26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Khatib M. Soleh, Shalat Idul Fitri Masih di Tugu Adipura
K

Kategori -
- Advertisement -

Kawasan Tugu Adipura di jantung kota Payakumbuh, masih menjadi pilihan untuk lokasi Shalat Idul Fitri 1 Syawal,  1435 Hijiriyah, yang diperkirakan jatuh pada Senin (28/7)  mendatang. Panitia Hari Besar Islam bersama Pemko Payakumbuh, sudah menetapkan Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Sumatera Barat, H. Muhammad Sholeh, LC, MA, sebagai khatib ‘Id. Sedangkan imam shalat ‘Id, dipercayakan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Payakumbuh H. Salman S. Memed, MM.

“Kita menyadari, kawasan Tugu Adipura di pertigaan Jalan Sukarno-Hatta, Jalan Sudirman dan Jalan A. Yani Payakumbuh, di depan eks kantor bupati itu, sangat terbatas daya tampungnya. Tapi, karena tak ada alternatif lain, pilihan satu-satunya hanya berada di kawasan Tugu Adipura, sebut Sekdako Payakumbuh H. Benny Warlis, MM, Minggu (20/7).

Walau begitu, tambah Benny, keinginan pemko untuk membangun RTH (ruang terbuka hijau) yang dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri dan idul Adha di pusat kota, masih tak pernah hilang. “Mudah-mudahan, jika disepakati Pemkab Limapuluh Kota, tanah eks kantor bupati itu dapat dimanfaatkan buat pembangunan RTH dan islamic centre. Kita akan bangun land mark Luak Limopuluah disitu,” ungkap sekdako.

Ketua PHBI Syahidin, S.Ag. M.Mpd didampingi Sekretaris H. Darius, S.Ag.MM, ditempat terpisah mengatakan, penetapan kawasan Tugu Adipura dan khatib serta imam shalat ‘Id itu, berdasarkan rapat pengurus PHBI yang juga dihadiri Kabag Kesra Setdako Yonrefli, S.Sos, MAP, bertempat di aula Kantor Kemenag  di Jalan  Pahlawan Payakumbuh,  Kamis (17/7)

Menurutnya,  PHBI akan berupaya pelaksanaan shalat ‘Id lebih meriah dari tahun sebelumnya. Insya Allah Walikota Payakumbuh Riza Falepi dan Wakil Walikota Suwandel Muchtar bersama Ketua DPRD Wilman Singkuan, unsur Muspida, Sekdako serta pimpinan SKPD akan ikut bergabung melaksanakan shalat Idul Fitri bersama warga kota nantinya.

Selain menghimpun zakat fitrah, infak dan sedekah,  PHBI juga akan mengumpulkan  sumbangan atau bantuan dari jemaah  buat saudara kita di Palestina. “Solidaritas kita sesama Islam, harus kita buktikan dengan mengirim bantuan kepada mulim Palestina yang kini diserang oleh militer Israel,” katanya.

Sementara itu, PHBI rencanaya, juga akan mengadakan  malam takbiran, bersama pemko dan pemerintahan kecamatan. Setelah takbiran keliling kota, rombongan takbiran akan hadir bersama warga kota, guna menyaksikan  musik relegius serta pemukulan seribu bedug,di pelataran parkir Medan nan Bapaneh Payakumbuh.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img