27.1 C
Padang
Tuesday, October 27, 2020

KWT Melati Juara Nasional Beri Cincin Buat Anggotanya

Sebanyak 20 potong cincin mas belah rotan, total 50 gram,  diterima  20 anggota kelompok wanita tani (KWT)  Melati Kelurahan Koto Tangah, Kecamatan Payakumbuh Barat.  Cincin tersebut hasil keuntungan beberapa usaha yang dikelola KWT Melati sepanjang  dua tahun terakhir.  Penyerahan cincin dilakukan Ketua KWT Melati Murniati Maharnis Zul, di Sekretariat KWT di Koto Tangah, Jum’at (17/1).

KWT Melati  sudah dua kali merebut gelar juara Provinsi. Sebagai yang terbaik, KWT Melati juga dua kali ikut lomba KWT Tingkat Nasional, sebagai wakil Sumatera Barat. Meraih gelar juara harapan tahun 1993, tapi sukses merebut gelar juara nasional di tahun 2006. Sehingga akhirnya,  Ketua KWT Murniati sampai ke Istana Negara Jakarta di tahun tersebut.

Sebagai juara, selain mendapat hadiah tabanas, seluruh anggota KWT diberi reward dengan studi banding melihat KWT yang sukses di Jawa Barat. Daerah kunjungannya  KWT-KWT di    Cihedeng, Bogor, Garut, Tasik Malaya, Cimahi dan Kota Bandung, jelas Ketua KWT Murniati, isteri politisi Partai Golkar Maharnis Zul ini.

Sekarang ini, setiap anggota KWT Melati punya lahan pertanian tanah perkarangan, tanaman obat-obatan, tanaman bunga hias bernilai ekonomi serta ternak itik dan ayam. Selain itu, KWT juga punya usaha   pagang sawah sebanyak 2 piring sawah. Nilai asset yang dimiliki KWT Melati lebih kurang Rp60 juta.

Kehadiran KWT Melati, menurut Murniati, bukan bermanfaat buat anggota KWT. Tapi, juga bias kepada warga dan kader PKK kelurahan setempat. Setiap KK saling berpacu memanfaatkan tanah pekarangan mereka dengan aneka tanaman yang bermanfaat buat keluarga. “Kita senang dan lega, ibu-ibu di kelurahan sudah memanfaatkan tanah pekarangan mereka buat keperluan keluarga,” simpul Murniati.

- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Sekolah Online Ditengah Pandemi, Masyarakat Sungai Salak Tanjung Emas Terhalang Jaringan

Tanah Datar,- Wabah virus covid 19 masih terasa efeknya hingga saat ini, bahkan kepelosok desa/ nagari sekalipun. Ditengah kasus...

MTQ Di Tengah Pandemi, 5 Camat Di Payakumbuh Optimis Sukses Dan Saling Bersaing Sehat Raih Juara Umum

Payakumbuh --- Semangat 5 camat dalam mensukseskan MTQ Nasional ke XXXIX tingkat Kota Payakumbuh pada tahun 2020 sangat luar biasa. Setelah rapat...

Geger Penemuan Mayat Didasar Jurang kelok 9

Limapuluh Kota, Minggu Sore kelok Sembilan Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota digegerkan dengan ditemukan seseorang yang jatuh ke jurang. 

3 Kabag Sekretariat Daerah Jadi Kepala Dinas

Payakumbuh --- Tiga posisi kepala dinas yang sebelumnya kosong di Lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh telah terisi kembali. Tahapan demi tahapan penilaian cukup...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Keripik Karamunting Cemilan Kaya Antioksidan

Padang,- Pandemi Covid-19 tak hanya menghentikan kegiatan perkuliahan mahasiswa secara tatap muka di kampus. Pandemi ini juga memaksa program kreativitas mahasiswa (PKM)...

Polling Pilkada Kota Bukittinggi 2020

Mari semangati calon Walikota - Wakil Walikota Bukittinggi pilihan pembaca dengan klik dukungan di polling di bawah ini.

Polling Pilgub Sumbar 2020

Mari dukung dan semangati kandidat calon Gubernur Sumbar di Pilkada serentak 2020 pilihan pembaca dengan klik polling berikut ini.

Sabar AS, Kearifan Lokal Harus Terus Dijaga

Pasaman,-Bakal calon Wakil Bupati Pasaman SABAR AS beserta rombongan hadiri tradisi buka ikan larangan di Jorong 5 Pertemuan Pasaman, Minggu, 30/8/2020
- Advertisement -