27 C
Padang
Senin, Januari 18, 2021
Beritasumbar.com

KPU Pasaman Tunda Pleno Penetapan Pasangan Terpilih
K

Kategori -

Lubuk Sikaping – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menunda penetapan pasangan kepala daerah terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, karena adanya gugatan salah satu calon kepala daerah di Mahkamah Konstitusi.

Komisioner KPU Kabupaten Pasaman, Divisi Sosialisasi, Aprina Herawati, di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan hal itu sesuai keputusan KPU Pusat, yang menyatakan, penundaan penetapan harus dilakukan jika ada gugatan dari salah satu calon kepala daerah yang maju dalam pilkada, memasukan gugatan pada Mahkamah Konstitusi.

“Penundaan terpaksa kami lakukan, sebab pada Selasa (22/12) sekitar pukul 16.26 ada rilis gugatan yang dipublis di situs MK, sebab itu, pleno yang sebelumnya telah ditetapkan akan dilakukan pada Selasa (22/12) pukul 19.30 WIB, terpaksa dilakukan penundaan,” kata Aprina.

Ia menambahkan, hal ini terpaksa dilakukan, sebab seperti daerah lain, yang telah menetapkan calon terpilih, harus melakukan pembatalan.

Akibat dibatalkannya rapat pleno yang telah direncanakan, dan dihadiri oleh pihak kepolisian, TNI, sebagai pengaman, dan juga pasangan calon peraih suara terbanyak dalam pilkada 9 Desember 2015, serta pendukungnya, sempat diwarnai interupsi.

Pendukung dari pasangan calon Yusuf Lubis-Atos Pratama, yang meraih suara terbanyak, merasa tidak puas dengan sikap KPU setempat yang membatalkan pleno tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, para pendukung pasangan calon Yusuf Lubis-Atos Pratama masih menduduki gedung KPU, dan tidak memperbolehkan Ketua KPU Pasaman, Jajang Fadli, serta Komisioner lainnya yang ada di tempat untuk keluar dari gedung tersebut.

KPU Pasaman sudah menetapkan paslon nomor urut dua ini, Yusuf Lubis-Atos Pratama, sebagai peraih suara terbanyak dalam pilkada, unggul dari pasangan nomor urut satu Benny Utama – Daneil, sebanyak 1.285 suara, pada pleno penghitungan suara yang dilakukan pada Kamis (17/12).

Namun, dirilis dari data di laman www.mahkamahkonstitusi.go.id pasangan incumbent ini mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan bupati Pasaman, Selasa (22/12) sore, pukul 16.26 WIB, dengan APPP nomor 136/PAN.MK/2015.

Padahal, surat Mahkamah Konstitusi RI nomor: 120/PAN.MK/12/2015 perihal keterangan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2015 pertanggal 21 Desember 2015, tujuan Ketua KPU RI, menyebutkan Kabupaten Pasaman tidak berperkara di Mahkamah Konstitusi, sehingga KPU setempat merencanakan pleno pukul 19.30.

Tapi pada Selasa (22/12) sore, kemudian nomor gugatan pasangan nomor urut satu tersebut, muncul di situs MK, yang membuat KPU Pasaman, melakukan pembatalan pleno itu.

Pembatalan tersebutlah yang mendapat penolakan dari paslon nomor urut dua, dan pasangan ini menuding, pihak KPU sengaja menunda pengumuman hingga Selasa (22/12) malam. Sesuai undangan yang diterima pasangan ini, rapat pleno terbuka dimulai pukul 19.30 WIB.

“Bisa jadi bukan, tudingan itu benar, KPU Pasaman sengaja melakukan pengumuman pada malam hari ini, sambil menunggu masuknya gugatan,” kata Yusuf Lubis.

Atos Pratama mengatakan, agar pihak KPU tetap melakukan penetapan, pasalnya, jadwal pengajuan PHP ke MK telah melewati batas akhir, yakni 3×24 jam setelah penetapan rekapitulasi suara pilbup oleh KPU.

“Mohon ini ditindaklanjuti, kenapa bisa seperti itu. Padahal, kita sudah menerima surat undangan dari KPU Pasaman untuk hadir pukul 19.30 WIB, nyatanya ditunda,” kata Atos.

Atos mengatakan, masa gugat berdasarkan undang-undang, yakni 3×24 jam atau 18,19,20 Desember 2015. Karena gugatan tidak masuk dalam masa gugatan. Pada tanggal, 21 Desember, MK telah memberitahukan KPU Pasaman dapat melaksanakan pleno penetapan calon terpilih.

“Berdasarkan surat itu, KPU Pasaman menyampaikan undangan penetapan calon terpilih kepada kami, Yusuf-Atos dan hadir pada Selasa malam ini,” ujar Atos.

Harusnya, kata Atos, KPU Pasaman berpegang pada dasar resmi, bukan relis tak jelas. Rapat pleno, kata dia, hanya dapat dibatalkan berdasarkan pencabutan surat MK nomor 120/PAN.MK/12/2015.

“Atau surat resmi lainnya yang memerintahkan penundaan rapat pleno itu, bukan berpegang pada yang tidak resmi (web MK) untuk membatalkan yang resmi, itu menyalahi kaidah dan aturan dan melanggar kode etik,” kata Atos. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Hadapi Pemberian Vaksin, Payakumbuh Siapkan 49 Vaksinator

Payakumbuh, beritasumbar.com - Menghadap pemberian vaksin, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat meyiapkan 49 tenaga vaksin. Petugas tersebut yang akan memberikan vaksin...
- Advertisement -

Nofrijal Hidupkan Wisata Kuliner Lewat Gowes Wes Wes

Suasana pagi di Kota Padang dihidupkan oleh olahraga bersepeda yang dikenal dengan gowes. Saat ini komunitas bersepeda tumbuh bagaikan jamur di musim penghujan, dipicu pandemi Covid-19 yang tengah melanda Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya sejak Maret 2020 lalu.

Bupati Limapuluh Kota Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Di Simalanggang

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi memberikan bantuan korban kebakaran rumah semi permanen, Selasa(12/1) di Nagari Koto Baru Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.
- Advertisement -

Beny Dwifa Yuswir Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketua DPD Golkar Sijunjung

Beny Dwifa Yuswir, Bupati terpilih,mendapat Amanah secara aklamasi menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah ( DPD) Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, priode 2020-2025, dalam Musyawarah Daerah ( Musda) X Partai Golkar Kabupaten Sijunjung, di Gedung Pancasila Muaro. Minggu ( 17/1).

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Polri Ambil Langkah Cepat Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) segera mengambil langkah cepat sebagai antisipasi melonjaknya jumlah kasus terkonfirmasi dan kematian akibat COVID-19 periode 1-14 Januari 2021.

Seleksi LTMPT Terbuka untuk Jalur Vokasi

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) siap mendukung seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi vokasi se-Indonesia. Selain Politeknik, perguruan tinggi yang memiliki jalur vokasi dapat bergabung pada seleksi yang khusus dibuka untuk jenjang Diploma IV atau Sarjana Terapan.

Ketua MPR RI Apresiasi, Ormas Surosowan Indonesia Bersatu, yang Peduli Adat dan Budaya Nusantara

Organisasi Masyarakat (Ormas) Surosowan Indonesia Bersatu menjalin silaturahmi dengan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima silaturahmi DPP Surosowan Indonesia Bersatu di Black Stone, Jl Proklamasi, Jakarta Pusat pada Kamis (14-01-2021)

Ini Pesan Dewan Kehormatan PWI Sumbar Didepan Peserta KLW

Sebanyak 35 orang wartawan muda Tanah datar mengikuti kegiatan karya latihan wartawan ( KLW) yang diselenggarakan oleh PWI Tanah datar di pendopo Indojalito Kamis (14/01) kemarin.

13 Paket Kecil Sabu Ditemukan Polres Pessel, 3 Tersangka Diamankan

Pesisir Selatan, beritasumbar.com- Tim Ospnal Satnarkoba Polres Pesisir Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka penyalagunaan narkoba, berinisial RE (46) warga Pasar 60, Kecamatan Batang...

AMPERA, Komjen. Pol. Dr. Drs. Boy Rafli Amar, M.H Sosok yang tepat menjadi Kapolri

akarta,Minggu (3/1/21). Ditengah akan habisnya jabatan KAPOLRI Idham Aziz Bapak presiden Ir. Joko widodo meminta wakil komisi 3 DPR RI diminta memanggil Komjen. Pol. Dr.Drs. Boy Rafli Amar untuk menjalani ujian kelayakan sebagai KAPOLRI.

Di Hari Jadi Ke 46, Perumda Air Minum Kota Padang Luncurkan Air Minum Dalam Kemasan

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang meluncurkan produk Air Minum Dalam Kemasan ( AMDK) pada momen hari jadinya yang ke-46 tahun, Rabu (30/12) kemaren.

Antisipasi Jadi Zona Merah, Wilayah Zona Oranye Diminta Perketat Penanganan Covid-19

Zona Oranye atau daerah berstatus risiko sedang penularan Covid-19 bukanlah zona yang aman untuk ditempati. Sayangnya, dalam zona ini diisi mayoritas kabupaten/kota di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyoroti sejumlah daerah yang saat ini masih menghuni zona oranye, jumlahnya mencapai 378 kabupaten/kota berdasarkan data terakhir.

Antisipasi Varian Baru Covid-19, Pemerintah Tutup Sementara Perjalanan WNA ke Indonesia

Adanya informasi ditemukannya strain atau varian baru virus Covid-19, yang menurut berbagai data ilimiah memiliki tingkat penyebaran lebih cepat, Pemerintah memutuskan untuk menutup sementara masuknya warga negara asing ke Indonesia sebagai upaya pencegahan.

WMI Kecam Pelecehan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Ketua Umum Wahana Muda Indonesia (WMI), Handriansyah mengecam aksi pelecehan yang dilakukan oleh Nitizen Malaysia terhadap lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam sebuah content YouTube, menurutnya hal ini merupakan pelecehan terbesar terhadap harga diri dan Martabat Bangsa Indonesia yang berdaulat.
- Advertisement -