29 C
Padang
Sabtu, Mei 8, 2021
Beritasumbar.com

Kilas Balik Kasus Tambang Yang Masih Ngambang
K

Limapuluh Kota, BeritaSumbar.com – Pasca bencana banjir, longsor dan tanah retak di Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Limapuluh Kota bulan Desember silam menuai kontroversi antar tokoh di Kabupaten Limapuluh Kota. Kuat dugaan, serangkaian bencana itu terjadi karena maraknya aktivitas tambang dengan bahan peledak.
Namun dugaan itu masih mengambang, Wakil Ketua DPRD dari Dapil II Pangkalan dan Kapur IX, Syamsul Mikar mengatakan “ada informasi dari masyarakat setempat, terus kita investigasi ke lapangan ternyata benar. Lalu kita angkat persoalannya dan Pemda mengundang tokoh masyarakat Koto Alam, tetapi dalam pertemuan tersebut mereka menyatakan tidak ada masalah seperti yang kita sampaikan,” katanya bulan desember lalu di grup Whatsapp Menuju Pilkada.
Senada dengan itu, pihak pemerintah daerah mengklaim persoalan izin tambang wewenangnya ada di Provinsi. Tetapi Walhi Sumbar meminta Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menghentikan sementara aktivitas pertambangan yang ada di Nagari Koto Alam Kabupaten 50 Kota. “Penghentian aktivitas tambang itu dilakukan sampai ada evaluasi yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumbar sendiri serta keluar hasilnya.” Hal tersebut diungkapkan oleh Staf Advokasi dan Penegakan Hukum Walhi Sumbar, Zulpriadi, saat dihubungi media ini, Sabtu (14/12/2019) lalu.
Hal senada juga pernah diungkapkan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan, ia meminta Pemerintah Provinsi Sumbar untuk segera mengevaluasi beberapa perusahaan tambang yang beroperasi di Kenagarian Koto Alam, Kabupaten Limapuluh Kota. Atas operasional perusahaan tambang ini, terjadi dampak yang berpotensi merugikan masyarakat banyak. Pasalnya, izin pertambangan, sudah menjadi wewenang pemerintah provinsi.
“Saya sudah tahu apa persoalan di Koto Alam. Masyarakat sudah lama mengadu soal dampak aktivitas tambang di sana,” kata Ferizal kepada media ini, Kamis (12/12/2019) lalu.
Sejauh ini baru permintaan dari Walhi tersebut solusi yang lahir, kemudian tim dari Provinsi Sumbar turun ke Koto Alam, puncaknya ketika Wamen PU berkunjung ke Pangkalan dan meminta agar Bupati 50 Kota berkirim surat ke kementrian. Dari pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota sendiri, sejauh ini belum ada laporan terkait aktivitas – aktivitas tambang yang menyebabkan bencana tersebut. (frp)
“foto screnshoot video peledakan tambang di salah satu akun fb pekerja tambang”

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Program Kesos DPD PKS Bukittinggi Bagikan Ratusan Paket Sembako

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Membantu se samanya, merupakan bahagian dari program bidang sosial Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Tak tanggung-tanggung, di bulan Ramadhan ini, sebanyak 100...
- Advertisement -

Roda Ekonomi Bukittinggi Mulai Bergerak

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Daya beli masyarakat di pasar kota Bukittinggi, berangsur-angsur mulai membaik, namun suasana perdagangan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Seperti terlihat di Pasar...

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...
- Advertisement -

Bersama Forkopimda, Bupati Kunjungi Warga Terdampak Bencana Banjir

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,-Pasca banjir di Nagari Manggilang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin DT. Bandaro Rajo bersama dengan unsur Forkopimda meninjau langsung lokasi banjir dan menyerahkan bantuan kepada warga terdampak.

Bupati Sijunjung Pimpin Apel Gabungan, 198 Personil Ditugaskan Amankan Lebaran

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk melihat kesiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Bupati Sijunjung Beeny Dwifa Yuswir memimpin langsung ‎Apel gelar pasukan dalam...
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-Bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Persatuan Juang Kencana Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Barat (Juken BKKBN Sumbar) melalui Gerakan Amal Sedekah Harian Anggota (Gema Sehat) mendistribusikan paket sembako kepada warga dhuafa di Kota Padang, pada Kamis (6/5/2021).

DPRD Limapuluh Kota Telah Bentuk Pansus Aset

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra menyampaikan kalau panitia khusus (pansus) aset telah disepakati dalam rapat paripurna DPRD, beberapa waktu lalu.

Wantan Wabup Limapuluh Kota Gelar Silaturahmi Dengan Awak Media

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Mantan Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan bersilaturahmi bersama tokoh masyarakat Luak Limopuluah dan anggota Balai Wartawan di Sarilamak, Kamis (6/5).

Serahkan 100 Paket Sembako Untuk Petugas Kebersihan, Wabup Sijunjung: Terima Kasih Emersia Grup

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung Iradatillah menyerahkan 100 paket sembako bantuan Emersia Grup untuk petugas kebersihan yang ada di Lingkungan Pemkab Sijunjung. Penyerahan paket...

Tujuh OPD Kota Padang Panjang Peroleh Hak Akses Data Perseorangan Penduduk

Padang Panjang, beritasumbar.com - Sebanyak tujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Kota Padang Panjang telah memperoleh hak akses terhadap data perseorangan penduduk. "Ini...

Bupati Pimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Singgalang 2021 Di Polres Limapuluh Kota

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Bupati Limapuluh Kota pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Singgalang 2021 pada Rabu 5/4. Apel pasukan ini sekaligus pengecekan akhir kesiapan pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait, seperti TNI, Pemda, dan mitra kamtibmas, di Mapolres Limapuluh Kota.

Bupati Sijunjung Imbau ASN Hingga Masyarakat Salurkan Zakat Lewat Baznas

Sijunjung, beritasumbar.com - Bupati Sijunjung Beny Dwifa Yuswir mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, BUMD di daerah itu supaya menyerahkan zakat kepada  Baznas...

Temui Kaban Geologi, Wabup RKN: SK Geopark Harau Insya Allah Akhir Mei

Bandung,BeritaSumbar.com, - Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) berkunjung ke Kepala Badan Geologi Kementrian ESDM, di Bandung.

Siapkan SPAM Regional Batang Maek Kuniang, pemkab Audiensi Dengan Pemprov dan BWSS V Padang

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Sistem Penyedia Air Minum (SPAM), Biro Kerja Sama Provinsi Sumatera Barat, Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat lakukan audiensi dengan Bupati Safaruddin DT. Bandaro Rajo. Audiensi itu terkait program SPAM regional Batang Maek Kuniang sebagai peningkatan tata kelola penyedian air minum layak dan aman di daerah.

Anggota DPR RI Rezka Oktoberia Tampung Aspirasi, Warga Minta Akses Penghubung Bukik Limbuku-Payobasuang

Lima Puluh Kota, beritasumbar.com - Sejumlah tokoh masyarakat Nagari Bukik Limbuku, Kecamatan Harau, Lima Puluh Kota menyampaikan aspirasi kepada anggota DPR RI, Rezka Oktoberia...
- Advertisement -