25.2 C
Padang
Kamis, September 23, 2021
Beritasumbar.com

Ketum KONI Yunir Yalri Meninggal Dunia
K

Kategori -

Publik olahraga dan warga kota  Payakumbuh berduka. Tokoh masyarakat setempat, Drs. Yunir Yalri, dipercaya dua periode menjabat  Ketua Umum KONI Payakumbuh itu, meninggal dunia dalam usia 69 tahun. Mantan Pamong Senior dan Camat teladan tersebut,  menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD dr. Adnaan WD, Sabtu (9/11), sekitar pukul 07.00 WIB. Jenazahnya dikebumikan di makam keluarga di Ipuah Mandiangin Bukittinggi, setelah dishalatkan di Masjid Istiqamah Bulakan Balai Kandi, Payakumbuh Barat.

Kematian Yunir Yalri, cukup mendadak. Karena, selama ini almarhum diketahui publik masih menjalani urusan KONI, meski hanya dari rumahnya di Jalan Imam Bonjol Payakumbuh. Dua bulan terakhir, kondisi almarhum tak kuat keluar rumah.  Jum’at (8/11), sekitar pukul 22.00 WIB, almarhum dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya yang tiba-tiba  drop atau lemah.  Di rumah sakit diketahui, almarhum mengalami pecah pembuluh darah.  Almarhum meninggalkan seorang isteri Ny. Emi Yunir dan sepasang anaknya, Desi Yunir dan Ade Yunir.

Sabtu pagi itu, berita  kematian Yunir Yalri cepat menyebar luas. Sejumlah pejabat Pemko, Sekdako H. Benni Warlis, Asisten II Amriul, Ketua TP-PKK Ny. Hennry Riza Falepi, Staf Ahli Walikota Edvianus dan Hendri Refdinal, Wakil Ketua DPRD H. Sudirman Rusma, Sekum KONI H. Asril Syamsuddin, Ketua Bidang Organisasi KONI Ostimardi, Ketum KONI Limapuluh Kota Davis, Ketua LKAAM Indra Zahar Dt. Rajo Simarajo, Ketua Bundo Kanduang Hj. Misnah,  sejumlah pimpinan SKPD dan keluarga besar STPDN datang melayat ke rumah duka.

Sebelum jenazah dibawa dengan ambulance ke Bukittinggi, pelayat datang silih berganti. Termasuk di antaranya mantan Walikota Payakumbuh H. Fahmy Rasyad, H. Muchtiar Muchtar, mantan Sekdako Payakumbuh Mahmuda Riva’i dan Irwandi Dt. Batujuah, mantan Sekdako Kabupaten Limapuluh Kota H. Ben Yuza, mantan Asisten I Payakumbuh Richard Moesa dan  H. Abdi Murtani, Ketua PKDP H. Jayusman,  sejumlah pengurus parpol, ormas dan OKP,  serta pengurus cabang olahraga dan KONI dan ratusan warga kota.

Sekdako Benni Warlis dan sesepuh pamong senior Payakumbuh yang diwakili Abdi Murtani, saat melepas jenazah,  mengajak pelayat dan warga untuk saling bertimbang maaf dengan almarhum dan keluarga, sambil memanjatkan do’a, agar arwah almarhum ditempatkan pada tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT.

Semangat kerja dan cara bergaul almarhum, pantas diteladani,  karena punya  etos kerja yang  tak kenal menyerah. Mudah bergaul dengan segala lapisan.  Dunia olahraga Payakumbuh, cukup bergairah  sejak  beliau memimpin KONI. Posisi Payakumbuh berada di papan atas dalam peroleh medali. Almarhum juga merupakan Ketua DPD KNPI  pertama di Payakumbuh. Di kalangan pemuda, ia dikenal pelopor dalam konsep dan santuan dalam aplikasi.

Selain menjabat ketua umum KONI periode 2008-2012 dan 2012-2016, almarhum di jajaran Pemko meniti karirnya dari bawah. Dipercaya sebagai Camat perdana di Payakumbuh Barat, 1982, karirnya terus membaik hingga Kepala Dinas Pendapatan, dan  terakhir sebagai Asisten I Bidang Pemerintahan hingga pensiun. Di dunia olahraga, selain ketum KONI, almarhum dipercaya sebagai Keua Umum Persepak pertama, dan cukup  lama menjabat Ketua Eksekutif Pertina Payakumbuh.

Sedangkan, di dunia politik, almarhum juga pernah menjabat Ketua Umum DPD Golkar Payakumbuh, di era Orde Baru. Ia juga tercatat sebagai anggota DPRD Payakumbuh, selama dua tahun periode 1997-1999. Karena peraturan, akhirnya yang bersangkutan mundur sebagai pimpinan parpol dan anggota dewan.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Pelantikan Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Padang Pariaman

Padang Pariaman, beritasumbar.com - Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Padang Pariaman mengadakan pelantikan pengurus baru di Hall Saiyo Sakato, Senin, 20/09 atau 13 Shafar 1433...
- Advertisement -

Pimpin Apel Operasi Patuh Singgalang 20201, Ini Pesan Wakapolres Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakapolres Sijunjung Kompol Syahrul Chan SH memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2021 di Mapolres setempat, Senin (20/9). Wakapolres membacakan amanat tertulis...

Luncurkan Gerai Vaksin Untuk Pelajar, Ini Pesan Kapolres Sijunjung

Sijunjung, beritasumbar.com - Kapolres Sijunjung AKBP.  Muhammad Ikhwan Luzuardi SH SIK MH  Launching Gerai Vaksin bagi pelajar yang dilaksanakan di SMAN 6 Sijunjung Kecamatan Kamang...
- Advertisement -

Benarkah Masa Pandemi Covid-19 itu Ibarat Pisau Bermata Dua dan Berkah Bagi Sektor Pertanian” Kita ?

Berbicara tentang pandemi Covid-19, hampir pasti di semua kita langsung tersirat makna negatif setelah mendengar kata “Covid” tersebut. Padahal kenyataannya tidak. Masa pandemi Covid-19 ibaratkan seperti pisau bermata dua. Bagaimana tidak? Ingin tahu kenapa..padahal artikel ini akan kita kupas mengenai itu.

Pelatih dan Pendamping Khafilah Padang Panjang Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan TC MTQ

Padang Panjang, BeritaSumbar.com,_Kakankemenag Kota Padang Panjang Buya H. Alizar Datuak Sindo Nan Tongga pimpin Rapat Evaluasi bersama Pelatih dan Pendamping persiapan MTQ Nasional XXXIX Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Aula Kankemenag Kota Padang Panjang, Kamis siang menjelang sore (16/09/2021)
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Pelatihan Bahasa Isyarat di MKS, Marfendi: Mungkin Pertama di Indonesia

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pelatihan bahasa isyarat dilaksanakan di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi diikuti berbagai kalangan, seperti dari pemerintahan kota, kepolisian dan perbankan. Wakil...

Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS 2021, Bupati Lima Puluh Kota Ingatkan Prokes Covid 19 dan Motivasi Pada Peserta

Lima Puluh Kota,BeritaSumbar.com,-- Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan Tes Sekeksi Kemampuan Dasar (SKD) hari pertama Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di SMPN 1 Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota pada, Rabu (15/9/2021)

Tinjau Belajar Tatap Muka di Sekolah, Bupati: Kolaborasi Pemda dan Satgas Covid-19

Limapuluh Kota,BeritaSumbar.com,- Menyikapi kondisi pandemi Covid-19 dan pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 bersifat dinamis mengacu pada kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masing-masing daerah, dan Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Datuak Bandaro Rajo meninjau dan langsung beberapa sekolah untuk memastikan penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah.

Cara Aman Transaksi Elektronik, Ini Webinar Kemenkominfo RI di Limapuluh Kota

Limapuluh Kota ,BeritaSumbar.com,— Era digital ditandai dengan transaksi finansial yang tidak lagi menggunakan uang tunai. Melainkan menggunakan sarana elektronik, seperti transaksi melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), kartu debet, kartu kredit, serta transaksi yang menggunakan teknologi tinggi seperti e-banking, e-commerce, atau epayment.

Bukittinggi Apresiasi Kerja Tim Pemadam yang Menjinakkan Api di Pasar Bawah

Bukittinggi, beritasumbar.com -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran tim pemadam kebakaran, yang terjun menjinakkan api membakar los dan kios...

Polres Padang Pariaman Amankan Pencuri Besi Rel Kereta Api

Padang Pariaman, beritasumbar.com -Tim Gagak Hitam Sat Reskrim Polres Padang Pariaman gabungan dengan anggota Polsek Lubuk Alung telah menangkap tersangka pencurian besi padu rel...

dr. Reisa: Daftar Vaksin Sekarang Juga, Stok Vaksin Tersedia

Jakarta,- Juru Bicara Pemerintah, dr. Reisa Broto Asmoro, mendorong masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 untuk segera mendaftarkan dirinya. Menurutnya, Bio Farma telah menyatakan siap untuk mengirim 18 juta dosis vaksin Covid-19 ke seluruh Provinsi di Indonesia di bulan September ini.

Konsepsi: Harapan & Kecemasan

Artikel Berseri: Seribu Asa untuk Bahagia (ABSAB) Seri 14/1000 “Konsepsi: Harapan & Kecemasan” ------------------------------------------------------------------------------------- Oleh : H. Nofrijal, MA  Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Utama/IV-e Sebuah ungkapan “kau datang, aku tunggu”, demikian...

Kadis Kominfo Padang Pariaman Beberkan Tips Produktif di Dunia Maya

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com, — Melalui webinar literasi digital yang digelar secara virtual baru-baru ini, Kepala Dinas Kominfo Padang Pariaman, Zahirman membeberkan tips memanfaatkan internet secara bijak dan produktif.

Sikapi Surat Bupati Padang Pariaman, Forkopimca Ulakan Tapakih Lakukan Pengawasan dan Penertiban Usaha Tambak di Wilayahnya.

Padang Pariaman, beritasumbar.com,- Menindaklanjuti Surat Bupati Padang Pariaman nomor 300/313/DPMPTP/VIII-2021 tentang Pengawasan dan Penertiban Pelaksanaan Kegiatan Usaha Tambak Udang, diperintahkan kepada Camat yang ada di wilayah pesisir untuk berkoordinasi dengan Forkopimca dan instansi terkait dalam pelaksanaan kegiatan.
- Advertisement -