26 C
Padang
Minggu, April 14, 2024
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Ketua DPRD Darman Sahladi Terima Dana Rp.157 Juta Lebih
K

Kategori -
- Advertisement -

Darman Sahladi, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, menerima dana ganti kerugian atau ganti rugi wajar atas tanah miliknya yang terkena pelebaran badan Jalan Sudirman Payakumbuh. Menurut rencana, awal April mendatang, pelebaran jalan utama itu akan dimulai pekerjaannya. Didahului dari  Simpang Kaniang Bukik ke Kelurahan Muaro.

 

Tidak hanya Darman Sahladi yang menerima ganti kerugian tahap kedua ini. Bersamanya, juga diserahkan 31 pemilik tanah lainnya, dengan jumlah yang bervariasi. Mulai dari terendah Rp21.900.000 yang diterima keluarga Amril dari Kelurahan Balai Cacang, hingga yang tertinggi Rp166.400.000 yang diterima keluarga Ujang Satria.

 

Total dana ganti kerugian yang diberikan pemko Rp1.872.980.000. Sebelumnya, Desember 2013, juga telah diserahkan buat 68 KK, total Rp5.165.580. 580.000. Sementara itu, dalam bulan ini juga akan diserahkan dana ganti kerugian buat 23 KK lagi, yang kini dalam proses administrasi keuangan. Sedangkan, sisanya 117 persil lagi milik 127 KK  tengah dalam pengkajian pihak KJPP. Pemko mengalokasikan dana untuk ganti kerugian tanah itu seluruhnya lebih kurang  Rp12 Miliyar lebih.

 

Penyerahan ganti kerugian tanah tahap dua itu, dilakukan di ruang rapat kepala daerah di Balaikota di Bukik Sibaluik Payakumbuh, Jum’at (28/2). Secara simbolis diterimakan  Asisten I Setdako Yoherman, SH, S.Sos kepada Darman Sahladi, disaksikan Kepala BPN diwakili Rita Susanti, Kadis PU diwakili Kabid Binamarga H. Zul Arman, Kabid Perbendaharaan dan akutansi Hj. Eri Miati, S.Sos,   Sekretaris PU Andi Narwan, SE  dan Ketua KAN Koto nan Gadang Heri Iswandi Dt. Muntiko Alam, SE dan sejumlah undangan lainnya.

 

Asisten I Yoherman, mengapresiasi kepedulian warga Koto nan Gadang, terutama yang berada disepanjang Jalan Sudirman, atas kesediannya melepas tanahnya buat pelebaran badan jalan. Harga tanah yang diganti, katanya, tidak lagi ditentukan sepihak oleh pemko. Tapi, melalui konsultan jasa penilai publik (KJPP) tanah yang indenpenden. “Tak ada campur tangan pemerintah dalam penilaian ganti kerugian itu,” katanya.

 

Yoherman juga menyampaikan penghargaan buat BPN dan KAN Koto nan Gadang, yang ikut memberikan dukungan kuat terhadap pembebasan  tanah jalan tersebut. Sehingga dalam pengukuran tanah, tak satupun warga yang dirugikan.

 

Ketua KAN Koto nan Gadang Heri Iswandi Dt. Muntiko Alam dan Dalman Sahladi yang diberi kehormatan  menyampaikan sambutannya, juga menyampaikan penghargaan buat pemko, dalam membangun infrastruktur di Koto nan Gadang atau Payakumbuh Utara. “Kami sangat bangga, pembangunan di Payakumbuh sudah merata diseluruh nagari atau kecamatan di kota ini. Dalam rangka memajukan kampung halaman, kami siap berpartisipasi,” kata Dt. Muntiko Alam dan Dalman Sahladi.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img