24 C
Padang
Senin, November 29, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Manfaat Jamur Tiram Bagi Tubuh
M

Kategori -
- Advertisement -

Beritasumbar.com-Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan,Tanaman banyak khasiat yang biasa tumbuh kayu kayu lapuk.Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii. Saat ini jamur tiram sudah banyak di kembang biakan di rumah rumah warga,kwt atau kelompok usaha dengan media jerami atau serbuk gergaji

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium. Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan.Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet
Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering. Kandungan proteinnya 10,5-30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%.

Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. 72%
Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.

Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi.Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium.Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb.Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

15 manfaat jamur tiram untuki kesehatan :
1. Untuk perkembangan janin
Bagi ibu yang sedang hamil sangat baik jiika mengkonsumsi banyak jamur tiram. Nutrisi yang ada pada jamur ini dapat meningkatkan oksigen dan sel darah merah ibu sehingga pertumnuhan janin akan lancar dan asupan gizinya terpenuhi sampai masa persalinan tiba.

2. Dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kutil
Nutrisi pada jamur tiram dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan tumor jinak yang berbentuk sebagai kutil. Manfaat zat besi yang ada pada jamur ini dapat membentuk dan mempercepat pertumbuhan limfosit yaitu sebuah senyawa yang dapat menghambat bahkan mencegah sel sel tumor yang mau memasuki jaringan tubuh.

3. Dapat menangkal efek buruk radikal bebas
Jamur tiram memiliki kandungan vitamin B,C dan D2 yang bertindak sebagai manfaat antioksidan yang kuat yang mampu melawan efek buruk radikal bebas yang menyerang tubuh. radikal bebas yang dimaksud berasal dari udara berupa debu, asap dan semua partikel halus beracun.

4. Dapat menurunkan kolesterol
Nutrisi lengkap pada jamur tiram dapat menurunkan kolesterol jahat secara berkala, jika mengkonsumsi jamur ini secara rutin yaitu dua kali dalam sehari.

5. Dapat sebagai pemenuhan protein harian
Bagi seseorang yang menginginkan asupan protein cukup dapat mengkonsumsi jamur tiram setiap hari atau dua kali seminggu tetapi secara teratur dan disiplin. Asupan protein tubuh akan selalu terpenuhi dengan baik. Manfaat protein pada jamur tiram sangat tinggi dan bahkan lebih melimpah dari pada protein yang ada pada susu sapi.

6. Menurunkan tekanan darah
Jamur tiram memiliki kandungan zat ergosterol yang mampu mengembangkan manfaat Vitamin D dengan bantuan sinar mataahari menjadi lebih efektif. Hali ini daapat menyebabkan turunnya telkanan darah menjadi stabil.

7. Dapat mencegah dan menyembuhkan kanker payudara
Manfaat jamur tiram mengandung zat beta glucan dan kaya dengan asam linoleat yang berguna untuk mencegah pertumbuhan kanker pada payudara.

8. Sebagai anti mikroba
Jamur tiram mempunyai zat anti bakteri dan anti mikroba yang dapat membantu proses penyembuhan luka dan iritasi yang terjadi didalam jaringan tubuh.

9. Dapat mempertebal kekebalan tubuh
Jamur tiram mengandung magnesium yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mempercepat proses penyembuhan pada penderita luka bakar atau luka sayatan dan jahitan karena bedah operasi.

10. Dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat
Jamur tiram mengandung selenium yang tinggi yang dapat mencegah dan menyembuhkan kanker prostat secara berkala. Jika rajin mengkonsumsi jamur tiram 2v sampai 3 kali dalam sehari secara konsisten.

11. Dapat menyehatkan jaringan hati
Nutrisi lengkap padaa jamur tiram mampu membantu tubuh untuk menangkal dan mengeluarkan racun yang berada pada jaringan hati. Sehingga meningkatkan kesehatan hati

12. Dapat menurunkan bobot tubuh
Jamur tiram memiliki Kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 80 persen dan protein yang tinggi dan kalori yang sangat rendah. Kedua zat tersebut mampu membakar lemak lebih cepat dan menurunkan bobot tubuh.

13. Dapat mencerdaskan otak
Nutrisi lengkap pada jamur tiram dapat meningkatkan kualitas sel sel otak menjadi lebih baik dan sensitif terhadap informasi yang disampaikan tubuh. Kemudian otak dapat mudah mencerna semua informasi. bagi anak anak sangat disarankan untuk menyantap jamur tiram setiap hari agar kecerdasannya semakin tajam.

14. Sebagai cadangan energi tubuh
Nutrisi pada jamur tiram dapat meningkatkan stamina dan menjadikan tubuh tidak mudah lelah atau lesu saat melakukan aktivitas rutin kerja. Tubuh akan terpenuhi kebutuhan energinya selama 24 jam.

15. Sebagai pelancar sirkulasi darah
Nutrisi yang ada pada jamur tiram dapat melancarkan peredaran darah diseluruh jaringan tubuh. Selanjutnya tubuh tidak mengalami pegal pegal dan tubuh tidak mudah mengalami kejang otot atau sakit pinggang.
(diolah dari berbagai sumber)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img