26 C
Padang
Sabtu, Februari 27, 2021
Beritasumbar.com

Mahasiswa Minta Pembakar Minta Pembakar Lahan dan Hutan Dihukum Mati
M

Kategori -

Meulaboh – Puluhan mahasiswa di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh melakukan aksi unjuk rasa mendesak pemerintah menjatuhi hukuman setimpal yakni hukuman mati kepada pelaku yang sengaja membakar lahan dan hutan.

“Kami mendesak pemerintah Jokowi-JK mengusut tuntas dan memberi hukuman mati bila itu setimpal kepada pelaku yang sengaja membakar lahan dan hutan, terutama adalah di wilayah Sumatera yang sudah berimbas asapnya ke Aceh,”kata Orator aksi Deni Setiawan di Meulaboh, Kamis.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Teuku Umar (FISIP-UTU) Meulaboh ini mendesak pemerintah pusat segera menyelesaikan permasalahan asap yang belum tuntas itu sehingga tidak meluas dan melemahkan negara karena meminta bantuan Negara Asing.

Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Fisip Untuk Asap (GEMPA) ini mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur dari jabatannya apabila persoalan asap tidak mampu ditangani, apalagi sampai adanya korban jiwa.

Kalangan mahasiswa juga meminta pemerintah merevisi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup, karena akar permasalahan juga berawal dari sana, apalagi kebijakan itu tidak realistis.

“Bila Presiden tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik maka lebih baik mundur, rakyat sudah sangat menderita dengan asap yang berkepanjangan, tapi hari ini pemerintah belum mampu menyelesaikannya,”tambah Koordinator aksi Zulkarnaini.

Beberapa orang mahasiswa melakukan aksi teatrikal “menderika akibat kabut asap tebal”, sambil merayap dan menjerit histeris di persimpangan pelor Meulaboh, aksi mahasiswa ini dikawal aparat kepolisian setempat.

Lebih lanjut dikatakan, persoalan asap saat ini bukan lagi permasalahan nasional tapi imbasnya sudah dirasakan negara-negara tetangga, dampak dari kejadian ini akan mempengaruhi hubungan kerjasama maupun kebijakan politik.

Karena itu persoalan asap ini menurut mahasiswa harus segera teratasi, jangan dibiarkan berlarut dan semua pelaku pengrusakan lingkungan harus dihukum seberat-beratnya karena sudah berdampak buruk bagi kesehatan rakyat Indonesia.

“Perusahaan asing yang memang terbukti melakukan pembakaran harus diusut dan dicabut Hak Guna Usaha (HGU) sehingga ini menjadi pelajaran bagi perusahaan atau orang lain tidak lagi melakukan kejahatan demikian,”katanya menambahkan. (Ant/Oleh Anwar)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Teken Fakta Integritas, ASN Lapas Sijunjung Komit Bebas Korupsi , Bersih, dan Melayani

Sijunjung, beritasumbar.com - ASN Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Muaro Sijunjung menggelar deklarasi janji kinerja dan pencanangan pembangunan zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK)...
- Advertisement -

Chris Noel Peraih Rekor MURI Direkrut Indonesia Records

Chris Noel, remaja kelahiran Jakarta 26 Januari 2006 tak sekadar memiliki wajah yang tampan

Musda LPPKI DPW Sumbar Dibuka Langsung Ketum LPPKI Azwar Siri.SH

Lembaga Perlindungan dan Pemberdayaan Konsumen Indonesia (LPPKI) Dewan Pimpinan Wilayah Sumbar menyelenggarakan Musayawarah Daerah (Musda). di Meeting Room Kave Uj By Pas Kota Padang. Sabtu kemaren.
- Advertisement -

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Dilantik Jadi Wako dan Wawako Bukittinggi, Erman Safar – Marfendi Minta Doa Masyarakat

Padang, beritasumbar.com -- Hari ini, Bukittinggi telah resmi memiliki wali kota dan wakil wali kota baru. Dilantik langsung Gubernur Sumbar, Erman Safar - Marfendi...

Presiden Jokowi Lantik Mahyeldi-Audi bersama Dua Gubernur dan Wagub lainnya, Masa Bakti Hingga 2024

Jakarta, beritasumbar.com - Presiden Joko Widodo melantik tiga pasang gubernur dan wakil gubernur terpilih pada Kamis, (25/2), dimana pelantikan tersebut berlangsung di Istana Negara,...

Dirujuk ke RS M Djamil, Pasien Lutut Besar Dibezuk Danlantamal Padang

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Bintang Herlambang (18), pasien lutut membesar sebesar bola kaki karena kanker stadium 4, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil Padang...

BNPT Angkat Novel ‘Si Doel Anak Jakarta’ Versi Original Jadi Webseries untuk Media Pendidikan Toleransi

Novel Si Doel Anak Jakarta versi original yang ditulis oleh Aman Datuk Madjoindo yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1932 akan dijadikan webseries oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pesan webseries tersebut lebih menitikberatkan pada kesalehan, jiwa sosial, dan toleransi anak-anak Betawi.

Lutut Membesar Sebesar Bola Kaki, Ini Penyebabnya

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Miris, rupanya lutut membesar sebesar bola kaki dialami Bintang Herlambang (18), yang kini tengah dirawat di Rumah Sakit Yarsi Bukittinggi, karena...

Kecelakaan di Pendakian Kodok Palupuh, 20 Penumpang Nyaris Tewas

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Sebanyak 20 penumpang bus PO Family BA 7983 DU nyaris tewas, setelah bus hilang kendali di Simpang Pendakian Kodok, Jorong Batang...

Terlambat Laporkan SPT Tahunan, Wismar: Tak Berpenghasilan Tetap Didenda

Bukittinggi, beritasumbar.com - KPP Pratama Bukittinggi mengimbau masyarakat wajib pajak pribadi atau badan, meski tak berpenghasilan diwajibkan melaporkan SPT tahunan 2020 sebelum jatuh tempo,...

KH. T. ZULFIKAR ; Penyertaan BUMA Pasca Berakhirnya Kontrak Chevron Jadi Momentum Kebangkitan Riau

Akan segera berakhirnya kontak migas Chevron di blok rokan Provinsi Riau pada bulan Agustus 2021 nanti tengah menjadi atensi yang tinggi dari masyarakat Riau, bahwasanya dengan berakhirnya kontrak migas Chevron di blok rokan Riau merupakan sebuah momentum bagi masyarakat Riau untuk dapat bangkit melalui imbal hasil dari sumber daya alam yang besar sehingga mampu menjadi Provinsi yang lebih maju

Jadi Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto Dukung Penuh Program Presisi Kapolri

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menunjuk Komjen Pol Agus Andrianto menjabat Kabareskrim Polri. Sebelumnya, Agus menjabat Kabaharkam Polri.

Boy Rafli Pakai Kostum Adat Minang Saat Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Acara Salam Indonesia Harmoni

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan nasional terhadap ancaman radikal terorisme...
- Advertisement -