24.6 C
Padang
Selasa, April 13, 2021
Beritasumbar.com

KPU Pasaman Tunda Pleno Penetapan Pasangan Terpilih
K

Kategori -

Lubuk Sikaping – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, menunda penetapan pasangan kepala daerah terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, karena adanya gugatan salah satu calon kepala daerah di Mahkamah Konstitusi.

Komisioner KPU Kabupaten Pasaman, Divisi Sosialisasi, Aprina Herawati, di Lubuk Sikaping, Rabu, mengatakan hal itu sesuai keputusan KPU Pusat, yang menyatakan, penundaan penetapan harus dilakukan jika ada gugatan dari salah satu calon kepala daerah yang maju dalam pilkada, memasukan gugatan pada Mahkamah Konstitusi.

“Penundaan terpaksa kami lakukan, sebab pada Selasa (22/12) sekitar pukul 16.26 ada rilis gugatan yang dipublis di situs MK, sebab itu, pleno yang sebelumnya telah ditetapkan akan dilakukan pada Selasa (22/12) pukul 19.30 WIB, terpaksa dilakukan penundaan,” kata Aprina.

Ia menambahkan, hal ini terpaksa dilakukan, sebab seperti daerah lain, yang telah menetapkan calon terpilih, harus melakukan pembatalan.

Akibat dibatalkannya rapat pleno yang telah direncanakan, dan dihadiri oleh pihak kepolisian, TNI, sebagai pengaman, dan juga pasangan calon peraih suara terbanyak dalam pilkada 9 Desember 2015, serta pendukungnya, sempat diwarnai interupsi.

Pendukung dari pasangan calon Yusuf Lubis-Atos Pratama, yang meraih suara terbanyak, merasa tidak puas dengan sikap KPU setempat yang membatalkan pleno tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, para pendukung pasangan calon Yusuf Lubis-Atos Pratama masih menduduki gedung KPU, dan tidak memperbolehkan Ketua KPU Pasaman, Jajang Fadli, serta Komisioner lainnya yang ada di tempat untuk keluar dari gedung tersebut.

KPU Pasaman sudah menetapkan paslon nomor urut dua ini, Yusuf Lubis-Atos Pratama, sebagai peraih suara terbanyak dalam pilkada, unggul dari pasangan nomor urut satu Benny Utama – Daneil, sebanyak 1.285 suara, pada pleno penghitungan suara yang dilakukan pada Kamis (17/12).

Namun, dirilis dari data di laman www.mahkamahkonstitusi.go.id pasangan incumbent ini mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan bupati Pasaman, Selasa (22/12) sore, pukul 16.26 WIB, dengan APPP nomor 136/PAN.MK/2015.

Padahal, surat Mahkamah Konstitusi RI nomor: 120/PAN.MK/12/2015 perihal keterangan perkara perselisihan hasil pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2015 pertanggal 21 Desember 2015, tujuan Ketua KPU RI, menyebutkan Kabupaten Pasaman tidak berperkara di Mahkamah Konstitusi, sehingga KPU setempat merencanakan pleno pukul 19.30.

Tapi pada Selasa (22/12) sore, kemudian nomor gugatan pasangan nomor urut satu tersebut, muncul di situs MK, yang membuat KPU Pasaman, melakukan pembatalan pleno itu.

Pembatalan tersebutlah yang mendapat penolakan dari paslon nomor urut dua, dan pasangan ini menuding, pihak KPU sengaja menunda pengumuman hingga Selasa (22/12) malam. Sesuai undangan yang diterima pasangan ini, rapat pleno terbuka dimulai pukul 19.30 WIB.

“Bisa jadi bukan, tudingan itu benar, KPU Pasaman sengaja melakukan pengumuman pada malam hari ini, sambil menunggu masuknya gugatan,” kata Yusuf Lubis.

Atos Pratama mengatakan, agar pihak KPU tetap melakukan penetapan, pasalnya, jadwal pengajuan PHP ke MK telah melewati batas akhir, yakni 3×24 jam setelah penetapan rekapitulasi suara pilbup oleh KPU.

“Mohon ini ditindaklanjuti, kenapa bisa seperti itu. Padahal, kita sudah menerima surat undangan dari KPU Pasaman untuk hadir pukul 19.30 WIB, nyatanya ditunda,” kata Atos.

Atos mengatakan, masa gugat berdasarkan undang-undang, yakni 3×24 jam atau 18,19,20 Desember 2015. Karena gugatan tidak masuk dalam masa gugatan. Pada tanggal, 21 Desember, MK telah memberitahukan KPU Pasaman dapat melaksanakan pleno penetapan calon terpilih.

“Berdasarkan surat itu, KPU Pasaman menyampaikan undangan penetapan calon terpilih kepada kami, Yusuf-Atos dan hadir pada Selasa malam ini,” ujar Atos.

Harusnya, kata Atos, KPU Pasaman berpegang pada dasar resmi, bukan relis tak jelas. Rapat pleno, kata dia, hanya dapat dibatalkan berdasarkan pencabutan surat MK nomor 120/PAN.MK/12/2015.

“Atau surat resmi lainnya yang memerintahkan penundaan rapat pleno itu, bukan berpegang pada yang tidak resmi (web MK) untuk membatalkan yang resmi, itu menyalahi kaidah dan aturan dan melanggar kode etik,” kata Atos. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Wako Erman Safar Ditunjuk Sebagai Ketua Alumni SMALBI 2020 – 2023

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar ditunjuk sebagai Ketua Alumni SMA Negeri 5 Kota Bukittinggi, atau yang lebih akrab disebut alumni SMALBI...
- Advertisement -

Bupati Padang Pariaman Kukuhkan H. Mahyudin Putra Minang, SE Cs Jadi Koordinator Pengurus Ranah dan Rantau Secara Nasional

JAKARTA - Ranah dan Rantau harus bersinergi untuk kemajuan kampung halaman. Acara Silaturahmi Ranah dan Rantau dengan Pemkab Padang Pariaman dilaksanakan di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta pada Sabtu malam (10-04-2021)

Pengurus KAN Koto Nan Ompek Dikukuhkan Wali Kota Riza Falepi

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Sebagai Pucuak Undang, Wali Kota Riza Falepi mengukuhkan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN), Bundo Kanduang, Limbago Anak Nagari, dan Puti Bungsu Koto Nan Ompek Periode 2021-2026 di Balai Adat Balai Nan Duo, Rabu (7/4).
- Advertisement -

BPBD Kota Payakumbuh Berangkatkan KSB Pelatihan Di Padang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Bencana dapat terjadi kapan saja, dan masyarakat harus selalu siap dan siaga terhadap segala kemungkinan. Kelompok Siaga Bencana (KSB) merupakan organisasi masyarakat di kelurahan yang dibentuk pemerintah agar masyarakat ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan penanggulangan bencana.

Asisten 1 Pemko Payakumbuh Buka Mukerda LPM

Payakumbuh ,BeritaSumbar.com,- Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Yufnani Away membuka secara resmi musyawarah kerja daerah (mukerda) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Payakumbuh tahun 2021, di Aula Ngalau Indah Lt. III Balai Kota Payakumbuh, Kamis (08/04).
- Advertisement -

Tulisan Terkait

BNPT Gandeng Pemuka Agama untuk Cegah Pengaruh Radikal Terorisme pada Generasi Milenial

Generasi milenial sangat rentan terpengaruh pada paham radikal terorisme yang menjadi misi bagi organisasi terlarang dunia, seperti ISIS dan Wahabi. Guna mencegah hal tersebut, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Yayasan Harmoni Pemersatu Bangsa menggelar Dialog Kebangsaan dengan tema ‘Kebhinekaan Penyelamat Bangsa’, pada Jumat malam (9/4/2021) di Taman Miniatur 99 Masjid Dunia, Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Munas IV Akbarindo Canangkan Profesionalisme Masyarakat Jasa Konstruksi untuk Pembangunan Indonesia

Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme masyarakat jasa konstruksi dalam mewujudkan pembangunan Indonesia, Asosiasi Kontraktor Bangunan Konstruksi Indonesia (Akbarindo) mengadakan Musyawarah Nasional (Munas) IV pada Kamis, 8 April 2020 di Hotel Ambhara, Kebayoran Baru, Jakarta.

BNPT: Perkuat Sinergi Antar Lembaga Untuk Cegah Terorisme

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Rapat Koordinasi dalam Rangka Penandatanganan Dokumen Kesepakatan Rencana Aksi Kementerian/Lembaga Dalam Program Penanggulangan Terorisme di Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Jawa Barat, dan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 pada Kamis, 8 April 2021 di Hotel Pullman, Jakarta.

Ridwan Kamil Tepati Janji, Hadiah Motor Buat THL Pemko Payakumbuh Akhirnya Datang

Payakumbuh,BeritaSumbar.com,- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menepati janjinya kepada salahsatu Tenaga Harian Lepas (THL) Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh, Adi Ironi.

Alodokter– Alomedika Berkalaborasi Dengan Dinkes, Puslatkesda, Dan IDI Dukung Percepatan Program Vaksinasi Dengan Pelatihan Vaksinator Terbesar Di Indonesia

Jakarta, - ALODOKTER, platform kesehatan digital no.1 di Indonesia, berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes), Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah (Puslatkesda), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk mengadakan pelatihan vaksinator massal. Pelatihan ini menargetkan lebih dari 10.000 tenaga kesehatan untuk berpartisipasi dan mendapatkan sertifikasi vaksinator COVID 19.

TERKAIT INSIDEN MABES POLRI, Ketum PB Perbakin ; Pelaku Bukan Anggota dan KTA Tersebut Palsu !

JAKARTA | Ditemukan sejenis KTA Perbakin dari terduga pelaku penyerangan MABES POLRI pada Rabu 31/03 siang kemarin yang menjadi pemberitaan pada media massa mendapat klarifikasi dari Ketua Umum PB Perbakin Letnan Jenderal TNI Joni Supriyanto.

DPRD Lima Puluh Kota Dorong Pemda Tangkap Peluang Ekonomi Yang Ditawarkan Gubernur Jawa Barat

Lima Puluh Kota,  - Ketua DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota Deni Asra mendorong pemerintah daerah setempat agar segera mengambil peluang ekonomi yang ditawarkan Gubernur...

Kunjungi Payakumbuh, Ridwan Kamil Buka Peluang Pemasaran Produk UMKM-Pertanian Luak Limopuluh Di Jabar

Payakumbuh, beritasumbar.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka peluang untuk pemasaran hasil produk Usaha Mikro, Kecil dan menengah (UMKM) serta pertanian dari Kota...

Bea Serendy Garap Videoklip Lagu Romantis Karya AM. Kuncoro, Sampai Matahari Berhenti Bersinar

Bea Serendy akan meramaikan dunia musik Indonesia dengan single solo perdananya yang berjudul ‘Sampai Matahari Berhenti Bersinar’, setelah sukses merilis lagu duet bersama Alex Yunggun, kakak kandungnya. Penyanyi cantik tersebut menjalani syuting videoklipnya pada Jumat 26 Maret 2021 di Yogyakarta.

Rani Fitriana Jambak Lauching Karya Seni Suara Minangkabau

Mari hadiri, dukung, apresiasi dan sebarluaskan diskusi dan peluncuran karya dunsanak kita Rani Fitriana Jambak @Rani Fitriana Jambak (Seniman, musisi dan penggerak lingkungan) generasi keturunan ke 3 Minangkabau di Kota Medan beserta karya soundscape tentang kampung asal leluhurnya "SUARA MINANGKABAU" tentang darek, pasisia dan rantau (yang diterjemahkan pengkarya beliau sebagai anak rantau) serta minangkabau urban. Setelah sebelumnya telah juga menghasilkan karya "SOUND OF MEDAN" tentang suara urban kota Medan kerjasama bersama GOETHE Institut - Singapura
- Advertisement -