25 C
Padang
Selasa, Desember 7, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Langkah Pembangunan Ekonomi
L

- Advertisement -

Oleh: Syaiful Anwar, SE., M.Si

(Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh)

Dalam meningkatkan perekonomian sebuah bangsa, maka diperlukan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Diperlukan beberapa langkah strategis agar ekonomi sebuah negara bisa meningkat bahkan bisa menjadi salah satu negara maju. Dibawah ini ialah beberapa langkah untuk meningkatkan pembangunan ekonomi sebuah negara:

  1. Meningkatnya Keahlian

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat dan berkembang membuat masyarakat bisa meningkatkan keahliannya, namun tidak semua keahlian bisa meningkat. Hanya keahlian tertentu saja dengan peran serta pemerintah. Pemerintah bisa mendatangkan tenaga ahli dari luar, masyarakat Indonesia bisa belajar banyak dari tenaga ahli yang didatangkan oleh pemerintah Indonesia tersebut sehingga ilmunya bisa dikuasai bersama.

  1. Meningkatkan SDM Dan SDA

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat terutama di negara berkembang, akan meningkatkan Sumber daya manusia dan juga sumber daya alam yang ada di Indonesia. Hal itu dikarenakan pembangunan ekonomi bisa membuat kualitas SDM dan SDA nya meningkat.

  1. Meningkatnya Investor Asing Maupun Lokal Untuk Bisa Menanam Modal Di Indonesia

Dengan adanya pembangunan ekonomi yang pesat, Indonesia semakin dipercaya untuk sebagai lahan tanam modal di berbagai sektor industri yang ada. Entah itu bagi investor yang asing dan juga untuk investor lokal sendiri. Sektor industri yang pesat menunjukkan adanya pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang pesat sehingga banyak investor yang tidak ragu lagi untuk menamakan modalnya di Indonesia.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Rakyat Untuk Bisa Berkembang

Pembangunan ekonomi yang rendah bisa membuat rakyat menjadi pesimis terhadap kinerja pemerintah. Tidak hanya itu saja rakyat pun semakin minder untuk bisa meraih kesejahteraan hidupnya dan berkembang bersama pemerintah. Namun dengan adanya pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang pesat bisa membuat masyarakat semakin yakin dan percaya diri untuk bisa maju dan berkembang bersama dengan pemerintah seiring dengan meningkatnya taraf kesejahteraan hidupnya bersama dengan program dan pembangunan ekonomi pemerintah.

  1. Negara Menjadi Lebih Tertata

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah membuat negara menjadi lebih tertata pembangunannya dan pertumbuhan ekonominya.

  1. Kenyamanan Terjaga

Negara yang lebih tertata di berbagai aspek bisa membuat masyarakat merasakan berbagai fasilitas umum dan fasilitas publik lebih nyaman. Berbeda halnya dengan negara yang tidak memiliki penataan yang baik, masyarakat menjadi tidak nyaman dengan berbagai macam fasilitas yang ada.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Negara Lain

Jika pembangunan ekonomi berkembang pesat, bisa membuat kepercayaan negara lain terhadap pemerintah Indonesia semakin meningkat. Negara lain akan melihat Indonesia atau negara berkembang lainnya memiliki kemampuan dalam menata pembangunan dan juga membangun negaranya lebih baik dibandingkan dengan sebelumnya. Apalagi jika pembangunan ekonomi itu ditunjang dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat bisa membuat kepercayaan negara lain juga bisa meningkat. Jika sudah begitu, negara berkembang seperti Indonesia akan mudah mendapatkan kerjasama diplomatik atau hubungan diplomatik dengan negara lain.

  1. Melengkapi Fasilitas Negara

Salah satu bukti nyata dari pembangunan ekonomi adalah melengkapi fasilitas negara. Fasilitas yang dulunya tidak ada kini menjadi ada setelah terjadi pembangunan ekonomi. Salah satu pembangunan ekonomi yang belum terealisasikan di Indonesia adalah pembangunan monorel kereta api listrik.

  1. Meningkatkan Pendapatan Perkapita

Salah satu manfaat dari pembangunan ekonomi adalah bisa meningkatkan pendapatan perkapita. Pendapatan perkapita ini sangat penting digunakan dalam pertumbuhan ekonomi. Suatu perekonomian di suatu negara bisa dikatakan meningkat jika pendapatan perkapitanya dalam jangka panjang meningkat. Namun bukan berarti bahwa pendapatan perkapita harus naik terus menerus. Pendapatan perkapita bisa dipengaruhi oleh musibah atau adanya kekacauan politik sehingga menyebabkan ekonomi dan pendapatan di suatu negara mengalami kemunduran.

#SyaifulAnwar #Unand #Payakumbuh

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img