25.8 C
Padang
Saturday, October 24, 2020

Manasik Lebih Awal, Wujudkan Haji Mandiri

Kantor Kementerian Agama bersama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Payakumbuh, melakukan manasik haji lebih awal. Walikota Payakumbuh diwakili Asisten II Drs. Amriul Dt. Karaiang, menyambutnya dengan baik. Lebih awal melakukan manasik, akan memberikan dampak positif kepada calon jemaah haji (CJH), agar lebih mandiri menjalankan ibadah haji tersebut.

Saat membuka pelaksanaan manasik di aula Serbaguna Kantor Kementerian Agama di Jalan Pahlawan Payakumbuh, Kamis (30/1), Asisten II Amriul berharap, agar kegiatan tersebut benar-benar mampu memberikan gambaran kepada CJH dalam  pelaksanaan ibadah. Seyogianya, para peserta dibawa ke dalam suasana seperti di Tanah Suci Mekah dan Madinah. Faktor lainnya, kondisi alam dan suhu udara di Tanah Suci, harus dicermati dan dijelaskan detail kepada peserta.

Pembukaan manasik haji tersebut dihadiri, Kepala Kantor Kementerian  Agama Kota Payakumbuh Drs. H. Salman K, MM, Ketua Majelis Ulama Indonesia  Payakumbuh H. Mismardi, Ketua IPHI H. Rudi Noviardi, serta perwakilan dari Dinas Kesehatan dan perwakilan Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH).

Dalam laporannya Kakan Kemenag, Salman, mengatakan, musim haji tahun 2014,  Payakumbuh mendapat kuota  223 orang. Jumlah tersebut  berkurang 17 orang dibanding musim haji 2013 yang berjumah 240 orang. Penurunan itu, disebabkan kuota nasional juga mengalami hal yang sama, yang dilakukan oleh pemerintahan Saudi Arabia.

Pelaksanaan manasik, selain terpadu di Kantor Kementerian Agama, juga diadakan pada Kantor Uruasan Agama kecamatan. Menurut rencana, kegiatan itu akan dimulai 13 Februari mendatang.

Baik Walikota dan kakan kemenag, sama-sama mengajak seluruh CJH, mengulang atau berlatih sendiri prosesi ibadah haji itu dirumah masing-masing. Latihan yang lebih intensif, akan mempercepat dan mempermudah CJH dalam pelaksanaan ibadah tersebut. Selain itu, perbanyak komunikasi dengan saudara atau sahabat yang telah kembali menjalankan ibadah haji. “Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) kota ini, juga akan siap membantu CJH, katanya.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Kolaborasi Noka dan ALKO Berdayakan Petani Kerinci di Tengah Pandemi

Kedai kopi asal Bandung, Noka Coffee, meluncurkan outlet kedua mereka di kota Padang, Sumatera Barat Sabtu 9 Oktober 2020. Sebagai brand yang...

Kamis, 18 Warga Payakumbuh Positif Corona

Payakumbuh, - Kasus positif covid-19, di Kota Payakumbuh terus membumbung. Kamis (22/10) ini, terjadi kenaikan positif virus corona disease sebanyak 18 orang....

Pacu Itiak, Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia, Simak Sejarahnya

Payakumbuh --- Pacu Itiak atau yang biasa dikenal sebagai Pacu Terbang Itiak merupakan salah satu permainan anak nagari di Kota Payakumbuh telah...

Sempat Bersitegang Dengan Pendemo,DPRD Tanah Datar Terima Aspirasi Mahasiswa

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Aliansi Mahasiswa seluruh Tanah Datar sempat bersitegang dengan aparat kepolisian saat melakukan demo di kantor DPRD Tanah Datar,Rabu 21/10/2020.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -