30 C
Padang
Kamis, Agustus 5, 2021
Beritasumbar.com

Kerugian Kebakaran di Agam Capai Rp14,3 Miliar
K

Kategori -

Lubuk Basung – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyatakan kerugian akibat kebakaran yang terjadi di daerah itu sepanjang 2015 mencapai Rp14,3 miliar.

Kepala BPBD setempat, Bambang Warsito di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan jumlah kerugian ini dari 76 kasus kebakaran yang terjadi di 15 kecamatan di daerah itu.

Rata-rata penyebab kebakaran karena korsleting listrik dan kelalaian pemilik rumah yang pergi meninggalkan rumah sedangkan api kompor belum dimatikan.

Ke 76 kasus kebakaran ini terjadi di Kecamatan Ampek Koto sebanyak lima kasus dengan kerugian sekitar Rp1,92 miliar, Kecamatan Sungai Pua sebanyak empat kasus dengan kerugian Rp1,63 miliar, Kecamatan Kamang Magek tiga kasus dengan kerugian Rp110 juta.

Sementara di Kecamatan Ampek Angkek sebanyak delapan kasus dengan kerugian Rp403 juta, Kecamatan Canduang lima kasus dengan kerugian Rp2,3 miliar, Kecamatan Tilatang Kamang empat kasus dengan kerugian Rp485 juta.

Lalu di Kecamatan Lubuk Basung sebanyak 21 kasus dengan kerugian Rp2,58 miliar, Kecamatan Banuhampu sembilan kasus dengan kerugian Rp2,82 miliar, Kecamatan Malalak empat kasus dengan kerugian Rp265 juta, Kecamatan Palupuh sebanyak satu kasus dengan kerugian Rp80 juta.

Selain itu, Kecamatan Tanjung Raya sebanyak tiga kasus dengan kerugian sekitar Rp1,53 miliar, Kecamatan Tanjung Mutiara sebanyak empat kasus dengan kerugian Rp410 juta, dan Kecamatan Ampek Nagari sebanyak tiga kasus dengan kerugian Rp180 juta.

Dari 27 kasus kebakaran itu, korban jiwa sebanyak dua orang di Jorong Koto Kaciak, Nagari Koto Kaciak, Kecamatan Tanjung Raya yang terjadi pada 27 Maret 2015. Dua korban meninggal dunia itu atas nama Kamsina (83) dan Nursimah (75).

“Korban ini merupakan pasangan suami istri yang terperangkap saat kebakaran,” katanya.

Ia menyebutkan kasus kebakaran pada 2015 berkurang dibandingkan pada 2014 sebanyak 122 kasus dengan kerugian Rp11,8 miliar.

Namun sebelumnya kasus kebakaran ini meningkat setiap tahun. Pada 2006 kasus kebakaran sebanyak 56 kasus, 2007 sebanyak 42 kasus, 2008 sebanyak 73 kasus, dan 2009 sebanyak 76 kasus.

Pada 2010 sebanyak 75 kasus, 2011 sebanyak 80 kasus dengan kerugian Rp8,78 miliar, 2012 sebanyak 95 kasus dengan kerugian Rp8,26 miliar, 2013 sebanyak 95 kasus dengan kerugian sekitar Rp8,1 miliar.

Untuk meminimalisir kasus kebakaran, pihaknya terus melakukan sosialisasi ke masyarakat agar menyediakan tabung racun api, mengaktifkan kolam di depan rumah, mengganti jaringan listrik yang sudah lama dan lainnya.

Saat ini, Agam telah memiliki sebanyak enam unit mobil pemadam kebakaran, dan 48 personil satgas pemadam kebakaran di empat pos yakni di Lubuk Basung, Tiku, Sungai Tanang dan Biaro.

Jumlah Satgas pemadam kebakaran ini masih kurang dan pihaknya akan mengajukan penambahan pada 2016.
“Apabila ini terwujud, maka kita akan membangun pos pemadam di Kecamatan Palupuh dan Malalak,” tutupnya. (Ant/Oleh Eko Fajri)

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Qori Lestari Semangati Masyarakat Jalani PPKM Lewat Rilis Lagu Jangan Menyerah

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat Qori Lestari tersentuh dan terinspirasi menulis lagu Jangan Menyerah. Dokter cantik asal Kota Bandung tersebut ingin menyemangati masyarakat Indonesia dalam menjalaninya.
- Advertisement -

Happy Neldy Ketua DPC Gerindra Padang Pariaman Galang Dana Bantuan Untuk Gilang Penderita Kanker Hati

Padang Pariaman,BeritaSumbar.com,-Kepedulian Partai Gerindra terhadap masyarakat kurang mampu terkhusus kepada warga yang menderita penyakit terus mengalir bantuan, setidaknya dapat meringankan kehidupan mereka.

Mewujudkan Zona Integritas, Kakankemenag Lakukan Pembinaan ASN

Padang Panjang,BeritaSumbar.com,_Selesai acara Pelantikan Pejabat dan Serah Terima Jabatan Kepala Seksi Penmad Kankemenag Kota Padang Panjang, acara dilanjutkan dengan Pembinaan ASN dilingkungan Kemenag Kota Padang Panjang tentang Zona Integritas (ZI) oleh Kakankemenag H.Gusman Piliang didampingi oleh Kasubbag TU H. Bustami di Aula Kankemenag, Senin, (02/08/2021)
- Advertisement -

Seratusan ASN dan Non ASN Jalani Swab PCR Massal di Dinas Kominfotik Sumbar

Padang,BeritaSumbar.com,-Sebanyak 116 orang terdiri dari ASN dan non ASN Dinas Komunikasi Informatika dan statistik (Kominfotik) Sumbar, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar dan Komisi Informasi (KI) Sumbar menjalani tes swab PCR, di Kantor Diskominfotik Sumbar, Senin (2/7/2021). Tes swab massal tersebut merupakan upaya untuk memutus penyebaran Covid-19.

Kuliah Daring, Belajar Sambil Bekerja Di Masa Pandemi

Penerapan Kuliah Daring berawal sejak pandemi Covid-19 pada bulan Maret tahun 2020 di Indonesia, dimana segala aktivitas perkuliahan di lakukan melalui Program Daring, adapun beragam fitur media sosial di gunakan untuk bertatap muka guna kegiatan tersebut antara lain ; Zoom Meeting, Google Meet, WAG, E-Learning,serta aplikasi media lainnya.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Paket Tender Solok Selatan Rp299,2 juta Tanpa Ada Penawar

Padang Aro, beritasumbar.com - Satu paket tender di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat dengan Pagu dan Rp299,2 juta dinyatakan gagal karena tidak ada penawaran...

Besok, Belajar Tatap Muka Akan Dimulai Di Kabupaten Sijunjung

Sijunjung,  - Kegiatan proses belajar mengajar tatap muka di Kabupaten Sijunjung akan dimulai pada Senin (12/7), akan tetapi belajar tatap muka akan dilangsungkan 50...

Audiensi Dengan Kepala Sekolah, DPRD Sijunjung Tampung Aspirasi Masalah Pendidikan

Sijunjung, beritasumbar.com - Banyak aspirasi dan permasalahan di dunia pendidikan yang belum terwujud selama ini, maka Kepala Sekolah Paud/TK, SD, dan SLTP se-Kecamatan Koto Vll...

Disdukcapil Lima Puluh Kota Imbau Masyarakat Proaktif Urus Administrasi Kependudukan

Sarilamak, beritasumbar.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lima Puluh Kota mengimbau masyarakat setempat agar proaktif mengurus administrasi kependudukan. Kadis Dukcapil Kabupaten Lima...

Buka Akses Unggan-Pamusian, Jarak Kabupaten Sijunjung-Tanah Datar Bisa Dipangkas

Sijunjung, beritasumbar.com - Dalam waktu dekat ini diperkirakan, hubungan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Tanah Datar lewat jalur Unggan ke Pamusian akan terhubung. Perbatasan kedua daerah yang...

Sambut HUT RI ke-76, DHD-BPK 45 Sumbar Buka Pendaftaran Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan

Sebagai salah satu bentuk upaya berkesinambungan dalam penanaman nilai-nilai kejuangan 45 pada generasi muda, Dewan Harian Daerah Badan Pembudayaan Kejuangan 45 Provinsi Sumatera Barat (DHD BPK 45 Sumbar) mengadakan Lomba Baca Puisi dan Lagu Perjuangan Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, pendaftaran calon pesertanya resmi dibuka pada Jumat, 2 Juli 2021.

Bantu Para Petani, Pemkab Sijunjung Salurkan 114 Alsintan

Sijunjung, beritasumbar.com - Untuk mempermudah pekerjaan lahan usaha pertanian, mulai dari kegiatan pengolahan lahan dan perawatan tanaman pertanian, maka Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung menyalurkan sebanyak...

Mangombang Nan Talipek, Rang Kampai Nagari Simpang Kapuak Bapanghulu

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Setelah belasan tahun gelar penghulu Datuak Monti Bosa talipek atau tidak dipakainya, Warga Suku Kampai Nagari Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka,...

Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Wabup Sijunjung Minta Camat-Walnag Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Sijunjung, beritasumbar.com - Wakil Bupati Sijunjung, Sumatera Barat, Iraddatillah memimpin rapat kerja usaha percepatan penanganan dan pembangunan infrastruktur di wilayah tersebut, Rabu, 30/6. Raker tersebut melibatkan...

Kapolres Padang Pariaman Semprot Disinfektan di Seputar Rumah Warga Isolasi Mandiri

Padang Pariaman,   - Mendengar laporan terkait adanya satu keluarga sedang isolasi mandiri melanggar protokol kesehatan, Kapolres Padang Pariaman AKBP. Dian Nugraha HBWPS. SH. SIK,...
- Advertisement -