).
- Advertisement -

Ingatkan Bekal Anak Ke Sekolah, Sekda Rida : Kita Harus Nyinyir Untuk Sekolah Tangguh

Sekretaris Daerah Rida Ananda tak segan menegur sekolah saat mengetahui banyak siswanya yang tidak sarapan pagi ataupun membawa bekal ke sekolah. Padahal, sudah ada kesepakatan bersama agar siswa dianjurkan sarapan di rumah atau membawa bekal saat sekolah tatap muka.

Akui Kesalahan Staf, Kepala SMKN 2 Padang Minta Maaf

Menindaklanjuti santernya kabar mengenai pemaksaan penggunaan kerudung bagi siswi non muslim di SMKN 2 Padang, Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adib Alfikri, menggelar jumpa pers, Jumat (22/1/2021) malam.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

3 BPC HIPMI Gelar Pelantikan Di Balaikota, Ini Kata Riza Falepi

Meski tak diundang dalam pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar di Balai Kota pada Sabtu (23/1) lalu, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi tetap menyampaikan selamat kepada kepada 3 Ketua Pengurus Hipmi yang baru tersebut.

Pemuda Lingkungan Tarok Serahkan Bantuan Bagi Yayasan Cahaya Islam

Belasan pemuda Lingkungan Tarok mendatangi pengurus pondok pesantren Cahaya Islam yang bangunan asrama putri yayasan itu mengalami musibah kebakaran pada Sabtu (16/1) dini hari lalu. Kedatangan anak-anak muda itu didampingi langsung oleh Gusmulyadi, Ketua Karang Taruna Puti Elok, Kelurahan Tigo Koto Diate, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Senin (25/1), Kasus Positif Nol, 17 Guru Sembuh Dari Covid-19

Baru saja kemarin payakumbuh mendapatkan kabar 2 guru telah bebas dari Covid-19, pada hari Senin (25/1), kabar baik datang dari 17 orang tenaga pendidik yang dikabarkan telah bebas dari isolasi, karena mereka sudah negatif Covid-19.

Disdukcapil Kota Payakumbuh Maksimalkan Pelayanan Keliling

Sejak awal tahun 2021 ini Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh langsung tancap gas melakukan pelayanan keliling, salah satunya adalah perekaman KTP elektronik (KTP-el) kepada seluruh masyarakat Payakumbuh yang belum rekam dan memiliki KTP-el.

Tentang Nama Nama Tokoh Yang Bakal Diusung PKS, Ini Kata Riza Falepi

Genderang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Payakumbuh sepertinya mulai dipanaskan. Hal ini terungkap dari wawancara bersama Riza Falepi, saat ditemui media di rumah dinas wali kota, Senin (25/1), Riza yang merupakan pengurus DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu akhirnya buka suara menyampaikan beberapa hal terkait kesiapan Partai yang memiliki 5 kursi di DPRD Payakumbuh itu.

Edward DF Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPD LPM Kota Payakumbuh

Surat Keputusan (SK) Kepengurusan DPD LPM 2020-2025 yang terbentuk pada Musda beberapa waktu lalu sudah diterbitkan DPD LPM Provinsi Sumbar. Dalam waktu dekat kepengurusan tersebut akan dilantik.

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"
- Advertisement -