24.5 C
Padang
Kamis, Oktober 28, 2021
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kunjungi Limapuluh Kota, Sandiaga Uno Sampaikan Trik Agar Pariwisata Tidak lesu Ditengah Pandemi
K

Kategori -
- Advertisement -

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Dua tahun sudah pandemi virus Corona menyerang Indonesia bahkan dunia. Hampir seluruh sektor berdampak terutama terhadap perekonomian masyarakat. Berbagai upaya serta kebijakan pemerintah diterapkan untuk mengatasi peredaran virus mematikan tersebut.

Khusus sektor kepariwisataan, Menteri Sandiaga Uno mengatakan, dunia pariwisata tidak boleh lesu meski dalam pandemi Covid-19. “Harus ada upaya bersama untuk membangkitkan pariwisata dimasa pandemi. Pariwisata tak boleh lesu, harus bangkit. Sehingga dengan upaya bersama pariwisata bisa menggeliat kembali,” kata Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat mengunjungi kampung adat Saribu Gonjong, Koto Tinggi, Kabupaten Limapuluh Kota pada Sabtu (28/8) lalu.

Untuk pengembangan sektor pariwisata dimasa pandemi, Sandiaga Uno menekankan pentingnya 3A: Atraksi, Amenitas, Aksesibilitas. Pastikan 3 faktor ini mampu menarik wisatawan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, mematuhi panduan-panduan PPKM. Peningkatan di sektor pariwisata tentunya akan sejalan dengan semakin menggeliatnya ekonomi kreatif.

“Pengelola, pemilik serta lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan kepariwisataan, harus berinovasi, berkreasi dan kreatif untuk menghidupkan lagi wisata yang ada dimasa pandemi ini. Wisata harus dikelola dengan baik sehingga bisa menggeliat dan berdampak pada perekonomian masyarakaat sekitar. Kami di Kementerian Pariwisata akan terus mendukung dan mensupport apapun kegiatan dalam menghidupkan lagi kepariwisataan yang ada,” katanya.

Dengan kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno itu, setidaknya memberikan semangat baru bagi pelaku industri pariwisata dan destinasi wisata untuk terus maju dan berjuang meskipun tengah masa pandemi Covid-19.

Sementara, dilokasi yang sama, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memerangi penyebaran Corona. “Mari kita bersama, saling bahu-membahu memerangi penyebaran Covid-19 ini. Sesuai dengan Pak Menteri, pariwisata memang tak boleh lesu saat pandemi ini,” ucap Bupati Safaruddin.

Bupati menghimbau, terutama kepada pengelola wisata harus menaati dan menerapkan protokol kesehatan selama objek wisata beroperasi. Tak hanya itu saja, kepada penginapan serta restoran juga melakukan hal yang sama.

“Tempat wisata, wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Menyediakan tempat cuci tangan, mengatur jarak kunjungan wisatawan serta mencek suhu tubuh dari pengunjung. Kemudian, di lokasi objek wisata harus ada edukasi serta media sosialisasi terkait himbauan-himbauan protokol kesehatan ini. Yang terpenting, pengelola termasuk karyawan wajib memakai masker,” kata Safaruddin.

Kemudian, kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Limapuluh Kota wajib juga mematuhi protokol kesehatan. Seperti mencuci tangan, pakai masker, menjaga jarak serta membiasakan hidup sehat. “Protokol kesehatan ini penting. Sehingga kita semua bisa terhindar dari penyebaran Covid-19. Dengan menerapkan protokol kesehatan ini, objek wisata ataupun pariwisata bisa menggeliat lagi,” ucap Bupati lagi. (***)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img