24 C
Padang
Selasa, November 30, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Lewat APBN dan APBD-P, 75 RTLH Disulap Pemko Payakumbuh
L

Kategori -
- Advertisement -

Sebanyak 75 unit rumah tidak layak huni (RTLH) diberbagai kelurahan pada Kecamatan Payakumbuh Barat, Kecamatan Payakumbuh Timur dan Kecamatan Payakumbuh Selatan, akan disulap pemko untuk dijadikan rumah yang layak huni. Kemensos RI menyediakan dana Rp750 juta, plus dana APBD dan CSR BRI, lebih kurang Rp100 juta.

Kepala keluarga penerima kegiatan rehab RTLH ini, sebelum menempati rumah, diberi sosialisasi oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Payakumbuh, dalam acara di sebuah hotel melati di Labuh Basilang Payakumbuh, Rabu (7/10). Acara ini dihadiri Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar dan Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Idris.

Didepan 75 KK penerima bantuan, Wakil Walikota H. Suwandel Muchtar, mengajak seluruh KK untuk mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT ini. Pemerintah kota, katanya, secara bertahap akan terus membuat program yang menyentuh kepentingan rakyat banyak, termasuk menekan angka kemiskinan di kota ini.

Program rehabilitasi RTLH menjadi rumah layak huni, sejak lima tahun terakhir terus dilakukan pemko. Terakhir, pemko membangun 250 rumah layak huni di Kecamatan Payakumbuh Utara dan Kecamatan Latina. Tahun ini, pemko masih menyisipkan beberapa rumah warga miskin pada kedua kecamatan ini.

Harapan walikota, begitu rumah dimaksud ditempati, agar dipelihara dengan sebaik-baiknya. “Jika ada rezeki lebih, seyogianya rumah dimaksud dikembangkan lebih representatif lagi,” ajaknya.

Keterangan Kepala Dinas Sosial dan Naker, Idris, setiap bangunan rumah RTLH, dibantu Kemensos sebesar Rp10 juta. Kemudian, khusus pembuatan WC dibantu lewat CSR BRI, masing-masing kebagian Rp200 ribu.  Sedangkan, upah  rehabilitasi RTLH disediakan pemko sebesar Rp560.000/rumah. Kondisi rumah tersebut sudah 50% rampung dan diharapkan selesai dalam bulan November.

Harapan wawako, pihak kelurahan bersama LPM setempat, diminta memfasilitasi pembangunan RTLH itu, dengan menggalang bantuan, baik berupa dana maupun material.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img