30 C
Padang
Kamis, Desember 2, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KWT Semanggi Payolansek Juara Sumbar
K

Kategori -
- Advertisement -

Klompok Wanita Tani (KWT) Semanggi Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, keluar sebagai juara pertama Lomba Adikarya Pangan Tingkat Sumatera Barat 2014, untuk kategori Bidang Pengolahan Pangan. Untuk selanjutnya, KWT Semanggi akan mewakili Provinsi Sumatera Barat ke lomba yang sama tingkat nasional, yang penilaiannya akan dilakukan tim pusat, Oktober bulan depan.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Payakumbuh Ir. Syahril, di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (5/9), menginformasikan, KWT Semanggi binaan TP-PKK Payakumbuh ini, sukses mengolah lahan pekarangan menjadi produktif. Sebanyak 30 anggota KWT, mengolah tanaman pertanian, berupa berbagai aneka ubi-ubian, seperti singkong dan talas, untuk diolah menjadi makanan spesifik Payakumbuh. KWT ini, punya omset dari hasil usaha makanan kerupuk lebih kurang Rp50 juta per bulan.

Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi, di tempat terpisah, mengatakan, gelar juara yang direbut KWT Semanggi, buah kerja keras ibu-ibu PKK kelurahan setempat. Karena, nyari semua lahan pekarangan di Payolansek, telah ditanami dengan berbagai tanaman bermanfaat. Tidak hanya tanaman pertanian, tapi juga tanaman obat-obatan serta sayuran. Di Payolansek, ibu rumah tangga tak perlu berbelanja sayur-sayuran, karena sudah bisa dipetik dari pekarangan sendiri, katanya.

Menurut Kepala Kantor Ketahanan Pangan Syahril, tim penilai pusat akan berkunjung ke Payakumbuh, dalam bulan Oktober nanti. Tak ada persiapan yang harus dilakukan, karena kapan saja tim datang, kegiatan KWT sudah berjalan sebagaimana mestinya. “Target kita, KWT Semanggi harus mampu merebut gelar juara nasional. Dan kita ingin, ketua KWT dapat bersalaman dengan Presiden RI,” tegas Syahril.

Sebagai juara Sumatera Barat, KWT Semanggi menerima tabanas Rp6 juta plus alat-alat pengolahan makanan senilai Rp15 juta. Hadiah ini akan diserahkan Gubernur Irwan Prayitno, dalam acara peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Sumatera Barat, di Padang, 18 September nanti.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img