28.9 C
Padang
Monday, October 26, 2020

Limapuluh Kota Tampilkan Kesenian Daerah Saat TDS

Sarilamak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) manampilkan beberapa kesenian trasional daerah itu saat pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Limapuluh Kota Novyan Burano di Sarilamak Sabtu diantara kesenian yang akan ditampilkan itu seperti tari-tarian, talempong, dan pacu itik.

“Para pembalap dan tamu akan disuguhi kesenian tradisional pada saat pelaksanaan kegiatan tersebut,” kata dia.

Ia mengatakan, penampilan kesenian tradisional tersebut untuk mempromosikannya kepada dunia bahwa Limapuluh Kota memiliki banyak kesenian tradisional, sekaligus untuk menarik wisatawan agar berkunjung ke daerah itu.

Selain itu, juga ditampilkan pacu itik, dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu permainan anak nagari di daerah tersebut.

“Pacu itik tersebut adalah iconnya Kabupaten Limapuluh Kota, dimana permainan itu satu-satunya di dunia,” kata dia.

Ia mengatakan, Limapuluh Kota akan menjadi salah satu tuan rumah lokasi start etape V pada event internasional balap sepeda tahun ini, daerah tersebut menjadi titik start. Dimana pada etape itu dimulai dari Lembah Harau dan finish di Ngalau Indah Kota Payakumbuh.

Menurut dia, TdS itu sangat positif diselenggarakan setiap tahunnya, karena melalui ajang itu banyak manfaat yang diperoleh, di samping akan menggenjot perekonomian masyarakat juga sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata Padang Panjang kepada masyarakat Internasional.

Salah seorang masyarakat Limapuluh kota fadhil berharap dengan banyaknya kesenian tradisional yang ditampilkan pada kegiatan tersebut hendaknya mempu memperkenalkan daerah itu ke tingkat internasional.

Menurutnya, momen tersebut sangat tepat untuk dimanfaatkan oleh pemerintah setempat untuk mempromosikan daerah. (Ant/Oleh M R Denya Utama & Mardikola Tri Rahmad)

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

BPBD Kota Payakumbuh Serahkan Bantuan Untuk 2 Korban Kebakaran Di Parik Rantang

Payakumbuh — Dua pemilik rumah korban kebakaran hebat di Kelurahan Parik Rantang RT 05 RW 04, pada Minggu (18/10/2020) pagi langsung mendapat...

Ditemukan Tidak Bernyawa Dikawasan Kelok 9, Ini Pernyataan Keluarga Korban

Limapuluh Kota,- Hingga sampai saat berita ini diturunkan aparat Kepolisian dari Polres Limapuluh Kota masih melakukan penyelidikan terkait penyebab pasti ditemukannya seorang...

MTQ Di Tengah Pandemi, 5 Camat Di Payakumbuh Optimis Sukses Dan Saling Bersaing Sehat Raih Juara Umum

Payakumbuh --- Semangat 5 camat dalam mensukseskan MTQ Nasional ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2020 sangat luar biasa. Setelah rapat...

Pimpinan IMM Pariaman dan Padang Pariaman Dilantik

Padang Pariaman,- Acara pelantikan pimpinan baru Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman berlangsung Di Hall Saiyo Sakato Pemda...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -