30.5 C
Padang
Wednesday, October 21, 2020

MTQ Ke 36 Ditutup Wawako Suwandel Mukhtar

Sempat dibayangi dengan cuaca yang kurang bersahabat, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Payakumbuh ke 36, Kamis malam (27/11) resmi ditutup oleh Wakil Walikota Payakumbuh, H. Suwandel Mukhtar. Kondisi lapangan Pakan Sinayan sebagai area MTQ yang sebelumnya dikawatirkan tidak kondusif karena terus diguyur hujan, akhirnya bisa digunakan sesuai harapan. Para Qori dan Qoriah dari 5 kecamatan pun, bisa mengeluarkan kemampuan mereka dihadapan Dewan Hakim. Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil mempertahankan gelar Juara Umum setelah memperoleh poin 79, tertinggi dibandingkan 4 Kecamatan lainnya.

Camat Payakumbuh Barat Nurdal selaku Ketua Panitia mengaku, masih banyak kekurangan-kekurangan yang dirasakan saat pelaksanaan MTQ ini. Apalagi persiapan area MTQ, Lapangan Pakan Sinayan yang tidak terprediksi sebelumnya. “Kita tidak memperkirakan, kondisi lapangan yang diguyur hujan beberapa hari sebelumnya, akan merubah lapangan ini menjadi kubangan lumpur. Sempat direncanakan untuk memindahkan area MTQ ini ke Medan nan Bapaneh Ngalau indah. Namun, karena dukungan dari masyarakat Payakumbuh Barat, masalah ini bisa diselesaikan” ujar Nurdal.

Menurut Nurdal, dibutuhkan setidaknya 40 truk pasir cadas dibutuhkan untuk menimbun lapangan ini. Selain itu, cuaca yang mendukung selama pelaksanaan MTQ tidak memperparah keadaan. ”Kita sangat bersyukur, selama pelaksanaan MTQ dari tanggal 25 November hingga sekarang, curah hujan di Payakumbuh sedikit berkurang. Sehingga pelaksanaan MTQ ini bisa kita laksanakan walau masih banyak kekurangan disana-sini” kata Nurdal lagi.

Sementara itu, Wakil Walikota Payakumbuh H. Suwandel Mukhtar, sangat mengapresiasi atas kesuksesan penyelenggaran MTQ ke 36 di Payakumbuh Barat ini. ”Atas nama Pemko Payakumbuh, Saya mengucapkan beribu terimakasih atas suksesnya penyelenggaraan MTQ ke 36 tingkat Kota Payakumbuh. Walaupun sedikit prihatin dengan keadaan lokasi penyelenggaraan, namun Payakumbuh Barat sebagai tuan rumamh membuktikan dedikasi mereka untuk menyukseskan acara ini” kata Wawako.

Ditambahkan Wawako, penyelenggaraan MTQ ini seyogyanya dapat mencetak Qori dan Qoriah yang berprestasi dan betul-betul berasal dari Kota Payakumbuh. ”Saya berharap, kegiatan ini dapat memotivasi lahirnya Qori – Qoriah, Hafis dan Hafisah yang berprestasi dan dapat mengangkat nama Kota Payakumbuh dan keluarga. Yang lebih penting lagi, dapat mensyiarkan nilai-nilai ketauhidan dan nilai-nila kemanusiaanyang terkandung dalam Alquran” kata Wawako lagi.

Wawako yang juga datang bersama Ketua DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam, Kakan Kemenag Kota Payakumbuh, Salman K Memed, Sekdako Benni Warlis, Ass. II Amriul serta beberapa kepala SKPD dan Camat dari 4 kecamatan lainnya, juga memuji kinerja panitia MTQ ke 36 ini. ”Kalau bukan hasil kerja keras dari seluruh panitia yang terlibat, bisa jadi acara ini akan bermasalah dan amburadul” tambah Dt. Parmato Alam.

Dari hasil penilaian Dewan Hakim yang diketuai oleh Darius, S.Ag, Kecamatan Payakumbuh Barat berhasil menjadi juara umum dalam MTQ tingkat kota Payakumbuh tahun 2014 ini. ”Hasil ini sesuai dengan penilaian Dewan Hakim selama menguji para Qori dan Qoriah saat bertanding. Dengan Okjektif dan Amanah” ujar Darius.

Dalam MTQ ke 36 ini, mempertandingkan 10 kategori yang dibagi dalam 19 cabang. Untuk Cabang Tilawah TK Putra dimenangkan oleh Dzaki Fadlurrahman dari Utara, Fakhri Ibrahim dari Barat, dan Devon Trinaldi dari Latina. Untuk putri, Hanifah (Utara), Kafka Khalifa Fikhri (Barat), dan Nur Afifah Rum (Latina). Cabang Tilawah Anak-anak, Putra Ahmad Lutfhi Yahya (Utara), Haliman Karim (Barat), dan M. Farraz Zikra (Timur). Untuk Putri Aulia Fahira Jannati (Barat), Nabilah Mulya Fahira (Selatan), dan Shalamah Qoalam (Timur).

Cabang Tilawah Remaja Putra Muhammad Fachri (Barat), Muhammad Aqil Syalibi (Latina), dan Anshari Rizal (Utara). Untuk Putri Quantum Khairo Ummah (Timur), Gitya Ritzky (Utara), dan Elsa Sepputri (Selatan).

Cabang Tilawah Dewasa Putra, Yano Dasrianto (Selatan), Mhd. Isfardi (Latina), dan Romico Putra (Utara). Untuk Putri Sari Huswatun Hasanah (Utara), Safira Nurulita (Barat), dan Indri Oktavita (Selatan).

Cabang Hifzil 1 Jus dan Tilawah Putra, Alif Rizki (Utara), Ismi Romadhan Nur (Timur), dan Farhan Al Ghifari (Selatan). Untuk Putri, Illi Yina Adha (Timur), Nurul Azkia (Selatan), dan Nur Jannah (Utara).

Cabang Hifzil 1 Juz non Tilawah Putra, Ahmadinejad Al Hariri (Latina), Ibnu Yaman (Barat), dan Farhan Dzaky Darwisy (Selatan). Untuk Putri, Nayla Haura Afifa (Selatan), Syifa Aulia Azzahra (Utara), dan Siti Nur Azizah (Barat).

Cabang Hifzil 5 non Tilawah Putra Abdul Karim Amarullah (Barat), Ahmad Husaini (Latina) dan Rafi Al Firdaus (Timur). Untuk Putri Nuzul Layla Qadrina (Timur), Zulfa Salsabila Khairi (Selatan), dan Azzahra Fardas (Latina).

Murattal Dasar Putra M. Davy Rizqullah (Latina), Nabil Nahdatul Asman (Utara), dan Afif Alfaizi Zaer (Selatan). Untuk Putri, Ratu Faizah Khairunnisa (Selatan), Mulyani Safitri (Timur) dan Jihan Lathifah (Barat).

Murattal Menengah Putra, Agustullah Rizky (Barat), M. Hasanuddin Al Qadri (Utara), dan Akramul Insan Zaer (Selatan). Untuk Putri, Umbratul Nada (Selatan), Elvi Aulia (Timur) dan Zahara Farah Adiba Rizal (Utara).

Murattal Umum Putra, Azan M. Akbar (Timur), Dandi Sofiyandi (Selatan), dan Fauzul Azim (Latina). Untuk Putri, Nisa Fitri Mardhatillah (Barat), Nesa Nozari (Selatan), dan Nadiatul Fitri (Timur).

Cabang Khat Naskah Putra, Ul Yaur Rahman (Utara), Puat Yohanes (Selatan), dan Adian Kasigi (Timur). Untuk Putri, Fitratul Aulia (Barat), Amelia Gusni Fitri (Selatan), dan Hayatul Chairi (Latina).

Cabang Khat Hiasan Mushaf Putra, Waidis (Latina), Gustinal (Utara), dan Akmal Muharto (Barat). Untuk Putri, Sri Rahma Yul Insani (Latina), Najmi Hilalyati (Timur), dan Rosi Ramadani (Utara).

Cabang Khat Dekorasi Putra, Riki Rifki (Latina), Yuni Alfat (Utara), dan Aisip Pria Inolta (Barat). Untuk Putri Arifa M (Utara), Farini (Barat), dan Yosi Sofia. Cabang MSQ, dimenangkan Gina CS (Timur), Salsabila Fitri CS (Selatan), dan Meilina Latifa CS (Timur). Sedangkan untuk MFQ, dimenangkan oleh M. Daffa Izuddin CS (Barat), Husnul Fikhri CS (Utara), dan Robi Kurnia CS (Selatan).

Cabang Khutbah Jumat, dimenangkan oleh Muhammad Arif CS (Timur), Fadil Mufid CS (Barat), dan Andika Sukma Dinata CS (Selatan). Untuk cabang Kitab Standar Putra, dimenangkan oleh Alansori Yahya (Barat), Fahri Anwar (Timur), dan Tomi Saputra (Latina). Untuk Kitab Standar Putri, Rusyda Aulia (Barat), Zulfa Raihan (Utara), dan Mela Mariani (Latina).

Cabang MMQ Putra, Beni Yulma Putra (Timur), Jefri Naldi (Utara), dan M. Fauzi Darwis (Selatan). Untuk Putri, Fitria Sartika (Latina),Zikriatis Ridha (Barat), dan Rifka Haida Rahima (Selatan).

Sementara itu, untuk cabang Bintang Qasidah Putra, dimenangkan Rusdianto (Barat), Akhirman (Selatan), dan Ariski Tri Putra (Utara).Sedangkan untuk Putri, Risa Fadhillah (Utara), Pepi Yetmi (Selatan), dan Rika Elvina (Barat).

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kodim 0311/Pessel Dukung Operasi Yustisi

Pessel,-- Ditengah kesibukan dalam pelaksanaan program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-109 yang berlokasi di kampun Dilan kenagarian Pancung Taba kecamatan IV...

Ketidakhadiran Ali Mukhni Di Panggung Publik Merupakan Bentuk Ketidaksiapan Dan Kegagapan Memimpin Sumbar

Rabu malam 14 Oktober 2020 Padang TV mengadakan acara debat dengen tema Adu Strategi Pengembangkan BUMD dengan mengundang semua kandidat calon wakil...

KPU Sawahlunto Gelar Rapat Pleno Penetapan DPT Pilgub 2020

Sawahlunto – Bertempat di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK), Rabu (14/10) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan...

Kodim 0311/Pessel Dukung Operasi Yustisi

Pessel,-- Ditengah kesibukan dalam pelaksanaan program tentara manunggal membangun desa (TMMD) ke-109 yang berlokasi di kampun Dilan kenagarian Pancung Taba kecamatan IV...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -