24 C
Padang
Rabu, Maret 3, 2021
Beritasumbar.com

Lepas Prajurit TNI Ke Papua, Erwin Yunaz : Misi Prajurit Adalah Misi Kami Juga
L

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Wakil Wali Kota Erwin Yunaz melepas sebanyak 450 orang prajurit TNI yang akan menjalankan misi pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini di Jayapura, Papua, Senin (1/2).

Dalam Upacara Pelepasan Satgas Pamtas RI-PNG Sektor Utara Batalyon Infanteri 131/Brajasakti TA 2021 yang digelar di markas Batalyon 131/Brs itu turut hadir
Danyon 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani, Kapolres AKBP Alex Prawira, Kapolres Limapuluh Kota diwakili Wakapolres AKBP Efrizal, Dandim 0306/50 Kota Diwakili Kasdim Mayor Inf. M. Sianturi, Bupati diwali Asisten Setdakab Dedi Permana, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Wendri Chandra, Kepala Bank BRI dan BNI, Kadisparpora Payakumbuh diwakili Kabid Kebudayaan Riswandi, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, serta unsur forkopimda dua daerah.

Danyon Muhammad Erfani menyampaikan upacara ini merupakan tradisi pelepasan satgas. Mereka berpamitan, dimana tanggal 4 akan berangkat ke pelabuhan, pada tanggal 5 dilepas oleh Pangdam, dan pada tanggal 7 mereka memulai pelayaran ke daerah penugasan.

“Kami sampaikan banyak terimakasih karena dalam tahap kesiapan dibantu oleh instansi pemerintahan Kota Payakumbu dan Kabupaten Limapuouh Kota, termasuk instansi lainnya, bantuan itu bermanfaat dalam melaksnakan tugas perdamaian dan keamanan bagi NKRI,” ujarnya.

Muhamad Erfani juga menyampaikan kendati pelepasan satgas ini hanyalah tradisi, namun sesuai falsafah orang timur mengatakan dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Mereka sangat mengapresiasi bantuan sarana dan prasarana yang dititipkan kepada pasukan yang berangkat sebagai tali asih dengan warga Papua.

“Kita memberangkatkan 2/3 pasukan, dan ada 2 kompi yang ditinggalkan. Kepada Forkopimda, kami menitipkan keluarga dan anggota yang ditinggalkan, kalau ada yang bisa dikoordinasikan untuk membantu jangan sungkan-sungkan, meski badan berangkat, hati kami tetap di sini, tak ada putus hubungan kita. Apapun bantuan yang bisa kami berikan kepada Pemda, kita bantu dengan maksimal,” kata Komandan Batalyon menegaskan.

Sementara itu, Wawako Erwin Yunaz menyampaikan dirinya merasa bangga dan bahagia kepada prajurit yang rela meninggallkan semuanya demi negara. Meski berbeda seragam, namun Erwin ingin hadir bersama-sama mengamankan negara, dengan tugas berbeda.

“Kita berikan dukungan sepenuhnya untuk prajurit tercinta, juga doa agar mereka diberi kekuatan dan kesehatan mengamankan negeri yang luas ini, negeri yang memiliki kekayaan tak terhingga, perlu kerja keras mengamankannya, salahsatu tugas Batalyon 131/Brs,” tukuknya.

Erwin juga menambahkan upacara ini adalah upacara kebanggaan bagi semua orang yang ikut mengamankan negara, karena nyawa adalah taruhan bagi bangsa indonesia.

“Kita akan turut mengawal pesan Danyon untuk memberikan support kepada apa yang dititipkan kepada pemerintah, selama prajurit pergi meninggalkan keluarga bertugas di Papua. Selamat jalan prajurit kebanggan kami, semoga lancar menjalankan tugas dan kembali dengan selamat ke Luak Limopuluah lagi. Misi prajurit adalah misi kami juga, meski tidak ikut ke Papua, tapi kami senantiasa merasakan perjuangan prajurit disaat bertugas,” pungkasnya.

Sanggar Seni Pituah Bundo pimpinan Hendri Mamak di bawah binaan Disparpora Kota Payakumbuh turut ikut dalam upacara tersebut melaksanakan prosesi “Mambagikan Kamba Budi”. Menurut informasi dari Hendri Mamak, Syekh Mudo Abdul Qadim Balubuih yang memulai prosesi ini dulu saat melepas anaknya berangkat naik haji, prosesi serupa dilaksanakan juga buat melepas prajurit Batalyon 131/Brs kali ini.

“Kalimat syahadat sebagai penenang hati yang akan berangkat, kalimat awal Asyhaduallaailaahaillallaah ditinggalkan di rumah dan kalimat kedua muhammadarrasuulullaah dibawa pergi. Semoga suatu saat dua kalimat itu kembali lagi,” ungkapnya. (Humas)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Walinagari Serta Perangkat Di Tanah Datar Belum Menerima Gaji Selama Tiga Bulan

Tanah Datar,Beritasumbar.com - Sebanyak 75 orang Walinagari beserta Perangkat pemerintahan nagari di wilayah Kabupaten Tanah Datar belum menerima gaji selama tiga bulan terakhir dari Pemerintah Daerah setempat.
- Advertisement -

Pengecoran Lantai Saluran saat Air Tergenang, Kualitas Coran PT. MRN Dicurigai

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pekerjaan pengecoran saluran drainase di kawasan Aur Tanjungkang Tangah Sawah, Pakan Kurai, Kota Bukittinggi dilakukan di saat air dalam keadaan tergenang....

Ultah Perdana DPC PPWI Tanah Datar Diperingati Sederhana

Tanah Datar, beritasumbar.com - Peringatan ulang tahun ke-1 Organisasi Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) DPC Kabupaten Tanah Datar,diperingati dengan semangat kesederhanaan di Dzee Caffe...
- Advertisement -

Rakor Kepala Daerah se-Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah Dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dalam rangka percepatan pembangunan Sumatera Barat (Sumbar), hari pertama setelah serah terima jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi dan Audy Joinaldi langsung menggelar rapat koordinasi dengan bupati dan walikota se-Sumbar, di Aula Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (26/2/2021).

Chris Noel Peraih Rekor MURI Direkrut Indonesia Records

Chris Noel, remaja kelahiran Jakarta 26 Januari 2006 tak sekadar memiliki wajah yang tampan
- Advertisement -

Tulisan Terkait

90 vial Vaksin Tahap II Tiba di Kota Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Dengan pengawalan ketatat anggota Satuan Brimobda Sumbar Yon B Pelopor Padang Panjang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Payakumbuh kembali menerima 90 vial vaksin Covid-19 untuk tahap II dan langsung disimpan di Gudang Instalasi Farmasi Dinkes Kelurahan Ibuh, Selasa (02/03) siang.

Ujian Akhir Sekolah SD dan SMP Di Payakumbuh Bakal Dilaksanakan 29 Maret Sampai 1 April 2021

Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan tahun 2021 ditiadakan. Dengan ditiadakannya UN dan ujian kesetaraan tahun 2021, maka UN dan ujian kesetaraan tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, di Payakumbuh hanya melaksanakan ujian akhir sekolah (UAS) saja.

HUT Damkar Di Kota Payakumbuh, Diwarnai Aksi Bagi-bagi Masker

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Payakumbuh menggelar aksi berbagi masker dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Damkar dan Penyelamatan Indonesia Ke-102 yang jatuh pada Senin (01/03) dan digelar di Tugu Adipura dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang Profesional, Mandiri dan Melayani dalam mendukung adaptasi kebiasaan baru.

Rayakan Hari Jadi Ke-102, Damkar Kota Payakumbuh Hadirkan Pakaian Aluminized

Dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh hari ini memperingati hari jadi mereka yang ke-102. Bertempat di posko Pemadam Kebakaran kota Payakumbuh Jalan Luhak 50 Nomor 1 kelurahan Nunang Daya Bangun, kecamatan Payakumbuh Barat, dinas Pol-PP dan Damkar kota Payakumbuh meriahkan hari jadi yang ke-102 di tahun 2021 dengan membagikan masker kepada warga yang melintas di seputaran tugu Adipura pusat kota Payakumbuh, Senin (1/3/2021).

Terkait Isu KLB, Rezka Oktoberia: Demokrat Tegak Lurus Bersama SBY dan AHY

Payakumbuh, beritasumbar.com - Anggota DPR RI Partai Demokrat, Rezka Oktoberia memberikan tanggapannya terkait isu Kongres Luar Biasa (KLB) yang tengah menghampiri partainya. Dia memastikan kader...

Akhir Pekan Ala Erwin Yunaz, Seaspal Bareng Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru

Siapa sangka kalau akhir pekannya diisi oleh seorang Erwin Yunaz dengan melakukan touring perdananya menikmati keindahan alam Provinsi Sumatera Barat bersama Komunitas RX King Kebersamaan Kota Biru, yaitu klub otomotif sepeda motor yang sudah terdaftar di Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Kantor Kesbangpol Kota Payakumbuh.

Liko SC Kurang Puas dengan Hasil Buruannya

Menindaklanjuti keluhan petani RW III Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah (OTS) Kecamatan Payakumbuh Utara, akan mewabahnya hama tupai yang merusak tanaman petani, Lurah OTS, Majri sengaja mengundang Lima Puluh Kota Shooting Club (Liko SC) untuk ikut mengendalikan hama tersebut.

Penilaian Kemenpan RB, Polres Payakumbuh Sangat Baik Memberikan Pelayanan Publik

Payakumbuh, beritasumbar.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada Polres Payakumbuh sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik dalam evaluasi pelayanan...

Rida Ananda : Wanita Fokus Jangan Rawat Wajah Saja

Kesehatan organ kewanitaan untuk pencegahan kanker serviks menjadi topik utama dalam Webinar Inspirasi Sehat yang digelar Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Payakumbuh secara daring di Aula Ngalau Indah Lantai III Balai Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Uang Yang Disimpan Dalam Karung Oleh Pria Tuna Rungu Asal Payakumbuh Ditaksir Capai Ratusan Juta

Payakumbuh, beritasumbar.com -  Sudah tujuh hari sejak dilakukannya beres-beres di rumah Palyuri (81 tahun) atau lebih dikenal dengan nama Biok. Kakek tuna rungu yang viral...
- Advertisement -