25 C
Padang
Senin, Januari 25, 2021
Beritasumbar.com

Lomba Cipta Puisi Payakumbuh Poetry Festival 2020
L

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Komunitas Tanah Rawa yang merupakan tempat berhimpun penulis dan pegiat sastra di Payakumbuh mengadakan Lomba Cipta Puisi Payakumbuh Poetry Festival (PPF) 2020. Lomba skala nasional ini berlaku untuk umum.

Ketua Panitia Lomba Cipta Puisi PPF 2020, Ilham Yusardi menjelaskan, lomba yang baru pertama digelar ini bertema “Tentang Payakumbuh”

“Tema umumnya Tentang Payakumbuh. Penulis puisi dapat menulis tentang sejarah, seni budaya, wisata, kuliner, atau lainnya, sepanjang mengungapkan sesuatu hal tentang Payakumbuh. Tentu karya yang diterima tidak memuat yang bersifat Sara,” ujar Ilham.

Dijelaskannya, peserta hanya boleh mengirimkan 1 judul puisi. Puisi yang dikirim belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang diikutsertakan pada perlombaan lain. Format penulisan puisi font Times New Roman 12, spasi 1,5. Nama penulis tidak ditulis pada karya. Biodata ringkas (nama, alamat, dan nomor kontak) penulis dibuat pada lembar terpisah.

“Hadiah untuk juara satu sebesar Rp. 3 juta, juara dua Rp. 2 Juta, dan, juara tiga Rp. 1 juta. Kami juga bermaksud puisi-puisi terbaik yang masuk akan dibukukan,” urai Ilham.

Karya di kirim dalam format PDF, disertai foto identitas diri (KTP/Kartu Pelajar) ke email: payakumbuh.poetryfestival@gmail.com. Batas waktu pengiriman karya tanggal 22 Desember 2020.Pengumuman pemenang tanggal 30 Desember 2020. Dewan juri kegiatan ini terdiri dari sastraswan nasional asal Sumatera Barat.

“Lomba cipta puisi ini adalah bentuk kecintaan anggota Komunitas Tanah Rawa ke pada Kota Payakumbuh yang pada bulan Desember ini merayakan Hari Jadi ke-50,” tukuk Ilham lagi.

Ilham menyebutkan dalam Komunitas Sastra Tanah Rawa, berhimpun sejumlah penulis dan pegiat sastra seperti, Iyut Fitra, Adri Sandra, Irman Syah, Oldie Putra, Feni Efendi, Yudilfan Habib, Okta Piliang, Ijot Goblin, Putra Blinken, Dallu Awartha , Dellorie Ahada, Okto Muharman, Laura Tifani, Thendra BP, Syukra Kaka, Ubai Dillah Al Anshori, Harnina dan banyak lagi.

“Mereka inilah yang menggagas kegiatan ini. Dengan cara ini kami ingin semua orang menuliskan segala pengalaman atau ingatannya tentang daerah ini. Tentunya melalui puisi.” Kata Ilham Yusardi.(rel)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pemko Payakumbuh Ikuti Meeting Zoom Dengan Kemendagri

Menindaklanjuti Surat Edaran Mendagri Nomor 903/145/SJ TGL 12 Januari 2021 tentang percepatan pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021 dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah, Pemerintah Kota Payakumbuh mengikuti kegiatan Webbinar yang digelar melalui via zoom meeting, Rabu(20/1).
- Advertisement -

Segera ! Kota Payakumbuh Akan Miliki Cagar Budaya Yang Terlindungi Undang-Undang

Guna menjaga dan terlindungi ya cagar budaya kota Payakumbuh kedepannya, Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh laksanakan Focus Group Discussion (FGD) tentang proses penetapan cagar budaya kota Payakumbuh serta sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya.

Tidak Terima Aliran Listrik Diputus Sepihak, Warga Datangi PLN UPP Lintau

Tanah Datar, beritasumbar.com Dugaan pemutusan sementara secara sepihak oleh pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) unit pelayanan pelanggan Lintau terhadap satu unit rumah miliki SE (65)...
- Advertisement -

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

Erwin Yunaz Kunjungi SMKN 1 Payakumbuh

Lakukan kunjungan ke SMKN (Sekolah Menengah Kejuruan Negeri) 1 Payakumbuh, Wakil Walikota Erwin Yunaz disambut langsung oleh kepala sekolah SMKN 1 Yunita Rosanti di ruang kerja bersama beberapa orang guru, Senin (18/1/2021).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Erwin Yunaz Hadiri Pelantikan Pengurus Hipmi 3 Daerah

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz hadir dalam hari yang teristimewa bagi organisasi Himpinan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) 3 daerah di Sumbar. Yakni Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, dan Kota Sawahlunto.

Pemko Payakumbuh Ubah Kebijakan Terkait Sekolah Tatap Muka

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pendidikan mengeluarkan kebijakan baru dengan telah menerbitkan surat pemberitahuan Nomor 421.2/55/Dikdas/PYK/2021 tanggal 22 Januari 2021. Hal ini merupakan tindak lanjut hasil rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh pada 20 Januari 2021 lalu,

Irsyad Syafar Lantik 5 Kepengurusan PKS Payakumbuh Tingkat Kecamatan

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Payakumbuh gelar Musyawarah Cabang (Muscab) secara serentak se-Kota Payakumbuh di Aula Hotel Flamboyan, Kota Payakumbuh, Minggu (24/1).

Buya Desembri Dukung Program Kurban Randang ASN Pemko Payakumbuh

Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat"

Kadis Kominfo Payakumbuh Positif Covid-19 Bersama 15 Orang Lainnya

Di akhir pekan ini, Sabtu (23/1), Kota Payakumbuh kembali mengumumkan penambahan kasus Positif Covid-19. Sebanyak 16 orang dikonfirmasi terpapar virus corona. Diantaranya adalah satu pejabat di pemerintah daerah setempat, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Payakumbuh.

PDAM Payakumbuh Buka Loket Pembayaran Air Di MPP

Kabar gembira bagi warga Payakumbuh, dalam rangka meningkatkan pelayanan bagi masyarakat pelanggan, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Sago Payakumbuh telah melaunching payment point (loket pembayaran-red) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Balai Kota Payakumbuh.

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Sekolah TK dan Paud Dimasa Pandemi, Ini Komentar Bunda Paud Payakumbuh

Guna memutus mata rantai penyebaran wabah Covid 19 dan aktifitas masyarakat bisa berjalan, Pemerintah telah membolehkan masyarakat beraktifitas dengan ketentuan tetap menjalani protokol kesehatan.

Dalam Prokes Sekdako Payakumbuh Ke Sekolah, Kunjungi Siswa Dari Keluarga Tak Mampu

Dalam sidak protokol kesehatan ke berapa sekolah yang dilakukan Sekretaris Daerah Rida Ananda, Rabu (20/1), terungkap laporan dari Kepala SMPN 4 Payakumbuh Mardiyus kalau ada siswanya yang tinggal di rumah tidak layak huni, memperihatinkan, sehingga Sekda tersentuh dan ingin melihat langsung kondisinya.

Antisipasi Penyebaran Covid-19 Pemko Payakumbuh Sidak Sekolah

Tingginya kasus positif covid-19 dilingkungan pendidikan beberapa hari terakhir ini, membuat Pemerintah Kota Payakumbuh mengambil langkah cepat dengan melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) untuk melihat keadaan sekolah dalam penerapan protokol kesehatan.
- Advertisement -