29 C
Padang
Selasa, Juli 27, 2021
Beritasumbar.com

Legislator akan perjuangkan nasib guru honorer di Payakumbuh
L

Kategori -

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan memperjuangkan nasib guru honorer dan tenaga honorer yang ada di daerah tersebut.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Payakumbuh Mesrawati di Payakumbuh, Selasa, mengatakan dalam beberapa waktu terakhir memang nasib dari honorer sekolah terus menjadi perhatian dari DPRD.

“Setidaknya gaji dan intensif guru honorer bisa sama dengan gaji dari Tenaga Harian Lepas (THL). Kalau sekarang kan memang terlalu jauh dari standar,” kata dia saat Komisi C DPRD Payakumbuh melakukan dengar pendapat dengan seluruh Kepala Sekolah SMP dan PGRI Payakumbuh.

Dengar pendapat dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Armen Faidal dan juga dihadiri Sekretaris Komisi C Syafrisal daru fraksi PBB, anggota Komisi C, Suparman fraksi PKS, YB.Dt.Parmato Alam fraksi Golkar, Fahlevi Masni fraksi Demokrat, Ismet Arius fraksi Nasdem dan Sekretaris Dewan diwakili Julfiter.

Minimal, sambungnya seluruh guru honorer bisa mendapatkan honor sebesar Rp1,5 juta. Kenyataan saat ini masih ada guru honorer yang mendapatkan honor sebesar Rp200 ribu.

Ia mengatakan hal ini juga telah disampaikan dalam pelaksanaan rapat anggaran bersama dengan pihak Pemkot Payakumbuh.

“Kami tentu akan menindaklanjuti apa yang disampaikan dan menjadi permasalahan dari kepala sekolah ini ke dinas yang bersangkutan dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Anggota Komisi C DPRD Payakumbuh YB Dt. Parmato Alam mengatakan semestinya untuk hal yang mendasar seperti pendidikan ini tidak ada alasan bagi Pemkot Payakumbuh untuk tidak menganggarkan hal ini.

“Kami dari fraksi Golkar secara konsisten untuk hal ini. Karena pendidikan ini hal yang mendasar untuk membangun SDM di Payakumbuh,” katanya.

Apalagi, kata dia saat ini sekolah-sekolah di Kota Payakumbuh juga bertumpu dengan guru honorer karena banyaknya kekurangan guru PNS untuk tingkat SD dan SMP di daerah itu.

“SD itu sekitar 150 orang yang telah pensiun dan di SMP 102 orang. Ini yang saat ini diisi oleh guru honorer. Berarti ini kan tidak masuk akal kalau honorer hanya mendapatkan honor Rp200 ribu,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PGRI Kota Payakumbuh Safwan di Payakumbuh, Selasa, mengatakan saat ini memang masih didapatkan gaji guru honorer di Payakumbuh yang jauh dari standar.

“Dunia pendidikan ini harus menjadi perhatian dari pemerintah setempat, ini kenyataan sekarang bahwa gaji guru honor jauh dari standar bahkan tidak cukup untuk hanya pembeli minyak kendaraan,” ujarnya.

Ia mengatakan permasalahan ini tentu juga tergantung kepada keinginan pemerintah untuk mendukung dunia pendidikan.

“Jika memang pemerintah memperhatikan dunia pendidikan, tentu salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu tenaga pendidiknya,” katanya.(relis)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

ACT Cabang Pasaman Barat Salurkan 10 Ekor Sapi Qurban

Pasaman Barat. BeritaSumbar.com,- Aksi Cepat Tanggap ( ACT ) Cabang Pasaman Barat mendistribusikan 10 ekor sapi Qurban untuk masyarakat berbagai daerah di Pasaman Barat. Pendistribusian dilakukan dari tanggal 20 sampai 23 Juli 2021.
- Advertisement -

Kakankemenag Padang Panjang Lansung Menyembelih Hewan Qurban di Hari Tasyrik

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang H. Gusman Piliang bersama seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kankemenag Kota Padang Panjang melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban 1442 Hijriyyah / 2021 Masehi di Lapangan Parkir Kankemenag Kota Padang Panjang, Rabu (21/07/2021)

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tua, dalam Keajaibannya (Miracle Life)

Cerita Berseri: Seribu Cerita untuk Bahagia Seri 2/1000 Cerita Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama (PUMA)/IV-e Kita semua berhak tahu…! Sebuah penelitian besar di Amerika Serikat menemukan bahwa: Usia...

Kakankemenag Padang Panjang Pimpin Sosialisasi Pemutakhiran Data Mandiri Melalui Aplikasi MySAPK BKN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Kantor Kementerian Agama Kota Padang Panjang Gelar Kegiatan Sosialisasi Tetang Pemutakhiran Data Mandiri Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui Aplikasi MySAPK BKN di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Senin (26/07/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Komisi B DPRD Kota Payakumbuh Desak PAM Tirta Sago Secepatnya Atasi Permasalahan Debit Air

Payakumbuh,BeritaSumbar.com- Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Payakumbuh mendesak agar Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago dapat segera mengatasi permasalahan debit air di kota itu.

Sopir L300 PT Suka Fajar Meninggal Di Pencucian Mobil

Payakumbuh,Beritasumbar.com _Payakumbuh- Warga kelurahan Limbukan dikejutkan dengan kabar meninggalnya seorang sopir profit L300 PT. Suka fajar di tempat pencucian mobil Sutan Kelurahan Limbukan Kecamatan Payakumbuh selatan.

Ayo Ikut! Mega Gebyar Vaksinasi Bakal Dipusatkan Di Balaikota Payakumbuh Selama Seminggu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Demi menjawab tingginya animo masyarakat Payakumbuh yang ingin mendapatkan haknya untuk divaksin Covid-19, Pemerintah Kota Payakumbuh akan melaksanakan mega gebyar vaksinasi selama satu minggu di halaman balaikota.

Ular Piton Berukuran Besar Berhasil Dievakuasi Damkar Payakumbuh Di Taman Ratapan Ibu

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Seekor ular jenis piton berukuran besar sepanjang 3 meter berhasil dievakuasi oleh Tim Animal Rescue Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh di kawasan Ruang Terbuka Hijau Taman Ratapan Ibu, Ibuh, Jumat (16/7).

2 Pelajar Asal Payakumbuh Wakili Sumbar Tampil Di Paduan Suara Peringatan HUT RI Ke 76 Di Istana Negara

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Di tengah pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat dua pelajar asal Kota Payakumbuh yang berhasil menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam seleksi audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2021.

Terjadi Penambahan 8 Kasus Positif Covid-19 dan 3 Bebas Isolasi Di Payakumbuh

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, - Kembali terjadi penambahan masyarakat Kota Payakumbuh yang dinyatakan positif kasus Covid-19 sebanyak 8 orang, sehingga sampai saat ini kasus aktif Kota Payakumbuh menjadi 137 kasus.

Peduli Anak Muda, Edward DF Bantu Bangun Lapangan Bola Voli Jorong Lareh Nan Panjang

Luak Limopuluah,BeritaSumbar.com,- Remaja Jorong Lareh Nan Panjang, Kenagarian Batu Payuang, Kecamatan Lareh Sago Halaban sedang giat-giatnya membangun Lapangan bola voli. Mereka hampir setiap hari melakukan gotong royong. Kalau tidak pagi, sore mereka turun ke lapangan mengerjakannya.

Tingkatkan Kualitas Layanan, Pemko Payakumbuh Gelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja BLUD

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Dalam rangka meningkatkan cakupan dan kualitas layanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Bagian Perekonomian menggelar Sosialisasi Pengelolaan dan Evaluasi Kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) berdasarkan Permendagri Nomor 79 Tahun 2018 di ruang Rapat Ampangan, Selasa(13/7)

Rakor Bersama Pengurus Masjid dan Tokoh Agama, ini pesan Walikota Riza Falepi untuk penanganan covid-19

Payakumbuh,BeritaSumbar.com, — Dengan telah terbitnya surat Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 17 tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan mengoptimalkan posko penanganan covid-19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran covid-19, Pemko Payakumbuh melalui bagian Kesra Setdako laksanakan rapat koordinasi (Rakor), Selasa (13/7).

Evaluasi Penilaian Kota Sehat Tahun 2021, Kota Payakumbuh Siap Mempertahanankan Penghargaan Swastisaba Wistara Yang Ke 7.

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,—Kota Payakumbuh telah 6 kali mendapatkan penghargaan Kota Sehat pada tingkat swastisaba wistara, yang merupakan penghargaan tertinggi pada penilaian Kota Sehat, Hal ini dapat tercapai dengan bantuan dari instansi dan kelembagaan terkait dan kepedulian bersama dari masyarakat.
- Advertisement -