31.4 C
Padang
Tuesday, October 20, 2020

Mahyeldi: Dilarang Parkir di Bypass Lubeg – Teluk Bayur

Padang – Jalur dua Bypass terus dikebut pengerjaannya. Di jalur Bypass dari arah Lubuak Bagaluang hingga Teluk Bayur, betonisasi jalan sudah dilakukan. Badan jalan sebelah kanan kini sedang dalam pengerjaan betonisasi tersebut.

Padatnya arus lalu lintas di jalur ini membuat sering terjadi kemacetan panjang. Apalagi jalur dari dan menuju pelabuhan Teluk Bayur ini pada umumnya dilalui kendaraan berbadan besar seperti truk maupun tronton. Sayangnya, kesadaran pemilik kendaraan di sini cukup rendah. Banyak yang memarkir kendaraannya di sisi jalan tanpa menghiraukan kendaraan lain.

Akibatnya macet berkepanjangan tak terelakkan. Truk dan kendaraan lain seenaknya parkir di pinggir jalan, sehingga pengguna jalan lain yang akan lewat menjadi tersendat.

Pantauan di lapangan, pekan kemarin, truk berbadan besar parkir di sisi kiri dan kanan jalan. Di sisi jalan yang belum dibetonisasi, sejumlah kendaraan mesti berjalan pelan karena banyaknya lubang besar dan tergenang air. Sesekali jalur ini ‘crowdid’ dikarenakan truk yang parkir di pinggir jalan sehingga jalan jadi tersumbat.

“Acok macet di siko, truk banyak parkir di tapi jalan (sering macet di sini, truk banyak parkir di pinggir jalan),” ujar Apid, warga Pauh yang hampir setiap hari melewati jalan itu.

Kondisi ini direspon Pemerintah Kota Padang. Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo bertegas-tegas melarang kendaraan jenis apapun parkir di sepanjang jalan Bypass Lubeg-Teluk Bayur.

“Jalan Bypass ini ndak boleh untuk parkir, karena sepanjang jalan ini bukan tempat parkir,” katanya, kemarin.

Walikota menugaskan Dinas Perhubungan agar bergerak cepat merapikan jalan tersebut. Terutama menindaktegas truk maupun kendaraan lain yang parkir di jalan Bypass Lubeg-Teluk Bayur.

Sikap tegas Pemko Padang mendapat tanggapan positif dari warga dan pengguna jalan. Zulfi, pengendara asal Kuranji mendukung penuh upaya Pemko merapikan jalan tersebut dari kendaraan yang parkir sembarangan.

“Benar itu, jalan ini sudah lah rusak, macet pula karena kendaraan parkir seenaknya. Masak untuk ke Teluk Bayur saja bisa makan waktu setengah jam lebih,” ujarnya.

Hal yang sama diutarakan Henky. Lelaki ini berharap ada tindakan tegas dari petugas agar pemilik kendaraan yang parkir jera.

“Penerapan penggembosan ban bagi kendaraan yang asal parkir seperti yang diterapkan di daerah lain mungkin harus kita coba juga di sini,” sebutnya. (Charlie)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Bawaslu Sijunjung Gelar Rakor Pengawasan Partisipatif

Sijunjung, Berita Sumbar--Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung Hustrial Tatul, mohon maaf kepada Kepala OPD dan ASN Ranah Lansek Manih, yang berani main api,...

Perbumma Adat Nusantara Kupas Prospek dan Solusi Peningkatan Penyediaan Pangan Nusantara

JAKARTA – Hari Pangan Sedunia yang ke XL pada tanggal 16-Oktober 2020, moment yang tepat bagi Perbumma Adat Nusantara dan KUP Suta...

AKP Witrizawati Jabat Kasat Narkoba Polres Padang Panjang

Padang Panjang,- Serahterima Jabatan di jajaran Polres Padang Panjang bergulir. Selasa 20/10 pagi Kapolres Padang Panjang AKBP Apri Wibowo gelar sertijab Kasat...

IKABAGAS Tanjung Pinang Hinbau Calon Dan timses Edukasi Masyarakat Saat Kampanye

Tanjungpinang, beritasumbar.com,- Ikatan Keluarga Batang Gasan (IKABAGAS) di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau meminta agar calon bupati dan wakil bupati Padang Pariaman dan...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -