24.9 C
Padang
Sabtu, Juni 19, 2021
Beritasumbar.com

Manfaat Jamur Tiram Bagi Tubuh
M

Kategori -

Beritasumbar.com-Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan,Tanaman banyak khasiat yang biasa tumbuh kayu kayu lapuk.Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii. Saat ini jamur tiram sudah banyak di kembang biakan di rumah rumah warga,kwt atau kelompok usaha dengan media jerami atau serbuk gergaji

Berdasarkan penelitian Sunan Pongsamart, biochemistry, Faculty of Pharmaceutical Universitas Chulangkorn, jamur tiram mengandung protein, air, kalori, karbohidrat, dan sisanya berupa serat zat besi, kalsium, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) merupakan bahan makanan bernutrisi dengan kandungan protein tinggi, kaya vitamin dan mineral, rendah karbohidrat, lemak dan kalori. Jamur ini memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin, fosfor, besi, kalsium, karbohidrat, dan protein.Untuk kandungan proteinnya, lumayan cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4%.

Komposisi dan kandungan nutrisi setiap 100 gram jamur tiram adalah 367 kalori, 10,5-30,4 persen protein, 56,6 persen karbohidrat, 1,7-2,2 persen lemak, 0.20 mg thiamin, 4.7-4.9 mg riboflavin, 77,2 mg niacin, dan 314.0 mg kalsium. Kalori yang dikandung jamur ini adalah 100 kj/100 gram dengan 72 persen lemak tak jenuh. Serat jamur sangat baik untuk pencernaan.Kandungan seratnya mencapai 7,4- 24,6 persen sehingga cocok untuk para pelaku diet
Kandungan gizi jamur tiram menurut Direktorat Jenderal Hortikultura Departemen Pertanian. Protein rata-rata 3.5 – 4 % dari berat basah. Berarti dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan asparagus dan kubis. Jika dihitung berat kering. Kandungan proteinnya 10,5-30,4%. Sedangkan beras hanya 7.3%, gandum 13.2%, kedelai 39.1%, dan susu sapi 25.2%.

Jamur tiram juga mengandung 9 macam asam amino yaitu lisin, metionin, triptofan, threonin, valin, leusin, isoleusin, histidin, dan fenilalanin. 72%
Lemak dalam jamur tiram adalah asam lemak tidak jenuh sehingga aman dikonsumsi baik yang menderita kelebihan kolesterol (hiperkolesterol) maupun gangguan metabolisme lipid lainnya. 28% asam lemak jenuh serta adanya semacam polisakarida kitin di dalam jamur tiram diduga menimbulkan rasa enak.

Jamur tiram juga mengandung vitamin penting, terutama vitamin B, C dan D. vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), niasin dan provitamin D2 (ergosterol), dalam jamur tiram cukup tinggi.Mineral utama tertinggi adalah Kalium, Fosfor, Natrium, Kalsium, dan Magnesium.Mineral utama tertinggi adalah : Zn, Fe, Mn, Mo, Co, Pb.Konsentrasi K, P, Na, Ca dan Me mencapai 56-70% dari total abu dengan kadar K mencapai 45%. Mineral mikroelemen yang bersifat logam dalam jarum tiram kandungannya rendah, sehingga jamur ini aman dikonsumsi setiap hari.

15 manfaat jamur tiram untuki kesehatan :
1. Untuk perkembangan janin
Bagi ibu yang sedang hamil sangat baik jiika mengkonsumsi banyak jamur tiram. Nutrisi yang ada pada jamur ini dapat meningkatkan oksigen dan sel darah merah ibu sehingga pertumnuhan janin akan lancar dan asupan gizinya terpenuhi sampai masa persalinan tiba.

2. Dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kutil
Nutrisi pada jamur tiram dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan tumor jinak yang berbentuk sebagai kutil. Manfaat zat besi yang ada pada jamur ini dapat membentuk dan mempercepat pertumbuhan limfosit yaitu sebuah senyawa yang dapat menghambat bahkan mencegah sel sel tumor yang mau memasuki jaringan tubuh.

3. Dapat menangkal efek buruk radikal bebas
Jamur tiram memiliki kandungan vitamin B,C dan D2 yang bertindak sebagai manfaat antioksidan yang kuat yang mampu melawan efek buruk radikal bebas yang menyerang tubuh. radikal bebas yang dimaksud berasal dari udara berupa debu, asap dan semua partikel halus beracun.

4. Dapat menurunkan kolesterol
Nutrisi lengkap pada jamur tiram dapat menurunkan kolesterol jahat secara berkala, jika mengkonsumsi jamur ini secara rutin yaitu dua kali dalam sehari.

5. Dapat sebagai pemenuhan protein harian
Bagi seseorang yang menginginkan asupan protein cukup dapat mengkonsumsi jamur tiram setiap hari atau dua kali seminggu tetapi secara teratur dan disiplin. Asupan protein tubuh akan selalu terpenuhi dengan baik. Manfaat protein pada jamur tiram sangat tinggi dan bahkan lebih melimpah dari pada protein yang ada pada susu sapi.

6. Menurunkan tekanan darah
Jamur tiram memiliki kandungan zat ergosterol yang mampu mengembangkan manfaat Vitamin D dengan bantuan sinar mataahari menjadi lebih efektif. Hali ini daapat menyebabkan turunnya telkanan darah menjadi stabil.

7. Dapat mencegah dan menyembuhkan kanker payudara
Manfaat jamur tiram mengandung zat beta glucan dan kaya dengan asam linoleat yang berguna untuk mencegah pertumbuhan kanker pada payudara.

8. Sebagai anti mikroba
Jamur tiram mempunyai zat anti bakteri dan anti mikroba yang dapat membantu proses penyembuhan luka dan iritasi yang terjadi didalam jaringan tubuh.

9. Dapat mempertebal kekebalan tubuh
Jamur tiram mengandung magnesium yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mempercepat proses penyembuhan pada penderita luka bakar atau luka sayatan dan jahitan karena bedah operasi.

10. Dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat
Jamur tiram mengandung selenium yang tinggi yang dapat mencegah dan menyembuhkan kanker prostat secara berkala. Jika rajin mengkonsumsi jamur tiram 2v sampai 3 kali dalam sehari secara konsisten.

11. Dapat menyehatkan jaringan hati
Nutrisi lengkap padaa jamur tiram mampu membantu tubuh untuk menangkal dan mengeluarkan racun yang berada pada jaringan hati. Sehingga meningkatkan kesehatan hati

12. Dapat menurunkan bobot tubuh
Jamur tiram memiliki Kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 80 persen dan protein yang tinggi dan kalori yang sangat rendah. Kedua zat tersebut mampu membakar lemak lebih cepat dan menurunkan bobot tubuh.

13. Dapat mencerdaskan otak
Nutrisi lengkap pada jamur tiram dapat meningkatkan kualitas sel sel otak menjadi lebih baik dan sensitif terhadap informasi yang disampaikan tubuh. Kemudian otak dapat mudah mencerna semua informasi. bagi anak anak sangat disarankan untuk menyantap jamur tiram setiap hari agar kecerdasannya semakin tajam.

14. Sebagai cadangan energi tubuh
Nutrisi pada jamur tiram dapat meningkatkan stamina dan menjadikan tubuh tidak mudah lelah atau lesu saat melakukan aktivitas rutin kerja. Tubuh akan terpenuhi kebutuhan energinya selama 24 jam.

15. Sebagai pelancar sirkulasi darah
Nutrisi yang ada pada jamur tiram dapat melancarkan peredaran darah diseluruh jaringan tubuh. Selanjutnya tubuh tidak mengalami pegal pegal dan tubuh tidak mudah mengalami kejang otot atau sakit pinggang.
(diolah dari berbagai sumber)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.
- Advertisement -

Kemenag Padang Panjang Terima Piagam Penghargaan terkait WBK-WBBM

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang menghadiri Undangan Pembinaan dan Persiapan Menuju WBK-WBBM bersama Kakankemenang Pesisir Selatan, Kakankemenang Kota Payakumbuh dan Kepala MAN 1 Bukittinggi di ruangan FKUB Kanwil Kemenang Provinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021)

Kakankemenag Raih Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA dari Walikota Padang Panjang

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang hadiri Launching Inovasi dan Pemanfaatan Data Kependudukan program Disdukcapil Kota Padang Panjang yang dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran sekaligus menerima Piagam Penghargaan Inovasi SELALU SAMAWA bersama seluruh jajaran Forkopimda di di Hall Lantai III Balaikota Padang Panjang, Kamis (17/06/2021)
- Advertisement -

SPRI Siap Kembalikan Kejayaan Pariwisata Indonesia Lewat Industri Perhotelan

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini dampaknya terasa di berbagai sektor perekonomian. Seperti industri pariwisata, angka kunjungan wisata yang merosot tajam sangat mempengaruhi penghidupan para pelakunya, terutama bagi masyarakat kecil yang ikut membangun usaha dari sektor tersebut. Kondisi ini jadi bahasan utama bagi Sales Pejuang Revenue Indonesia (SPRI) saat menggelar Halal Bihalal pada Jumat, 11 Juni 2021 di Ballroom Hotel Aryaduta - Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat.

MAN 1 Padang Panjang Terima Pendidikan Kependudukan dari BKKBN Propinsi Sumatera Barat

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Tenaga Pendidik MAN 1 Kota Padangpanjang mengikuti kegiatan Sosialisasi Pembentukan Pelaksanaan Pendidikan Kependudukan ( Satuan Pendidikan Formal Melalui Sekolah Siaga Kependudukan). Kegiatan ini terlaksana setelah diadakannya komunikasi antara Pihak Madrasah melalui Pembina Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) yang dilanjutkan kepada Julpiadi Hutabarat, S.Ag.,M.S.I selaku Kepala MAN 1 Kota Padang Panjang melalui Wakil Bidang Kesiswaan Lainah, S.Ag., M.Pd.I dengan Dinas Sosial PPKBP3A Kota Padang Panjang yang diteruskan ke BKKN Propinsi Sumatera Barat, Selasa (15/06/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...

Tanpa Kantongi Izin, Wako Erman Safar agar Pertimbangkan Pengoperasian RSUD Bukittinggi

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintahan Kota Bukittinggi di bawah kepemimpinan wali kota dan wakil wali kota, Erman Safar - Marfendi, agaknya perlu untuk mengkaji kembali...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

Melahirkan Kepercayaan Masyarakat Untuk di Vaksinasi

Untuk lahirkan Kepercayaan Masyarakat Pada Vaksin Covid-19 pemerintah perlu lebih transparan soal vaksin Covid-19, terutama pada aspek keamanan dan biaya.

Ribuan Guru Di Payakumbuh Telah Ikuti Rapid Tes

Payakumbuh, beritasumbar.com - Ribuan guru di Kota Payakumbuh mengikuti rapid tes antibodi untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disease 2019 (Covid-19) di sekolah. "Sekarang proses belajar...

Payakumbuh Minta Guru Beri Contoh Pada Siswa Dalam Mematuhi Protokol Kesehatan

Payakumbuh, beritasumbar.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal memaparkan perihal pembelajaran tatap muka yang telah dilaksanakan, beberapa catatan atau evaluasi yang didapatkan oleh tim gugus...

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...

Menkes: Bantu para Tenaga Medis dengan Patuhi Protokol Kesehatan

Upaya keras pemerintah dalam menghadapi dan menangani pandemi Covid-19 di sisi hilir tidak akan lengkap bila tanpa dibarengi dengan upaya di sisi hulu atau pencegahan. Maka itu, kesadaran seluruh pihak untuk melakukan upaya proaktif mencegah penyebaran Covid-19 amat diharapkan.

Dinkes Payakumbuh Kirim Data Petugas Kesehatan Yang Akan Divaksin

Payakumbuh, beritasumbar.com -Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat telah mengirimkan nama-nama petugas kesehatan ke pemerintah pusat untuk nantinya dilakukan vaksin COVID-19. "Seluruh petugas...

Pasien Positif COVID-19 di Payakumbuh Hari ini Bertambah Delapan Orang

Payakumbuh, BeritaSumbar.com - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh mencatatkan ada penambahan delapan kasus positif COVID-19 baru di daerah itu pada Rabu (2/12). Penambahan kasus tersebut...
- Advertisement -