25 C
Padang
Kamis, Juli 29, 2021
Beritasumbar.com

Menteri Parekraf, Payakumbuh Harus Pede Gelar PFW
M

Kategori -

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif RI diwakili Direktur Promosi Wisata Daerah, Tazbir, menyatakan dukungannya yang kuat terhadap penyelenggaraan Payakumbuh Fashion Week (PFW). Payakumbuh harus pede atau percaya diri untuk menggelar iven tersebut. Kegiatan fashion week bukan milik kota besar dan kota metropolitan. Sebaliknya, kegiatan ini harus mampu digelar kota/kabupaten sedang dan kecil lainnya.

Penegasan tersebut disampaikan Direktur Promosi Wisata Daerah, Tazbih, dalam acara Launching Payakumbuh Fashion Week II/2014 disebuah restoran di kawasan SCBD Jakarta Selatan, Sabtu (22/2). PWF yang dibidani Dekranasda bersama Dinas Koperindag dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Payakumbuh itu, sebuah karya nyata dan langkah positif yang harus diapresiasi pemerintah pusat. “Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif sangat mendukung penyelenggaraan iven ini disetiap daerah,” tegas Tazbih.

Menurut Tazbih, PFW jika dikelola profesional akan mendatangkan multiplier efek yang cukup signifikan terhadap ekonomi kreatif serta dunia usaha kerajinan dan dunia tekstil. Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif akan terus mensupport daerah yang mampu menggelar iven ini. Payakumbuh akan jadi terkenal di Indonesia, jika mampu melibatkan semua pihak dalam penyelenggaraan PFW, ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan yang diwakili Kabid Industri non Agro, Rinaldi, S.Teks, dalam sambutannya mengatakan, dunia usaha mikro dan menengah, perajin dan dunia tekstil Sumatera Barat, pantas berbangga dengan Dekranasda Payakumbuh yang menyelenggarakan iven ini. Padang saja sebagai ibukota provinsi belum mampu menggelar acara fashion ini.

Gelar acara ini butuh energi besar, sebut Rinaldi. Di Indonesia yang mampu memelihara iven seperti ini, baru Yokyakarta, Jember dan Jakarta. Dampaknya sangat luar biasa, dunia industri kota setempat berkembang sangat pesat. Harapan Koperindag Sumatera Barat, ke depan Payakumbuh Fashion Week, akan dilirik dan menjadi magnit yang kuat bagi perancang-perancang mode nasional dalam menumbuhkembangkan dunia pertekstilan dan dunia tenunan, sulaman dan bordiran di Sumbar.

Walikota Payakumbuh diwakili Rida Ananda, berharap, agar iven tersebut mampu mengangkat harga diri perajin dan pelaku usaha Payakumbuh ke depan. Momen PFW akan mampu memperkenalkan kepada publik, bahwa hasil tenunan, songket dan bordiran Payakumbuh lebih baik dari produksi provinsi lainnya. PFW sebuah promosi usaha yang mampu menarik wisatawan berkunjung ke Payakumbuh, katanya.

Sejumlah perancang nasional, seperti Tuti Adib, Ria Miranda dan Intan Avantie (Jakarta), Ayok Dwipancara (Surabaya), Intan Afanti (Semarang) yang difasilitasi Harmen, Pimred Majalah Tren Kebaya, ikut meramaikan laounching PFW itu. Ketua Dekranasda Dr. Henny Riza Falepi, menyerahkan secara simbolis kain tenunan dan songket Payakumbuh, kepada perancang nasional tersebut. Tekstil produksi perajin Payakumbuh itu, juga akan menjadi model dalam Payakumbuh Fashion Week, selain rancangan lainnya.

Gelar acara Payakumbuh Fashion Week II/2014 itu, menurut Ketua Dekranasda Henny Riza Falepi, di Payakumbuh, Senin (24/2), berlangsung 24-27 Mei mendatang. Direncanakan sekitar 30 model terkenal di Indonesia akan meramaikan Payakumbuh Fashion Week itu. Bersamaan dengan iven itu, juga akan diadakan lomba merias wajah, lomba pakaian muslim dan seminar hijab dan kecantikan.

Launching PFW itu juga dihadiri Kadisparpora Drs. Syahnadel Khairi, Kadis Koperinda Indra Syofyan, SE, MM, Ketua Ketua APPMI (Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia) Sumbar Fomalhout Zamel, dan sejumlah pengurus Dekranasda, seperti Elfriza Zaharman, Yanti dan Dewi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kakankemenag Padang Panjang Saksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemnag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menyaksikan Penandatangan Kontrak Pembangunan Gedung Kelas Baru MTsN Kota Padang Panjang oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan Direktur Pelaksana Pekerjaan Proyek dan Konsultan Pengawas di Mushalla Kampus II MTsN Kota Padang Panjang di Jalan A. Yani Kelurahan Ngalau, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang, Senin, (26/07/2021)
- Advertisement -

Unit Pemberantasan Pungli Kota Payakumbuh laksanakan Sosialisasi Pencegahan Pungli dan Gratifikasi bagi ASN dan Penyedia/Rekanan

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kota Payakumbuh mengadakan sosialisasi pencegahan pungli dan gratifikasi dalam pengadaan barang dan jasa bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta bagi penyedia/rekanan yang bekerjasama dengan Instansi di Pemerintah Kota Payakumbuh yang digelar di Aula Ngalau Indah lantai 3 Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu(28/7).

Puluhan Hektar Sawah Di Jorong Pudak Nagari Sijunjung Mengalami Kekeringan

Sijunjung, BeritaSumbar.com,- Puluhan hektar sawah tadah hujan di jorong Pudak Nagari Sijunjung, disinyalir gagal diolah tahun ini, karena rendahnya curah hujan saat ini, kata Malin Cahyo, Tokoh Masyarakat Jorong Pudak, Sabtu (24/7).
- Advertisement -

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.

617 Siswa SLTP Dan SLTA Dapat Bantuan Beasiswa Dari Program Sijunjung Cerdas

Sijunjung, Berita Sumbar--Sebanyak 617 Orang Siswa SLTP dan SLTA sekabupaten Sijunjung mendapat bantuan biaya pendidikan dari program Sijunjung Cerdas Tahap l tahun 2021, dana untuk Mustahik yang dikelola Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung. Adapun nilai bantuan yang diserahkan hari ini senilai Rp. 186.850.000, (Seratus Delapan Puluh Enam Juta Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah), penyerahaan diberikan oleh Bupati secara simbolis kepada sekolah kata Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayattullah, Muaro Sijunjung hari ini.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

School of Randang Sebagai Wisata Gastronomi Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Tantangan kedepan dari kepala daerah adalah bagaimana membangun network dan komunikasi, tetapi yang perlu digaris bawahi adalah sumber daya manusia (SDM) di dalam tentu perlu untuk mereka benahi.

Investasi Cryptocurrency Naik Signifikan

Padang,- Investasi beberapa Cryptocurrency mengalami Kenaikan signifikan pada 2021, Triliunan Rupiah terserap dalam investasi ini

Padang Pariaman Bantu Alsintan Untuk 22 Kelompok Tani

Pariaman, beritasumbar.com - Dalam rangka meningkatkan produktifitas para petani, Pemkab Kabupaten Padang Pariaman memberikan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Penyerahan bantuan alat pertanian kepada 20...

Bukittinggi Siap Menuju Pusat Kuliner dengan Konsep Malioboro

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebagai pusat kunjungan wisatawan di Sumatera Barat, Kota Bukittinggi terus berbenah. Tidak hanya pada objek wisatanya, pusat kuliner juga menjadi perhatian...

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Terkait Kebijakan Impor Beras, ini Komentar PPI

Jakarta,-Pemerintah baru saja memutuskan untuk melakukan impor beras 1 juta ton dan menugaskan Bulog untuk melaksanakan kebijakan impor tersebut. Terkait dengan kebijakan tersebut, PPI merasa perlu untuk menyampaikan pandangan

Permata Bank dan Astra Life Luncurkan AVA iFamily Protection

Produk e-bancassurance inovatif hasil kolaborasi PermataBank dan Astra Life yang memberikan santunan rawat inap hingga Rp3jt per hari, hadirkan produk perlindungan dan layanan terbaik yang terdigitalisasi bagi keluarga Indonesia

NYALA | OCBC NISP Luncurkan Solusi Finansial Fitness Guna Membangun Generasi Indonesia yang Financially Fit

Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP fokus membangun generasi Indonesia agar memiliki pengetahuan, kebiasaan dan mindset finansial yang tepat. Solusi Financial Fitness hadirkan lebih dari sekadar produk keuangan, ini adalah program pendampingan keuangan untuk membawa Indonesia melaju jauh menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2045.

Wujudkan Transaksi di Sumbar Berbasis Syariah, Ini Harapan Mahyeldi dan Wako Payakumbuh

Payakumbuh, beritasumbar.com - Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat mengharapkan masyarakat lebih paham dengan ekonomi syariah serta ke depannya semua transaksi keuangan di daerah...

DEREKSI hadir di Padang

Hallo Sumbar. YEAY!! 🤗 DEREKSI hadir di Padang niiih 😍😍 Khawatir tidak efektif? Dengerin dulu testimoni dari alumni kita 😊
- Advertisement -