25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

MTQ Ke 36 Ditutup Wawako Suwandel Mukhtar
M

Kategori -

Sempat dibayangi dengan cuaca yang kurang bersahabat, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Payakumbuh ke 36, Kamis malam (27/11) resmi ditutup oleh Wakil Walikota Payakumbuh, H. Suwandel Mukhtar. Kondisi lapangan Pakan Sinayan sebagai area MTQ yang sebelumnya dikawatirkan tidak kondusif karena terus diguyur hujan, akhirnya bisa digunakan sesuai harapan. Para Qori dan Qoriah dari 5 kecamatan pun, bisa mengeluarkan kemampuan mereka dihadapan Dewan Hakim. Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil mempertahankan gelar Juara Umum setelah memperoleh poin 79, tertinggi dibandingkan 4 Kecamatan lainnya.

Camat Payakumbuh Barat Nurdal selaku Ketua Panitia mengaku, masih banyak kekurangan-kekurangan yang dirasakan saat pelaksanaan MTQ ini. Apalagi persiapan area MTQ, Lapangan Pakan Sinayan yang tidak terprediksi sebelumnya. “Kita tidak memperkirakan, kondisi lapangan yang diguyur hujan beberapa hari sebelumnya, akan merubah lapangan ini menjadi kubangan lumpur. Sempat direncanakan untuk memindahkan area MTQ ini ke Medan nan Bapaneh Ngalau indah. Namun, karena dukungan dari masyarakat Payakumbuh Barat, masalah ini bisa diselesaikan” ujar Nurdal.

Menurut Nurdal, dibutuhkan setidaknya 40 truk pasir cadas dibutuhkan untuk menimbun lapangan ini. Selain itu, cuaca yang mendukung selama pelaksanaan MTQ tidak memperparah keadaan. ”Kita sangat bersyukur, selama pelaksanaan MTQ dari tanggal 25 November hingga sekarang, curah hujan di Payakumbuh sedikit berkurang. Sehingga pelaksanaan MTQ ini bisa kita laksanakan walau masih banyak kekurangan disana-sini” kata Nurdal lagi.

Sementara itu, Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Mukhtar, sangat mengapresiasi atas kesuksesan penyelenggaran MTQ ke 36 di Payakumbuh Barat ini. ”Atas nama Pemko Payakumbuh, Saya mengucapkan beribu terimakasih atas suksesnya penyelenggaraan MTQ ke 36 tingkat Kota Payakumbuh. Walaupun sedikit prihatin dengan keadaan lokasi penyelenggaraan, namun Payakumbuh Barat sebagai tuan rumamh membuktikan dedikasi mereka untuk menyukseskan acara ini” kata Wawako.

Ditambahkan Wawako, penyelenggaraan MTQ ini seyogyanya dapat mencetak Qori dan Qoriah yang berprestasi dan betul-betul berasal dari Kota Payakumbuh. ”Saya berharap, kegiatan ini dapat memotivasi lahirnya Qori – Qoriah, Hafis dan Hafisah yang berprestasi dan dapat mengangkat nama Kota Payakumbuh dan keluarga. Yang lebih penting lagi, dapat mensyiarkan nilai-nilai ketauhidan dan nilai-nila kemanusiaanyang terkandung dalam Alquran” kata Wawako lagi.

Wawako yang juga datang bersama Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Salman K Memed, Sekdako Benni Warlis, Ass. II Amriul serta beberapa kepala SKPD dan Camat dari 4 kecamatan lainnya, juga memuji kinerja panitia MTQ ke 36 ini. ”Kalau bukan hasil kerja keras dari seluruh panitia yang terlibat, bisa jadi acara ini akan bermasalah dan amburadul” tambah Dt. Parmato Alam.

Dari hasil penilaian Dewan Hakim yang diketuai oleh Darius, S.Ag, Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil menjadi juara umum dalam MTQ tingkat kota Payakumbuh tahun 2014 ini. ”Hasil ini sesuai dengan penilaian Dewan Hakim selama menguji para Qori dan Qoriah saat bertanding. Dengan Okjektif dan Amanah” ujar Darius.

Dalam MTQ ke 36 ini, mempertandingkan 10 kategori yang dibagi dalam 19 cabang. Untuk Cabang Tilawah TK Putra dimenangkan oleh Dzaki Fadlurrahman dari Utara, Fakhri Ibrahim dari Barat, dan Devon Trinaldi dari Latina. Untuk putri, Hanifah (Utara), Kafka Khalifa Fikhri (Barat), dan Nur Afifah Rum (Latina). Cabang Tilawah Anak-anak, Putra Ahmad Lutfhi Yahya (Utara), Haliman Karim (Barat), dan M. Farraz Zikra (Timur). Untuk Putri Aulia Fahira Jannati (Barat), Nabilah Mulya Fahira (Selatan), dan Shalamah Qoalam (Timur).

Cabang Tilawah Remaja Putra Muhammad Fachri (Barat), Muhammad Aqil Syalibi (Latina), dan Anshari Rizal (Utara). Untuk Putri Quantum Khairo Ummah (Timur), Gitya Ritzky (Utara), dan Elsa Sepputri (Selatan).

Cabang Tilawah Dewasa Putra, Yano Dasrianto (Selatan), Mhd. Isfardi (Latina), dan Romico Putra (Utara). Untuk Putri Sari Huswatun Hasanah (Utara), Safira Nurulita (Barat), dan Indri Oktavita (Selatan).

Cabang Hifzil 1 Jus dan Tilawah Putra, Alif Rizki (Utara), Ismi Romadhan Nur (Timur), dan Farhan Al Ghifari (Selatan). Untuk Putri, Illi Yina Adha (Timur), Nurul Azkia (Selatan), dan Nur Jannah (Utara).

Cabang Hifzil 1 Juz non Tilawah Putra, Ahmadinejad Al Hariri (Latina), Ibnu Yaman (Barat), dan Farhan Dzaky Darwisy (Selatan). Untuk Putri, Nayla Haura Afifa (Selatan), Syifa Aulia Azzahra (Utara), dan Siti Nur Azizah (Barat).

Cabang Hifzil 5 non Tilawah Putra Abdul Karim Amarullah (Barat), Ahmad Husaini (Latina) dan Rafi Al Firdaus (Timur). Untuk Putri Nuzul Layla Qadrina (Timur), Zulfa Salsabila Khairi (Selatan), dan Azzahra Fardas (Latina).

Murattal Dasar Putra M. Davy Rizqullah (Latina), Nabil Nahdatul Asman (Utara), dan Afif Alfaizi Zaer (Selatan). Untuk Putri, Ratu Faizah Khairunnisa (Selatan), Mulyani Safitri (Timur) dan Jihan Lathifah (Barat).

Murattal Menengah Putra, Agustullah Rizky (Barat), M. Hasanuddin Al Qadri (Utara), dan Akramul Insan Zaer (Selatan). Untuk Putri, Umbratul Nada (Selatan), Elvi Aulia (Timur) dan Zahara Farah Adiba Rizal (Utara).

Murattal Umum Putra, Azan M. Akbar (Timur), Dandi Sofiyandi (Selatan), dan Fauzul Azim (Latina). Untuk Putri, Nisa Fitri Mardhatillah (Barat), Nesa Nozari (Selatan), dan Nadiatul Fitri (Timur).

Cabang Khat Naskah Putra, Ul Yaur Rahman (Utara), Puat Yohanes (Selatan), dan Adian Kasigi (Timur). Untuk Putri, Fitratul Aulia (Barat), Amelia Gusni Fitri (Selatan), dan Hayatul Chairi (Latina).

Cabang Khat Hiasan Mushaf Putra, Waidis (Latina), Gustinal (Utara), dan Akmal Muharto (Barat). Untuk Putri, Sri Rahma Yul Insani (Latina), Najmi Hilalyati (Timur), dan Rosi Ramadani (Utara).

Cabang Khat Dekorasi Putra, Riki Rifki (Latina), Yuni Alfat (Utara), dan Aisip Pria Inolta (Barat). Untuk Putri Arifa M (Utara), Farini (Barat), dan Yosi Sofia. Cabang MSQ, dimenangkan Gina CS (Timur), Salsabila Fitri CS (Selatan), dan Meilina Latifa CS (Timur). Sedangkan untuk MFQ, dimenangkan oleh M. Daffa Izuddin CS (Barat), Husnul Fikhri CS (Utara), dan Robi Kurnia CS (Selatan).

Cabang Khutbah Jumat, dimenangkan oleh Muhammad Arif CS (Timur), Fadil Mufid CS (Barat), dan Andika Sukma Dinata CS (Selatan). Untuk cabang Kitab Standar Putra, dimenangkan oleh Alansori Yahya (Barat), Fahri Anwar (Timur), dan Tomi Saputra (Latina). Untuk Kitab Standar Putri, Rusyda Aulia (Barat), Zulfa Raihan (Utara), dan Mela Mariani (Latina).

Cabang MMQ Putra, Beni Yulma Putra (Timur), Jefri Naldi (Utara), dan M. Fauzi Darwis (Selatan). Untuk Putri, Fitria Sartika (Latina),Zikriatis Ridha (Barat), dan Rifka Haida Rahima (Selatan).

Sementara itu, untuk cabang Bintang Qasidah Putra, dimenangkan Rusdianto (Barat), Akhirman (Selatan), dan Ariski Tri Putra (Utara).Sedangkan untuk Putri, Risa Fadhillah (Utara), Pepi Yetmi (Selatan), dan Rika Elvina (Barat).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Warga Pasaman Diminta Kritis Hadapi Konten Daring

Pasaman,BeritaSumbar.com, — Dosen Komunikasi UPNVJ, Rut Rismanta Silalahi mengajak warga Kabupaten Pasaman, Sumbar untuk berpikir kritis ketika berinteraksi dengan konten daring.
- Advertisement -

Pemkab Dukung Pembangunan Gedung Kejaksaan Negeri Kabupaten Limapuluh Kota

Lima Puluh Kota,Beritasumbar.com,-Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menerima kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat Anwarudin Sulistiyono di aula rumah dinas Bupati Lima Puluh Kota, Senin (20/09/2021). Kunjungan juga disambut oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Asisten I, dan Kepala OPD.

Literasi Digital, Melanie Soebono Hadir Virtual di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com, — Aktris sekaligus musisi senior yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup, Melanie Soebono hadir secara virtual menyapa warga Kabupaten Limapuluh Kota. Melanie menjadi narasumber Literasi Digital yang diprakarsai Kemenkominfo, Sabtu (21/8).
- Advertisement -

Kasus Covid-19 di Bukittinggi Makin Turun

Bukittinggi, beritasumbar.com - Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bukittinggi melaporkan data terbaru perkembangan kasus Corona Virus Diseases - 19 (Covid-19) semakin menurun. Menurut Sekretaris DKK, Vera...

Pelatih dan Pendamping Khafilah Padang Panjang Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan TC MTQ

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga pimpin Rapat Evaluasi bersama Pelatih dan Pendamping persiapan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kamis siang menjelang sore (16/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -