26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KP-RI BERINGIN PAYAKUMBUH TIMUR BERUNTUNG RP.124 JUTA
K

Kategori -
- Advertisement -

Meski dengan jumlah anggota yang terbatas, tak lebih dari 100 orang, Koperasi Pegawai Negeri (KP-RI) Beringin Kecamatan Payakumbuh Timur, per 31 Desember 2013, sudah punya modal usaha Rp.1.310.004.355. Sepanjang 2013, koperasi milik Pegawai kecamatan dan Pegawai kelurahan ini, beroleh SHU (sisa hasil usaha) Rp124.404.890.

Ketua KP-RI Beringin, Faisal Mustafa, menginformasikan, Jum’at (31/1), neraca keuangan koperasi yang dipimpinnya itu, telah disepakati oleh seluruh anggota dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT), yang berlangsung di aula Kantor Kecamatan setempat, Kamis (30/1). Jumlah SHU tersebut, disebutnya, mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya, sebesar Rp10.875.135 (8,04%). Karena, ada sebagian anggota yang keluar, dengan alasan telah pensiun.

Kemampuan KP-RI Beringin memberikan pinjaman saat ini, menurut Faisal, telah mencapai Rp. 50 juta setiap bulan. Bunga yang diberikan tidak besar, hanya 1% per bulan, dengan maksimal pengembalian 4 tahun atau 48 bulan. Pengurus menyadari, dengan masa pengembalian panjang, akan meringankan beban anggota dalam membayar kewajiban pinjamannya.

Saat  berlangsungnya rapat anggota tahunan, disebut Faisal, dihadiri Perwakilan PKP-RI Kota Payakumbuh,  Julfiter,SE,MM, Kabid Koperasi Dinas Koperindag, Isman, S.Sos,  perwakilan Dekopinda diwakili Bonita dan Sekcam Payakumbuh Timur, Keprinaldi, S.Sos.

Sepanjang 2014, KP-RI akan melanjutkan kerjasama dengan lembaga keuangan lainnya, dalam menggemukan modal usaha, sehingga KP-RI mampu menambah usaha simpan pinjam, berupa  pinjaman reguler, pinjaman insidentil. Sedangkan, bidang sosial akan meningkatkan pemberian  THR dan beasiswa bagi akan anggota yang berprestasi di sekolah. Bagi anggota yang pensiun, juga akan diberikan bingkisan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img