24.7 C
Padang
Selasa, Juli 16, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Menyigi Program Bang Wako dan Energi di Tahun Politik
M

Kategori -
- Advertisement -

TAHUN ini, tepatnya 27 November 2024 pilkada serentak se-Indonesia akan berlangsung. Proses menuju politik lokal sudah mulai terlihat. Ada pihak-pihak yang mulai ber-ancang-ancang.

Oleh Afrimen MN

Pandangan kita fokuskan ke Kota Bukittinggi. Angin-angin tipis suasana pilkada mulai berhembus di kota kecil yang punya daya magnet besar itu. Dan kita coba menilik Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan Walikota H. Erman Safar, S.H.

Pada 26 Februari 2021, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya reda, Erman Safar dilantik sebagai Walikota Bukittinggi. Wakilnya H. Marfendi. Erman Safar dicatat sebagai Walikota Bukittinggi termuda sepanjang sejarah ‘Koto Rang Agam’ itu. Usianya saat disematkan benggo garuda warna emas itu, baru 35 tahun. Erman lahir 13 Mei 1986.

Di awal 2021 itu kondisi Bukittinggi masih diselimuti berbagai masalah akibat pandemi Covid-19. Hampir semua usaha jasa dan perdagangan lesu. Ekonomi kota stagnan.

Sebagai Walikota baru, Erman Safar sempat terkalang cuek. Sebab, program yang ada di APBD 2021 masih disusun Walikota sebelumnya. Anggaran belanja modal dominan untuk pembangunan fisik seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Dalam 6 bulan tahun pertama memimpin Kota Bukittinggi, Erman Safar berhasil merampungkan RPJMD 2021-2025. Visi yang diemban Erman Safar: Menciptakan Bukittinggi Hebat Berlandaskan ABS-SBK. Untuk mencapai Visi, di dalam RPJMD dirumuskan 7 Misi yakni Hebat dalam: (1). Peningkatan ekonomi kerakyatan, (2). Sektor pendidikan, (3). Sektor kesehatan dan lingkungan, (4). Sektor pariwisata, seni budaya dan olahraga, (5). Tatakelola pemerintahan, (6). Sektor sosial kemasyarakatan, dan (7). Hebat dalam sektor pertanian.

Demi Kesejahteraan
Pada APBD perubahan Erman Safar baru dapat melakukan sedikit pergeseran anggaran. Beberapa program untuk mendorong pergerakan ekonomi yang sedang stagnan, dilakukan. Bantuan langsung kepada masyarakat yang kesulitan bahan pangan, direalisasikan.

Pada tahun kedua, 2022, Walikota Erman Safar mulai merealisasikan visi-misi yang ditawarkan saat kampanye. Di mana, alokasi anggaran diutamakan untuk kesejahteraan masyarakat. Hal itu terlihat dalam APBD 2022 dan 2023 Kota Bukittinggi. Postur anggaran dan program dibuat Erman Safar berbeda secara signifikan dengan walikota sebelumnya.

Berbagai program yang bertujuan membantu masyarakat miskin digulirkan. Di bidang kesehatan, ada beberapa program dijalankan. Pertama, warga dari keluarga miskin dibayarkan iuran BPJSnya. Tujuannya agar setiap warga kota bisa berobat ke rumah sakit tanpa terkendala biaya.

Setiap tahun juga dianggarkan Rp9 miliar untuk membayarkan jaminan kesehatan warga kurang mampu. Pada tahun 2023 kemarin, 95 persen warga Kota Bukittinggi telah memiliki jaminan kesehatan. Untuk berobat warga cukup membawa KTP.

Kedua, warga tidak mampu yang bekerja mandiri beresiko tinggi, diberi bantuan berupa jaminan sosial tenaga kerja. Ada 2.918 warga yang mendapat jaminan kecelakaan kerja dan kematian. Premi asuransi (baca; jaminan kecelakaan dan kematian) dibayarkan Pemko setiap bulannya.

Iuran Komite dan Guru Honor
Di sektor pendidikan Erman Safar punya terobosan baru berupa bantuan iuran komite sekolah SLTA Negeri dan Swasta. Sebanyak 5.097 siswa SMAN, SMKN dan SLBN uang iuran komite sekolah dibayarkan Pemko Bukittinggi tiap bulannya. Untuk siswa SMA, SMK dan SLB Swasta sebanyak 698 siswa diberi bantuan hibah untuk bayar iuran komite setiap bulan.

Para guru honor yang sudah lama berharap dapat tambahan penghasilan, Walikota Erman Safar pun merealisasikan. Sebanyak 98 orang guru honorer SLTA Negeri mendapat tambahan honor setiap bulan. Sementara guru honorer di SLTA Swasta dapat tambahan honor bulanan berupa hibah.

Program Ekonomi dan Sosial
Peningkatan taraf ekonomi masyarakat distimulan dengan gagasan baru berupa program Tabungan Utsman bekerjasama dengan BPR Syariah Jam Gadang. Melalui program ini, Pemko menanggung sepenuhnya beban jasa pinjaman modal usaha peserta Tabungan Utsman. Di samping itu, bantuan usaha untuk kaum wanita rentan juga digulirkan.

Perhatian pada keluarga miskin, tidak mampu, secara rutin disalurkan kebutuhan bahan pokok berupa beras berkualitas standar. Juga ada program jaminan kebutuhan berupa Warung Utsman. Warga kota yang menjadi sasaran program ini mendapat kartu belanja gratis di warung yang telah ditentukan.

Pembiayaan program sosial untuk kesejahteraan masyarakat dananya diusahakan Walikota tidak hanya dari APBD. Tetapi juga dari APBN, Baznas, partisipasi masyarakat dan CSR BUMD-BUMN.

Rumah Tahfidz dan BAM
Dalam visi misi sektor pendidikan, agama dan adat, Walikota Erman Safar, dalam dua tahap (2022 dan 2023) juga merealisasikan berdirinya rumah tahfidz di setiap kelurahan. Ada 24 rumah tahfidz di kota Bukittinggi yang biaya operasionalnya ditanggung pemerintah.

Dalam tahun kedua, 2022, Walikota Erman Safar juga mengeksekusi penerapan kurikulum adat Minang dan agama di SD dan SMP se-Bukittinggi. Tujuan pelajaran muatan lokal adat untuk tetap terjaganya nilai-nilai Adat dan budaya Minang pada generasi muda/mendatang.

Stasiun Lambuang
Setelah berbagai program di sektor pendidikan, kesehatan, sosial, kemiskinan yang urgen berjalan baik, Walikota Erman Safar merancang fasilitas ekonomi UMKM. Lahan eks. Stasiun Kereta Api, yang sejak 2017 kosong, dibangun pusat kuliner, diberi nama: Stasiun Lambuang. Area strategis seluas 2,7 ha itu, dibangun dua tahun anggaran, sudah resmi dibuka 6 Maret 2024.

Terletak di posisi strategis, penampakan
Stasiun Lambuang terlihat modern, hadir sebagai pusat kuliner terbesar di Sumbar. Sekarang ada 116 gerai dengan ratusan macam kuliner yang siap dinikmati wisatawan.

Stasiun Lambuang juga menjadi destinasi wisata baru di Bukittinggi. Dalam tiga tahun terakhir, kunjungan wisatawan ke Bukittinggi selalu meningkat. Tahun 2021 tercatat 800 ribu wisatawan ke Bukittinggi. Tahun 2023 naik jadi 1,2 juta wisatawan. Kehadiran Stasiun Lambuang yang viral, dalam tahun 2024 kunjungan wisatawan ke Bukittinggi diharapkan bisa dekati angka 2 juta.

Multiple-effect, efek berganda Stasiun Lambuang akan menggerakkan perekonomian Bukittinggi kian kencang. Ratusan KK masyarakat pelaku UMKM tidak hanya naik level dari K-5 ke gerai kuliner yang lebih profesional. Juga bakal meningkatkan kesejahteraan pengusaha UMKM. Pendapatan daerah juga akan terkerek lebih tinggi. PAD Bukittinggi tahun 2023 sudah mencapai Rp137 miliar. Tahun 2024 ditargetkan Rp153 miliar.

Tahun Politik
Memasuki tahun 2024, kompetisi Pilkada Kepala Daerah Serentak sudah di depan mata. Erman Safar yang akrab disapa ‘Bang Wako’, tentu bersiap untuk kembali maju, ikut pilkada Walikota Bukittinggi, November 2024.

Begitu banyak program Walikota Erman Safar yang sudah dirasakan langsung oleh masyarakat Bukittinggi. Berbagai rencana, gagasan program Bukittinggi Hebat yang digaungkan waktu kampanye dulu, satu per satu dapat direalisasikan. Setiap program yang berhasil diwujudkan akan menjadi energi penting bagi Bang Wako menghadapi tahun politik Pilkada 2024.

Tentu, semua itu juga akan menjadi pertimbangan masyarakat Kota Bukittinggi untuk kembali memilih Erman Safar untuk periode ke-2 sebagai Walikota.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img