24 C
Padang
Jumat, April 23, 2021
Beritasumbar.com

Mahasiswa Upertis Praktik Disaster di Kantor BPBD Kota Payakumbuh
M

Payakumbuh, BeritaSumbar.com,– Sebanyak 14 orang Mahasiswa program studi Ners Universitas Perintis (Upertis), yang sebelumnya bernama STIKes Perintis, melaksanakan praktik Keperawatan Disaster di halaman kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh, Rabu (5/8) hingga Sabtu (8/8).
“Keperawatan Disaster mempelajari tentang manajemen kebencanaan dan kegawatdaruratan bencana alam. Keperawatan Disaster salah satu mata kuliah di Upertis. Praktik lapangan mahasiswa diarahkan ke BPBD yang fokus terhadap penangulangan bencana,” kata Ns.Aldo Yuliano, S.Kep saat penyerahan mahasiswa di kantor BPBD, (5/8).
Sementara itu, Ns.Maidaliza, M.Kep yang juga dosen pembimbing saat penutupan praktik lapangan, Sabtu (8/8) mengatakan, “praktik Keperawatan Disaster profesi Ners ini, waktunya sangat terbatas. Sebetulnya dijadwalkan 2 minggu. Berhubung pandemi Covid-19, maka diselenggarakan 1 minggu secara daring, dan 1 minggu di lapangan.”

Masih dalam kesempatan yang sama, melalui kata sambutan, Ir.Yufnani Away, MM selaku Kalaksa BPBD Kota Payakumbuh didampingi, Jasrial, Sp.T, Kabid Kedaruratan dan Logistik, serta Ade Chandra, SKM.,M.Kes, Kasubag Perencanaan mengungkapkan, “kita sangat senang dan memberi apresiasi pada Upertis yang telah memasukan mata kuliah tentang disaster ini sebagai materi pembelajaran,” katanya.
Masih menurut Yufnani Away bahwa, “jurusan kuliah yang fokus tentang kebencanaan ini, untuk level sarjana belum ada di Indonesia. Untuk itu, kita sangat mengapresiasi Upertis telah memulainya. Meski sepenuhnya belum berbentuk jurusan, tapi masih bagian dari materi jurusan Keperawatan. Yang penting sudah ada kampus yang memulai,” imbuhnya.
Terpantau, setelah menyampaikan kata sambutan, Kalaksa BPBD beserta jajaran, dihadiri juga perwakilan Kelompok Siaga Bencana (KSB) se- Kota Payakumbuh ikut berbagi pengalaman dan berdiskusi terkait penanganan bencana non alam Covid-19, dengan segenap mahasiswa Upertis di bawah tenda terbuka, di halaman kantor BPBD yang terletak di Bukik Sibaluik, bekas Kantor Balai Kota Payakumbuh.
Adapun materi yang didiskusikan adalah tentang Covid-19, dan tatanan kehidupan baru di masa pandemi, serta tentang cara penanganan dan evakuasi penderita patah tulang saat bencana alam. Diskusi terlihat hangat, anggota KSB pun tampak antusias mengikuti diskusi, serta memberi pertanyaan.
Dalam kesempatan yang sama, Susi Susanti mahasiswa Upertis, bertindak sebagai moderator dan mengatur jalannya diskusi, diakhir sesi mewakili almamaternya, ia menyampaikan rasa kagumnya. “Kami mahasiswa Upertis sangat terkesan dengan penerimaan BPBD Kota Payakumbuh. Telah menerima dan memfasilitasi kami dengan sangat baik, serta mau hadir berdiskusi dan berbagi pengalaman selama menjalani praktik,” tutupnya.(*)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Ustadz Irsyad Safar Serahkan Bantuan Pemprov Sumbar Untuk Masjid Baitussalam

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,-Wakil Ketua DPRD Sumbar Ustadz Irsyad Syafar gelar safari Ramadan ke Masjid Baitussalam, Kelurahan Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sabtu malam (17/4).
- Advertisement -

Pengurus Karang Taruna Se-Kota Padang Panjang Sepakat Laksanakan Pesantren Leadership Ramadhan

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,- Permasalahan sosial yang muncul di tengah masyarakat tidak dapat dipungkiri salah satunya juga disebabkan karena pemuda itu sendiri. Masih banyaknya pemuda yang tidak bisa menentukan arah masa depannya secara jelas, terkadang membuat mereka mengambil jalan pintas yang berujung pada tindakan kriminal, seperti mengonsumsi Narkoba dan prilaku yang mengganggu ketertiban umum lainnya.

Untuk Tingkatkan Pelayanan, RSUD Sijunjung Tampung Kritik Dan Saran Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Pada usia yang relatif muda keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sijunjung memerlukan perbaikan dan peningkatan dari semua sisi,  guna memberikan...
- Advertisement -

AM Kuncoro Rilis ‘Kau Dewiku’, Lagu Kontemplasi untuk Bersyukur

Eksistensi AM. Kuncoro punya magnet tersendiri bagi industri musik Indonesia. Penyanyi asal Kota Yogyakarta tersebut hadir menyajikan karya-karya lagu anti mainstream, mengikuti idealisme bermusiknya sendiri tanpa terimbas trend musik yang ada, seperti pada lagu Kau Dewiku yang dirilis di channel YouTube Prima Founder TV dan diputar serentak di 78 stasiun radio se-Indonesia pada Selasa, 20 April 2021.

Chairul Anwar Kunjungi Balai Wartawan Luak Limopuluah

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Pilkada Kota Payakumbuh tidak jadi dihelat tahun depan. Pilkada Serentak baru akan digelar tahun 2024 mendatang. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat para kandidat yang ingin maju di pilkada Kota Payakumbuh mendatang untuk sosialisasi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

DEMA STAIDA Payakumbuh Gelar Aksi Sosial-Edukasi Dengan Anak Yatim

Payakumbuh, beritasumbar.com - DEMA STAIDA Payakumbuh atau yang dulu dikenal dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) langsungkan kegiatan Daurah Tahfizh Juz 30 di Panti Asuhan Muhammadiyah...

Lewat Safari Ramadhan, Padang Pariaman Jalin Silaturrami-Sosialisasikan Program Pemerintah Ke Masyarakat

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Tim Safari Ramadhan Pemkab Padang Pariaman pada Rabu, (21/4) serentak berakhir melakukan kunjungan ke masjid atau musholla untuk melaksanakan Qiamuramadhan selama...

Hindari Dampak Lingkungan Saat Kelola SDA, Pemkab Sijunjung Buat KLHS

Sijunjung, beritasumbar.com - Kabupaten Sijunjung memiliki kekayaan Sumber Daya Alam yang banyak, seperti Batubara, Batu Kapur, Batu Mangan, Batu Marmar, Batu Granik, Emas dan...

Dokter Bek : Pasien Covid-19 Meninggal Kemarin, Hasil Swab Baru Keluar Hari Ini

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh kembali mengumumkan adanya satu orang pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia. BM, laki-laki (67), warga Padang Tangah Payobadar yang sebelumnya sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit dengan gejala demam, batuk serta lemah anggota gerak dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19.

Walikota dan Kapolres komit Atas Keputusan Pemerintah Menghadapi pengamanan Idul Fitri 1442 H

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Berdasarkan surat telegram Kapolda Sumbar nomor : STR/1235/VI/OPS.1.1/2021 tanggal 20 April 2021, Polres Payakumbuh menerima undangan zoom meeting Rakor lintas sektoral Ops Ketupat SGL 2021.

Luak Limopuluah-Kampar : Riza Falepi, Adat Salimbago Nan Badunsanak

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Luhak Limopuluah dan Kampar adalah "badunsanak, tali indak buliah putuh, dahan indak buliah sakah". Mengingat pertalian budaya Minangkabau yang telah berkurun panjang masanya melintas batas administrasi pemerintahan sekarang maka perlu dirajut selalu dan dilestarikan.

Pemko Gelar Rakor Penanganan Covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 09 tahun 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro dan pengoptimalan posko penanganan Covid-19 dan terjadinya peningkatan kasus covid-19 gelombang ketiga di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Camat dan Lurah se Kota Payakumbuh.

Pelatihan Rendang Go Digital Oleh Pertamina, Peserta Diberi Materi “Dagiangnyo Bana”

ayakumbuh,BeritaSumbar.com,- 40 orang pengusaha Randang telah mengikuti pelatihan UMKM Rendang Go Digital dalam Rangka Workshop Re-Branding Product Berbasis E-Commerce dilaksanakan oleh BUMN Pertamina bekerja sama dengan Pemerintah Kota Payakumbuh selama dua hari, bahkan mereka mendapat bantuan tabung LPG Bright Gas ukuran 5 Kg.

Asyik Mabuk Lem Konsumsi Miras, 5 Remaja Diamankan Pol PP

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di bulan suci ramadhan yang suci dan penuh berkah, Pemerintah Kota Payakumbuh terus membuktikan komitmen untuk menciptakan rasa aman dan nyaman, serta bebas dari segala bentuk maksiat dan penyakit masyarakat.

Hadiri Vaksinasi Kedua, Wawako Erwin Yunaz Ajak Warga Selalu Patuhi Prokes

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Setelah dilaksanakan vaksinasi covid-19 pertama pada tanggal 23 Maret 2021 yang langsung disaksikan oleh walikota Riza Falepi, tepat pada hari Selasa (20/4/2021) kembali dilaksanakan proses vaksinasi kedua yang bertempat di gedung Himpunan Bersatu Teguh (HBT), kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat.
- Advertisement -