31 C
Padang
Selasa, Januari 26, 2021
Beritasumbar.com

MTQ Ke 36 Ditutup Wawako Suwandel Mukhtar
M

Kategori -

Sempat dibayangi dengan cuaca yang kurang bersahabat, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Payakumbuh ke 36, Kamis malam (27/11) resmi ditutup oleh Wakil Walikota Payakumbuh, H. Suwandel Mukhtar. Kondisi lapangan Pakan Sinayan sebagai area MTQ yang sebelumnya dikawatirkan tidak kondusif karena terus diguyur hujan, akhirnya bisa digunakan sesuai harapan. Para Qori dan Qoriah dari 5 kecamatan pun, bisa mengeluarkan kemampuan mereka dihadapan Dewan Hakim. Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil mempertahankan gelar Juara Umum setelah memperoleh poin 79, tertinggi dibandingkan 4 Kecamatan lainnya.

Camat Payakumbuh Barat Nurdal selaku Ketua Panitia mengaku, masih banyak kekurangan-kekurangan yang dirasakan saat pelaksanaan MTQ ini. Apalagi persiapan area MTQ, Lapangan Pakan Sinayan yang tidak terprediksi sebelumnya. “Kita tidak memperkirakan, kondisi lapangan yang diguyur hujan beberapa hari sebelumnya, akan merubah lapangan ini menjadi kubangan lumpur. Sempat direncanakan untuk memindahkan area MTQ ini ke Medan nan Bapaneh Ngalau indah. Namun, karena dukungan dari masyarakat Payakumbuh Barat, masalah ini bisa diselesaikan” ujar Nurdal.

Menurut Nurdal, dibutuhkan setidaknya 40 truk pasir cadas dibutuhkan untuk menimbun lapangan ini. Selain itu, cuaca yang mendukung selama pelaksanaan MTQ tidak memperparah keadaan. ”Kita sangat bersyukur, selama pelaksanaan MTQ dari tanggal 25 November hingga sekarang, curah hujan di Payakumbuh sedikit berkurang. Sehingga pelaksanaan MTQ ini bisa kita laksanakan walau masih banyak kekurangan disana-sini” kata Nurdal lagi.

Sementara itu, Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Mukhtar, sangat mengapresiasi atas kesuksesan penyelenggaran MTQ ke 36 di Payakumbuh Barat ini. ”Atas nama Pemko Payakumbuh, Saya mengucapkan beribu terimakasih atas suksesnya penyelenggaraan MTQ ke 36 tingkat Kota Payakumbuh. Walaupun sedikit prihatin dengan keadaan lokasi penyelenggaraan, namun Payakumbuh Barat sebagai tuan rumamh membuktikan dedikasi mereka untuk menyukseskan acara ini” kata Wawako.

Ditambahkan Wawako, penyelenggaraan MTQ ini seyogyanya dapat mencetak Qori dan Qoriah yang berprestasi dan betul-betul berasal dari Kota Payakumbuh. ”Saya berharap, kegiatan ini dapat memotivasi lahirnya Qori – Qoriah, Hafis dan Hafisah yang berprestasi dan dapat mengangkat nama Kota Payakumbuh dan keluarga. Yang lebih penting lagi, dapat mensyiarkan nilai-nilai ketauhidan dan nilai-nila kemanusiaanyang terkandung dalam Alquran” kata Wawako lagi.

Wawako yang juga datang bersama Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Salman K Memed, Sekdako Benni Warlis, Ass. II Amriul serta beberapa kepala SKPD dan Camat dari 4 kecamatan lainnya, juga memuji kinerja panitia MTQ ke 36 ini. ”Kalau bukan hasil kerja keras dari seluruh panitia yang terlibat, bisa jadi acara ini akan bermasalah dan amburadul” tambah Dt. Parmato Alam.

Dari hasil penilaian Dewan Hakim yang diketuai oleh Darius, S.Ag, Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil menjadi juara umum dalam MTQ tingkat kota Payakumbuh tahun 2014 ini. ”Hasil ini sesuai dengan penilaian Dewan Hakim selama menguji para Qori dan Qoriah saat bertanding. Dengan Okjektif dan Amanah” ujar Darius.

Dalam MTQ ke 36 ini, mempertandingkan 10 kategori yang dibagi dalam 19 cabang. Untuk Cabang Tilawah TK Putra dimenangkan oleh Dzaki Fadlurrahman dari Utara, Fakhri Ibrahim dari Barat, dan Devon Trinaldi dari Latina. Untuk putri, Hanifah (Utara), Kafka Khalifa Fikhri (Barat), dan Nur Afifah Rum (Latina). Cabang Tilawah Anak-anak, Putra Ahmad Lutfhi Yahya (Utara), Haliman Karim (Barat), dan M. Farraz Zikra (Timur). Untuk Putri Aulia Fahira Jannati (Barat), Nabilah Mulya Fahira (Selatan), dan Shalamah Qoalam (Timur).

Cabang Tilawah Remaja Putra Muhammad Fachri (Barat), Muhammad Aqil Syalibi (Latina), dan Anshari Rizal (Utara). Untuk Putri Quantum Khairo Ummah (Timur), Gitya Ritzky (Utara), dan Elsa Sepputri (Selatan).

Cabang Tilawah Dewasa Putra, Yano Dasrianto (Selatan), Mhd. Isfardi (Latina), dan Romico Putra (Utara). Untuk Putri Sari Huswatun Hasanah (Utara), Safira Nurulita (Barat), dan Indri Oktavita (Selatan).

Cabang Hifzil 1 Jus dan Tilawah Putra, Alif Rizki (Utara), Ismi Romadhan Nur (Timur), dan Farhan Al Ghifari (Selatan). Untuk Putri, Illi Yina Adha (Timur), Nurul Azkia (Selatan), dan Nur Jannah (Utara).

Cabang Hifzil 1 Juz non Tilawah Putra, Ahmadinejad Al Hariri (Latina), Ibnu Yaman (Barat), dan Farhan Dzaky Darwisy (Selatan). Untuk Putri, Nayla Haura Afifa (Selatan), Syifa Aulia Azzahra (Utara), dan Siti Nur Azizah (Barat).

Cabang Hifzil 5 non Tilawah Putra Abdul Karim Amarullah (Barat), Ahmad Husaini (Latina) dan Rafi Al Firdaus (Timur). Untuk Putri Nuzul Layla Qadrina (Timur), Zulfa Salsabila Khairi (Selatan), dan Azzahra Fardas (Latina).

Murattal Dasar Putra M. Davy Rizqullah (Latina), Nabil Nahdatul Asman (Utara), dan Afif Alfaizi Zaer (Selatan). Untuk Putri, Ratu Faizah Khairunnisa (Selatan), Mulyani Safitri (Timur) dan Jihan Lathifah (Barat).

Murattal Menengah Putra, Agustullah Rizky (Barat), M. Hasanuddin Al Qadri (Utara), dan Akramul Insan Zaer (Selatan). Untuk Putri, Umbratul Nada (Selatan), Elvi Aulia (Timur) dan Zahara Farah Adiba Rizal (Utara).

Murattal Umum Putra, Azan M. Akbar (Timur), Dandi Sofiyandi (Selatan), dan Fauzul Azim (Latina). Untuk Putri, Nisa Fitri Mardhatillah (Barat), Nesa Nozari (Selatan), dan Nadiatul Fitri (Timur).

Cabang Khat Naskah Putra, Ul Yaur Rahman (Utara), Puat Yohanes (Selatan), dan Adian Kasigi (Timur). Untuk Putri, Fitratul Aulia (Barat), Amelia Gusni Fitri (Selatan), dan Hayatul Chairi (Latina).

Cabang Khat Hiasan Mushaf Putra, Waidis (Latina), Gustinal (Utara), dan Akmal Muharto (Barat). Untuk Putri, Sri Rahma Yul Insani (Latina), Najmi Hilalyati (Timur), dan Rosi Ramadani (Utara).

Cabang Khat Dekorasi Putra, Riki Rifki (Latina), Yuni Alfat (Utara), dan Aisip Pria Inolta (Barat). Untuk Putri Arifa M (Utara), Farini (Barat), dan Yosi Sofia. Cabang MSQ, dimenangkan Gina CS (Timur), Salsabila Fitri CS (Selatan), dan Meilina Latifa CS (Timur). Sedangkan untuk MFQ, dimenangkan oleh M. Daffa Izuddin CS (Barat), Husnul Fikhri CS (Utara), dan Robi Kurnia CS (Selatan).

Cabang Khutbah Jumat, dimenangkan oleh Muhammad Arif CS (Timur), Fadil Mufid CS (Barat), dan Andika Sukma Dinata CS (Selatan). Untuk cabang Kitab Standar Putra, dimenangkan oleh Alansori Yahya (Barat), Fahri Anwar (Timur), dan Tomi Saputra (Latina). Untuk Kitab Standar Putri, Rusyda Aulia (Barat), Zulfa Raihan (Utara), dan Mela Mariani (Latina).

Cabang MMQ Putra, Beni Yulma Putra (Timur), Jefri Naldi (Utara), dan M. Fauzi Darwis (Selatan). Untuk Putri, Fitria Sartika (Latina),Zikriatis Ridha (Barat), dan Rifka Haida Rahima (Selatan).

Sementara itu, untuk cabang Bintang Qasidah Putra, dimenangkan Rusdianto (Barat), Akhirman (Selatan), dan Ariski Tri Putra (Utara).Sedangkan untuk Putri, Risa Fadhillah (Utara), Pepi Yetmi (Selatan), dan Rika Elvina (Barat).

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Mobil Damp Truk Terbakar Usai Terjun Kejurang Di Kelok Sembilan

Kamis Malam Sekira jam 01.00 wib satu unit mobil jenis damp truk terjun masuk jurang. Menurut saksi mata dilokasi, Truk jenis Hino BA 9148 OU meluncur dari arah Pekanbaru menuju Payakumbuh.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Ingatkan Kemendikbud Soal Siswi Nonmuslim Diwajibkan Berjilbab, PKB Sumbar: Aturan Sekolah Merusak Persatuan Nasional Harus Ditindak

Viralnya sebuah video tentang dipanggilnya orang tua siswa bernama Elianu Hia karena menolak mengenakan jilbab menggegerkan publik sejak Kamis (21/1) kemaren.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -