25 C
Padang
Kamis, Januari 20, 2022
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

KPU Kabupaten Limapuluh Kota Lantik PPK dan PPS
K

Kategori -
- Advertisement -

Sarilamak – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat(Sumbar) melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di daerah itu, Senin.

“Mereka yang dilantik adalah hasil seleksi yang dilakukan secara marathon sejak 30 April 2015,” kata Koordinator Divisi Sosialisasi KPU Limapuluh Kota, Ilham Yusardi usai acara di aula kantor bupati setempat.

Menurutnya, PPK dan PPS tersebut adalah badan Adhoc yang akan menjadi lembaga penyelenggara Pemilu kepala daerah(Pilkada) gubernur serta Pilkada Bupati kabupaten Limapuluh Kota yang telah dijadwalkan secara nasional pada 9 Desember 2015.

Dia mengatakan, di tingkat PPK terdapat 163 orang yang ikut mendaftarkan diri. Namun hanya 159 orang yang mengikuti tes tertulis.

“Setelah tes tertulis, dilakukan tes wawancara sehingga akhirnya terpilih lima orang anggota PPK di tingkat kecamatan,” katanya.

Sedangkan di tingkat PPS, enam orang usulan dari walinagari diseleksi untuk menghasilkan tiga orang PPS yang akan menjadi penyelenggaran di tingkat nagari.

“Namun dari 79 nagari di kabupaten Limapuluh Kota, masih terdapat tiga nagari yang susunan PPS-nya belum lengkap. Nagari tersebut adalah Labuah Gunuang, Koto Bangun dan Bukik Limbuku,” jelasnya.

Kekurangan anggota PPS di tiga nagari itu menurut dia disebabkan usulan walinagari ada yang tidak mencukupi kuota dan ada yang tidak memenuhi syarat dan tidak lulus uji kelayakan ketika dilakukan tes wawancara.

Ilham melanjutkan, untuk nagari PPS yang masih belum lengkap ini, KPU akan kembali berkoordinasi dengan walinagari dan PPK yang sudah dilantik.

Ini bukan halangan yang berarti, kita akan kembali melengkapi PPS nagari yang masih kurang tersebut dengan prosedur sesuai PKPU, sebutnya.

Sementara itu, Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata mengatakan anggota PPK dan PPS adalah ujung tombak dalam menyukseskan Pilkada serentak 2015.

“Karena itu PPK dan PPS yang dilantik harus segera bisa menyesuaikan diri dengan tahapan Pemilu yang sudah ditetapkan KPU RI dan Mendagri sejak 17 April lalu,” katanya.

Dia meminta anggota PPK dan PPS langsung mempersipkan diri sesuai UU dan peraturan KPU yang sudah diterbitkan.

Kunci sukses penyelenggaran adalah paham dengan aturan dan taat pada aturan yang sudah ada, katanya.

 

Sumber: Antara/Agung Pambudi
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img