24 C
Padang
Selasa, Januari 19, 2021
Beritasumbar.com

Mencintai Yang Diridhai Allah
M

Mencintai adalah sebuah anugerah yang diberikan oleh Allah yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, sebagai sebaik-baiknya makhluk yang yang diciptakan, manusia memiliki sebuah keistimewaan yang membedakan dengan makhluk yang lainnya, keistimewaan tersebut adalah rasa cinta dan karena rasa cinta tersebut manusia dapat merasakan sebuah rasa yang tidak dapat diartikannya.
Manusia dapat merasakan sebuah arti kehidupan yang amat sangat istimewa, karena adanya cinta yang sudah tertancap didadanya. Kehidupan kita ini pastinya sangat menyenangkan jika kalau kehidupan kita ini sudah diselubungi dengan rasa cinta. Dan selaku kita sebagai manusia yang normal, pastinya kita sudah ataupun lagi mencintai seseorang hamba Allah. Tapi apakah kita ini tahu kalau cinta yang sedang kita alami tersebut diridhai Allah apakah sebaliknya?.
Didunia ini banyak hamba-hamba Allah yang menjalin cintanya dengan seseorang yang dicintainya, yang dimana dari rasa cinta yang ada dihatinya dia senantiasa mendapat keridhaan dan pahala dari Allah, sebagai contoh kisah cinta menantu Rasulullah SAW yaitu Sayyidina Ali bin Abi Thalib dengan putri baginda Rasulullah SAW yaitu Sayyidah Fatimah Az-Zahra, dimulai dari kisah pertama kali mereka berdua saling jatuh cinta.
Menjelang remaja, tumbuhlah rasa cinta Ali kepada Fatimah. Pintu hati Ali terketuk pertama kali saat Fatimah dengan sigap membasuh dan mengobati luka ayahnya, Nabi Muhammad yang luka parah karena berperang. Tapi Ali tidak bodoh. Ia adalah pemuda yang beriman. Ali berusaha untuk selalu menjaga hatinya. Ia pendam rasa cinta itu bertahun-tahun. Ia simpan rasa itu jauh di dalam lubuk hatinya dan doanya, bahkan Fatimah pun tidak pernah tahu bahwa Ali menyimpan lama rasa cinta yang luar biasa untuknya.
Hingga ketika Ali telah dewasa dan telah siap untuk menikah, maka Ali pun berniat menghadap Rasul dengan tujuan ingin melamar Fahtimah, Lantas dengan tekun Ali mengumpulkan uang untuk membeli mahar dan mempersunting Fatimah. Namun malangnya, saat sedang bersusah payah untuk membeli Mahar, sahabat nabi yaitu Abu Bakar sudah terlanjur melamar Fathimah. Hancurlah perasaan Ali saat itu. Ali sadar diri kalau Abu Bakar memiliki kualitas iman, Islam, dan kekayaan yang jauh lebih tinggi dari dirinya. Walau dikenal sebagai pahlawan Islam yang gagah berani, Ali dikenal miskin.
Namun, kesedihan Ali terhapus saat mendengar Fatimah menolak lamaran Abu Bakar. Tapi keceriaan Ali kembali sirna saat orang dekat nabi lainnya, Umar Bin Khattab meminang Fatimah. Lagi-lagi Ali hanya bisa pasrah karena dia tidak mungkin bersaing dengan Umar yang gagah perkasa. Maka Ali pun hanya bisa bertawakal kepada Allah, Ia berdoa kepada Allah semoga dikuatkan hatinya akibat derita cinta yang sedang dialaminya. Kali ini, Ali harus benar-benar ikhlas dan tegar menghadapi kenyataan itu. Namun Ali adalah pemuda yang shalih. Ia pun yakin bahwa Allah Maha Adil. Pasti Allah sudah mempersiapkan pendamping hidup baginya. Derita cinta memang menyakitkan. Aku mengutamakan kebahagiaan Fatimah diatas cintaku, bisik Ali dalam hati.
Disaat Ali merasakan derita cintanya, tak disangka-sangka, datanglah Abu Bakar dengan senyum indahnya. Dan memberitahu Ali untuk segera bertemu dengan Rasul karena ada yang ingin beliau sampaikan. Ali saat itu berpikir mungkin ia akan dipanggil untuk ikut membantu persiapan pernikahan Fathimah dengan Umar Bin Khattab.
Dengan tegarnya walau hati sedang diterpa bertubi-tubi luka akibat cinta, Ali pun bergegas segera menemui Rasulullah. Siapa sangka bahwa sayyidina Ali lah yang pilih oleh Nabi sebagai menantunya.
Dari kisah yang sangat memberi inspirasi tersebut, kita dapat memetik sebuah pelajaran, bahwa jika kalau kita mencintai seseorang kita seharusnya juga mencari keridhaan dari cinta tersebut, dengan cara tidak menjadikan rasa cinta yang kita rasakan ini menjadi jurang kemaksiatan kepada Allah, yang mana akan mejauhkan kita dari ridha Allah SWT. Jika Allah sudah meridhai cinta kita pastinya Allah yang akan menuntun kita.
Oleh:
Ach Muzemmil selaku mahasiswa semester 6 (enam) pendidikan bahasa Arab IAIN Madura

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.
- Advertisement -

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jalan Puncak Pato Lintau Berubah Menjadi Objek Wisata Dadakan

Tanah Datar, beritasumbar.com- Puluhan warga masyarakat sekitar Kecamatan Lintau Buo Utara dengan Kecamatan Sungayang ramai mendatangi Jalan Puncak Pato karena menjadi objek wisata dadakan...

Bantuan Covid- 19 Untuk TPA Tidak Transparan, Pengurus Dilaporkan Ke Polisi

Tanah Datar, beritasumbar.com- Diduga dana bantuan Covid-19 Taman Pendidikan Al-qur'an (TPA) Surau Annur, Jorong Tanjung Tengah, Nagari Tanjung Bonai,Kecamatan Lintau Buo Utara tidak transparan,...

Darurat Gempa Majene! Segera Bantu Saudara Terdampak!

Dilansir laman resmi BNPB, Data per Jumat (15/1), pukul 06.00 WIB, BPBD Mamuju melaporkan korban meninggal dunia 3 orang dan luka-luka 24. Sebanyak 2.000 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. Sedangkan kerugian material berupa kerusakan, antara lain Hotel Maleo dan Kantor Gubernur Sulbar mengalami rusak berat (RB). Jaringan listrik masih padam pascagempa.

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Waspadai ! Perbudakan Intelektual dibalik Akreditasi Perguruan Tiggi

Perguruan Tinggi / Kampus adalah salah satu wadah pendidikan yang sangat berperan penting untuk kemajuan peradaban bangsa dengan mencetak para intelektual yang berkualitas. Melalui keilmuan yang dimilikinya mereka akan terjun kemasyarakat untuk menyelesaikan berbagai problem yang dihadapi.

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.
- Advertisement -