27 C
Padang
Rabu, Desember 6, 2023
spot_imgspot_img
Beritasumbar.com

Kenali Risiko Jualan di E-Commerce, Harus Siap Anda Hadapi!
K

- Advertisement -

Jualan secara online menjadi salah satu pekerjaan yang digandrungi banyak orang. Sebab dinilai lebih mudah dan bisa memanfaatkan e-commerce yang ada tersedia di Indonesia. Namun sebelum memutuskan berjualan online di e-commerce, Anda tentunya harus memahami apa saja yang perlu disiapkan dan apa saja risiko jualan di e-commerce yang akan dihadapi.

Risiko Jualan di E-Commerce
Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan untuk berjualan melalui e-commerce, berikut kami berikan beberapa risiko jualan di e-commerce yang mungkin saja akan Anda alami, yaitu:

  1. Persaingan Ketat
    Menawarkan produk di e-commerce memang lebih mudah. Akan tetapi hal tersebut membuat persaingan semakin ketat. Kita harus bersaing dengan kompetitor yang memiliki produk serupa. Itulah kenapa kita harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan berjualan secara online.

Dengan riset yang tepat, kita bisa meminimalisir risiko tersebut. Kalaupun ada penjual lain di tempat yang sama, kita bisa menemukan sesuatu yang membuat produk kita terlihat berbeda dari yang ditawarkan oleh kompetitor.

  1. Rentan Mengalami Rugi
    Kita pasti sepakat bahwa dalam berdagang ada yang namanya untung dan rugi. Meski kita ditawarkan berbagai kemudahan dengan berjualan di e-commerce, risiko kerugian tetap saja dapat terjadi pada bisnis kita. Contoh sederhana ketika kita tidak bisa melayani semua pembelian yang masuk, sehingga banyak yang membatalkan pesanan.

Produk tertentu yang harus terjual dalam waktu singkat juga membuat risiko kerugian tersebut semakin besar. Solusi yang bisa dilakukan adalah menemukan produk yang tepat sembari meningkatkan popularitas toko Anda.

  1. Potensi Penipuan
    Ketika toko Anda semakin besar, biasanya akan ada banyak ujian yang dilalui. Contohnya potensi penipuan yang memberikan dampak buruk pada bisnis Anda. Potensi ini dapat datang dari mana saja. Baik dari toko Anda, partner bisnis hingga konsumen yang mencatut nama toko Anda.

Pastikan Anda memiliki reputasi yang baik di e-commerce. Salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik. Selain itu Anda juga bisa meningkatkan toko Anda ke official store. Sehingga risiko penipuan dapat dihindari.

  1. Kurangnya Stok
    Manajemen stok sangat penting diperhatikan. Terutama bagi Anda yang masih berjualan secara dropship atau reseller. Anda perlu memastikan semua produk dalam kondisi ready stok. Karena jika terjadi kekurangan stok atau stok kosong, dapat menyebabkan Anda kehilangan calon pembeli.
  2. Pasar Tidak Stabil
    Ada banyak hal yang tidak bisa kita prediksi ketika berjualan secara online. Salah satunya mengenai penjualan yang bisa saja mengalami peningkatan dan penurunan. Itu semua tergantung pada kondisi pasar. Namun terkadang kondisi pasar selalu berada di kondisi yang tidak stabil. Maka dari itu Anda perlu mempelajarinya dengan teliti.
  3. Masalah Keuangan
    Banyak banyak pemilik toko online yang tidak memisahkan keuangannya. Sehingga seringkali uang modal terpakai untuk keperluan pribadi. Hal tersebut tentunya akan mempengaruhi bisnis Anda. Penyediaan stok jadi terhambat, dan kebutuhannya lainnya juga sulit terpenuhi karena terkendala biaya.

E-commerce Blibli merupakan perusahaan b2b yang memberikan Anda kesempatan untuk berjualan. Mempertemukan Anda dengan pembeli yang tertarik dengan produk Anda. Maka dari itu Anda pun perlu memaksimalkan kinerja toko yang dimiliki di Blibli. Salah satunya dengan memberikan pelayanan terbaik.

Memastikan produk selalu tersedia juga dapat meningkatkan kepuasan pembeli. Dengan begitu mereka bisa saja menjadi loyal customer yang akan selalu melakukan repeat order di toko Anda.

- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

- Advertisement -
- Advertisement -

Tulisan Terkait

- Advertisement -spot_img