30.1 C
Padang
Rabu, Mei 18, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Miliki Daya Tarik, Jembatan Merah Kalumpang Ulai Pagaruyung Dilirik Wedding Photographer Sumbar
M

Kategori -
- Advertisement -

Tanah Datar, beritasumbar.com – Destinasi desa wisata Pagaruyung mulai eksis dan diminati banyak travellers. Program ini bermula dari masuknya Nagari Pagaruyung menjadi lima besar Desa Wisata terbaik se-Sumatera Barat dalam ajang Apresiasi Pariwisata yang digelar DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Sumbar pada tahun 2020.

Apalagi setelah keluarkannya SK Bupati Tanah Datar Nomor 556/233/PARPORA-2021 tentang penetapan Desa/Nagari Wisata di Kabupaten Tanah Datar.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pagaruyung mulai berbenah. Pokdarwis yang beranggotakan para pemuda Pagaruyung sudah mencanangkan beberapa program untuk meningkatkan daya tarik wisata ke Nagari Pagaruyung.

Ketua Pokdarwis Pagaruyung Roni Fernando baru-baru ini mengatakan pergerakan ini sudah kita mulai dari Desa Pakarak yang memiliki banyak potensi wisata, mulai dari wisata sejarah, budaya dan wisata alam petualangan.

“Kami sudah bermusyawarah dan meminta izin dari niniak mamak, cadiak pandai, alim ulama Jorong Padang Datar yang Alhamdulillah sudah mendapatkan restu,” ujar Roni Fernando yang juga Ketua Komunitas Talempong Pagaruyung.

Beberapa potensi wisata yang sudah mulai digerakkan oleh Pokdarwis Pagaruyung antara lain, merevitalisasi Jembatan Merah yang dibranding sebagai salah satu ikon Desa Wisata Pagaruyung, mempersiapkan paket Tracking Jelajah Wisata, mempersiapkan paket wisata river tubing dan pengelolaan Batang Selo untuk wisata air.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Afrian bersyukur dengan adanya aksi nyata yang telah ditunjukkan para pemuda Pokdarwis Pagaruyung yang mana dengan segala keterbatasan baik dana maupun sarana masih bersemangat mengerahkan tenaga, fikiran dan waktu untuk dapat memajukan wisata di Nagari Pagaruyung sampai saat ini.

Untuk promosi dan informasi Desa Wisata Pagaruyung sudah aktif di beberapa sosial media antara lain Instagram @desawisata.pagaruyung, Facebook Desa Wisata Pagaruyung, YouTube Desa Wisata Pagaruyung, TikTok DesaWisata Pagaruyung. (Rel/Rhy)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img