26.4 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

MLI Komisariat Unand Adakan Simposium Tahunan Pertama
M

Kategori -

Padang—Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Komisariat Universitas Andalas akan mengadakan simposium nasional pertama secara daring pada Kamis, 25 Juni 2020. Dr. Tri Mastoyo Jati Kesuma, M.Hum., Ketua Jurusan Bahasa Korea, Universitas Gadjah Mada, menjadi keynote speaker dalam simposium yang bertema “Dinamika Bahasa dalam Era 4.0” ini.
Sebagai asosiasi linguistik, MLI Komisariat Unand akan mengagendakan konferensi atau seminar setiap tahun. Agenda ini mendukung kegiatan akademik MLI Komisariat Unand yang selama ini secara rutin melaksanakan International Seminar on Linguistics (ISOL) sekali dua tahun. Untuk agenda tahunan, pada tahun 2020 ini, simposium diadakan bekerja sama dengan Program Studi Pascasarjana Linguistik Universitas Andalas.
“MLI Komisariat Unand menggagas ide dari kita, oleh kita, dan untuk kita. Dari perkembangan linguistik selama ini, jumlah peminat linguistik mikro kurang atau sedikit lebih rendah dari linguistik makro. Rendahnya peminat linguistik mikro karena diangap sulit dan menakutkan. Oleh karena itu, kita mengundang Dr. Tri Mastoyo Jaya Kesuma, M.Hum. untuk memberikan pencerahan terkait persoalan linguistik mikro,” ujar Ketua MLI Komisariat Unand, Dr. Ike Revita, M.Hum.
Sebagai ahli sintaksis, Dr. Tri Mastoyo Jaya Kesuma, M.Hum. akan membicarakan linguistik deskriptif bersama dengan peserta simposium.
“Ke depannya, MLI Komisariat Unand akan mengundang pakar linguistik bidang ilmu lainnya,” ungkap Dr. Ike Revita, M.Hum.
Ketua MLI Komisariat Unand berharap Tim Simposium Nasional Virtual Pertama (Tim Nasal I) menjadi tim yang sukses melaksanakan kegiatan yang akan rutin dilaksanakan setiap tahun ini. “Ini akan menjadi wadah rutin bagi anggota MLI membahas persoalan kebahasaan,” ujar Dr. Ike Revita, M.Hum.
Meskipun baru perdana dilaksanakan, Ketua MLI Komisariat Unand cukup intensif berkomunikasi dengan Ketua MLI Pusat. Hal ini tampak dari dukungan Ketua MLI Pusat membagikan informasi simposium ini kepada anggota MLI Indonesia.
“Dari data peserta yang masuk, ada anggota MLI yang berasal dari Batam, Medan, Bengkulu, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Surakarta, Bali, Kendari, Pare-pare, dan Kalimantan. Selain itu, juga ada peserta nonkomisariat, seperti penerjemah dari Yogyakarta, anggota dari Balai Bahasa dan Dinas Pariwisata.”
Dengan antusiasme tersebut, Dr. Ike Revita, M.Hum. berharap simposium ini akan menjadi wadah untuk lebih luas mengenalkan MLI Komisariat Unand. Saat ini jumlah anggota tidak hanya berasal dari Sumatera Barat, tetapi juga berasal dari Jambi, Riau, dan Kepulauan Riau.
Dr. Ike Revita, M.Hum. menyampaikan bahwa MLI Komisariat Unand akan mewujudkan harapan anggota dengan mengadakan kegiatan rutin yang berhubungan dengan linguistik. Apalagi, jangkauan keanggotaan MLI Komisariat Unand sudah sangat luas yang tidak terbatas pada universitas saja, tetapi juga menjangkau  provinsi lain. Oleh karena itu, MLI akan memberikan kemudahan kepada anggota, baik kesempatan mengikuti seminar nasional atau seminar internasional, maupun kesempatan menulis di Jurnal MLI Pusat atau Jurnal MLI Komisariat Universitas Andalas.
“Jika ingin mengembangkan keilmuan di bidang bahasa, jangan ragu bergabung dengan organisasi profesi MLI. Mulai tahun ini sudah ada kebijakan dari MLI Pusat bahwa akan ditambah jumlah halaman karena jurnal akan diterbitkan dalam bentuk e-jurnal. Dengan e-jurnal, penulis tidak terbebani dengan ongkos kirim dan artikel yang dimuat pun bisa bertambah. Bahkan, anggota MLI seluruh Indonesia akan dilibatkan untuk menjadi reviewer,” ungkap Dr. Ike Revita, M.Hum.
Dengan komitmen anggota MLI se-Indonesia dan juga anggota nonkomisariat tersebut, Rona Almos, S.S., M.A., Ketua Panitia Simposium Nasional 2020, menyatakan bahwa saat ini sudah tercatat sebanyak 61 pemakalah dan 101 peserta bergabung dalam simposium ini.
“Alhamdulillah, jumlah peserta cukup banyak dan di luar target panitia. Pada awalnya, ditargetkan sebanyak 30 pemakalah. Namun, kondisi Indonesia yang berada pada masa pandemi covid-19 menyebabkan peserta tidak dapat melaksanakan seminar sebagai luaran rutin penelitian. MLI Komisariat Unand menjadi wadah untuk mewujudkan hal tersebut,” ujar Dosen Jurusan Sastra Minangkabau Universitas Andalas ini.
Disampaikan oleh Rona Almos, S.S., M.A. bahwa pemakalah dan peserta seminar akan mendapatkan e-prosiding ber-ISBN dan e-sertifikat. “Simposium daring ini sama dengan simposium tatap muka biasa, hanya saja dilaksanakan secara online. Pemakalah dan peserta pun akan memperoleh e-sertifikat segera setelah mengisi link kehadiran.”
Pemakalah yang berkontribusi sudah dijaring sejak awal tahun dengan mengirimkan tulisan mengenai lima tema yang ditawarkan, yaitu bahasa dan media sosial, bahasa dan lingkungan, bahasa dan politik, bahasa dan budaya, serta bahasa dan bisnis. Pemakalah dan peserta yang sudah mendaftar akan bergabung secara daring melalui aplikasi zoom.
Rona Almos, S.S., M.Hum. menyatakan bahwa simposium juga akan dilaksanakan langsung melalui link Youtube https://bit.ly/nasal-unand. “Peserta yang belum mendaftar dapat mengikuti siaran langsung melalui link Youtube tersebut. Peserta juga masih diberi kesempatan untuk mendaftar dan mendapatkan sertifikat dengan mengisi link https://bit.ly/nasal1unand pada saat simposium berlangsung,” ujarnya. (*)
 
 

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.
- Advertisement -

RSUD-Disdukcapil Sijunjung Kerja Sama Penerbitan Anla-Aksi

Sijunjung, beritasumbar.com - Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD) Sijunjung kembali berinovasi menjalin kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk penerbitan...

Musda BKPRMI Kota Padang,Galuh Febryan Putra Terpilih sebagai ketua DPD BKPRMI Kota Padang

Padang,BeritaSumbar.com,- Dewan Pengurus Daerah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) kota Padang menggelar Musda . Musda dilaksanakan di Aula Masjid Agung Nurul Iman (02/5/2021) dengan agenda pemilihan ketua DPD BKPRMI Periode 2021-2025 Terpilihnya Galuh Febryan Putra menjadi ketua dan Hendri Gunawan sebagai Sekretaris DPD BKPRMI Kota Padang.
- Advertisement -

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Pelajari Aplikasi Sipedati, Pemko Solok Kunjungi Kota Payakumbuh.

Payakumbuh,Beritasumbar.com,- Pemerintah Kota Solok dalam hal ini diwakilkan oleh Kabid Informatika dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok Feri Agriadi beserta rombongan mengunjungi Kota Payakumbuh untuk melakukan sharing informasi dan mempelajari Sistem Informasi PKK dan Dasawisma Terintegrasi (SiPedati) yang ada di Kota Payakumbuh, Jumat(30/4).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...

BNPT Dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 Atas Rilis BNPT TV

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dianugerahi Gatra Innovation Awards 2021 atas Inovasi Edukasi, Kontraradikalisme, dan Deradikalisasi Melalui BNPT TV. Gatra Innovation Awards tahun ini mengangkat tema ‘Inovasi Nyata Membangkitkan Asa Masyarakat’, digelar secara daring pada Jumat, 30 April 2021.

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Hergun : THR 100 Persen Kado Terindah Dalam Peringatan May Day

Jakarta,- Pemerintah memberlakukan kebijakan semua perusahaan wajib membayarkan THR kepada karyawannya 100 persen tanpa dicicil demi pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi.

Dewan Penasehat IMO-Indonesia ; Saatnya KPK Bersihkan Oknum Pegawai Yang “Bermain Mata” Dengan Markus

JAKARTA | Ketua Komisi Pemberantaaan Korupsi (KPK) Firli Bahuri didesak untuk membersihkan lembaganya dari oknum anggota yang melakukan praktik tidak terpuji.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...

Selama Libur Lebaran Idul Fitri Objek Wisata Bukittinggi Tetap Buka, Wako: Pengunjung Masuk Dibatasi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Objek wisata yang ada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat tetap dibuka selama libur lebaran hari raya Idul Fitri 1442 hijriah. "Objek wisata...

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Untuk Pembangunan, Pemkab Sijunjung Jalin Silaturrahmi Dengan Masyarakat Lewat Safari Ramadhan

Sijunjung, beritasumbar.com - Jaga persatuan dan silaturrahmi dikalangan umat serta pemerintah daerah, demi kemajuan dan peningkatan pembangunan di Kabupaten Sijunjung. Hal itu penegasan Ketua Tim...
- Advertisement -