24 C
Padang
Rabu, Januari 27, 2021
Beritasumbar.com

Kel.Pakan Sinayan dan Ompang Tanah Sirah Ikuti Lomba GSB 2015
K

Kategori -

Gerakan Sumbar Bersih (GSB) 2015, ditandai dengan lomba kebersihan antar-kelurahan tingkat provinsi, yang penilaiannya untuk Payakumbuh, dilakukan tim dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Sumatera Barat dan LSM, Selasa (31/3). Dalam lomba ini, Payakumbuh diwakili Kelurahan Pakan Sinayan Payakumbuh Barat dan Kelurahan Ompang Tanah Sirah Payakumbuh Utara.

Tim yang diketuai Ir. Novarita didampingi dua anggotanya Linda dan Syaifudin Islami ini, selama di Payakumbuh mengunjungi sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, masjid dan kantor pemerintahan, selain pekarangan rumah masyarakat di dua kelurahan yang mewakili kota ini. Saat penilaian, tim didampingi Staf Ahli Walikota Hj. dr. Merry Yuliesday, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Payakumbuh Ir. Syamsurial bersama Kepala Dinas Tata Ruang dan Kebersihan diwakili Kabid Kebersihan Men Apris, Lurah Pakan Sinayan Zailendra, Lurah Ompang Tanah Sirah Erizal, S.Sos dan Kepala Sekolah serta tokoh masyarakat.

Tim dari Bapedalda provinsi ini melakukan pemeriksaan terkait kebersihan, tanaman yang ada di sekitar fasilitas umum, Bank Sampah, Kompos dan hal lain yang mendukung termasuk WC dan MCK serta partsisipasi masyarakat dan Lurah dalam menciptakan lingkungan yang bersih.

Menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup, Syamsurial, Kelurahan yang dikirim mewakili Kota Payakumbuh dengan Kategori yang dilihat diantaranya semangat kerja lurah, partisipasi masyarakat dalam membudayakan semangat gotong royong. Intinya Usaha menciptakan Lingkungan yang bersih, tegas Syamsurial.

Syamsurial menyatakan optimis salah satu kelurahan yang mewakili Payakumbuh dapat menjadi nominasi dan tidak menutup kemungkinan menjadi yang terbaik. Hal senada juga didukung dengan semangat dan optimisme yang ditunjukkan kedua kepala kelurahan.

”Kami Optimis kelurahan kami dapat menjadi nominasi sebagai Kelurahan yang mendukung Gerakan Sumbar Bersih ini. Hal ini juga diperlihatkan dengan tingginya dukungan dan partisipasi masyarakat yang sangat tinggi.” Ungkap Zailendra Lurah Pakan Sinayan.

Sebelum meninggalkan Payakumbuh, tim dijamu Sekdako H. Benni Warlis dan Asisten II Ds. H. Amriul serta Kadis Tata Kota dan Kebersihan, Zulinda Kamal, pada sebuah rumah makan di Payakumbuh, sambil melakukan evaluasi terhadap kegiatan Sumbar Bersih yang dilakukan di Payakumbuh.

Dari 20 kegiatan lingkungan hidup yang harus dilakukan setiap kota dan kabupaten, terutama di kelurahan dan desa serta kecamatan, berapa yang mampu direalisir oleh daerah. Bagi Payakumbuh, kegiatan itu sudah berjalan lebih baik dari tahun sebelumnya, sebut sekdako.

 

Sumber: Humas Kota Payakumbuh
- Advertisement -
- Advertisement -

BERITA PILIHAN

Keberadaan Rumah Tahfiz Alkahfi, Wadah Penerus Hafal Al- Quran dan Relegius

Kapolres Pesisir Selatan AKBP. Sri Wibowo.S.Ik bersama - sama Humas Polda Sumatera Barat, Sabtu (23/1) kemarin sekira pukul 13.30 Wib meresmikan Rumah Tahfiz Alkahfi.
- Advertisement -

Aprisal PB, Dewan Wajib Jalin Hubungan Yang Harmonis Dengan Segala Lapisan Masyarakat

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ranah Lansek perlu menjalin hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat. Untuk itu diperlu figur-figur pejabat yang memiliki hubungan emosional yang baik dengan semua stackholder di daerah ini, kata Aprisal PB, ketua fraksi Amanat Nasional di gedung DPRD Sijunjung, Selasa (26/1).

Polres Sijunjung Akan Operasikan Mobil SIM Keliling

Setelah siapkan mobil samsat keliling, Sijunjung juga akan operasikan mobil SIM Keliling. Hal ini untuk mempermudah warga untuk memperpanjang masa berlakunya izin mengemudi mereka.
- Advertisement -

Sikapi Keresahan Warga Akan Balapan Liar, Polres Pasbar Gelar Razia Malam

Akhir akhir ini warga Pasaman Barat di resahkan dengan maraknya balapan liar. Sikapi keresahan warga tersebut, Polres Pasaman Barat melalu jajarannya lakukan razia. Sabtu 23/1 malam sekira pukul 22.00 wib razia digelar di Simpang Empat Pasbar.

Promosikan Wisata Di Kota Tambang, Rezka Oktoberia Gelar Sepeda Sehat Explore Sawahlunto

Ikut promosikan wisata sehat di kota Sawahlunto, Rezka Oktoberia Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Sumbar bekerja sama dengan Rebana Foundation menggelar event Sepeda Sehat Explore Wisata Sawahlunto pada Minggu (24/01/2021) pagi.
- Advertisement -

Tulisan Terkait

Targetkan Rampung Enam Bulan, Wajah Kawasan Pasar di Padang Panjang Bakal “Tacilak”

Padang Panjang, beritasumbar.com - Pemko Padang Panjang kembali mengganggarkan dana sekitar Rp.8 miliar untuk mempersolek wajah Kawasan Pasar Pusat, setelah tertunda lantaran refocusing anggaran...

FPL Pasbar Rilis Buku Antologi Puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ Karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat

Sejak Forum Pegiat Literasi Pasaman Barat (FPL Pasbar) berdiri, aktivitas literasi di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat makin kelihatan, terutama pada generasimudanya. Terbukti dengan peluncuran buku antologi puisi ‘Indonesia Sakti, Pusaka Kusayang’ karya 75 Pelajar se-Pasaman Barat yang dirilis oleh FPL Pasbar lewat sebuah acara yang digelar pada Sabtu sore (23/1) di Cafe Seven, Simpang Empat, Pasaman Barat.

KPU Limapuluh Kota Tunjuk Pengacara Untuk Menghadapi Sidang PHP Di MK

Tanjung Pati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menunjuk pengacara Sudi Prayitno,S.H., LL.M. sebagai perwakilannya menghadapi sidang gugatan dari pasangan calon Darman Sahladi-Maskar...

Kunjungi Maek, Anggota DPRD Sumbar Siap Bantu Proses Pemekaran Nagari

Limapuluh Kota, beritasumbar.com - Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Muhammad Ridwan kunjungi Nagari Maek, Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (22/1). Kunjungan itu dalam rangka menjemput aspirasi masyarakat...

Hadir MPP Payakumbuh, PAM Tirta Sago Siap Maksimalkan Pelayanan Kepada Pelanggan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Perumda Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat telah hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) daerah setempat sehingga...

Lima Kantor Hukum Ajukan Diri Mewakili KPU Lima Puluh Kota di Sidang MK

Tanjung Pati, beritasumbar.com - Menhhadapi sidang persengketaan hasil Pilkada 2020 di Mahkamah Kostitusi, lima kantor hukum mengajukan proposal untuk mewakil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...

Sidang Di Lokasi Perkara, PN Batusangkar Periksa Objek Sengketa

Tanah Datar, beritasumbar.com - Guna menentukan dan pemeriksaan Objek sengketa,Pengadilan Negeri Batusangkar melakukan sidang di lahan perkara yang terletak di Pinggang Bukik Gunung Seribu...

77 Pejabat Baru Dilantik, Ini Tuntutan Wako Padang Panjang

Padang Panjang, beritasumbar.com - Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano melantik 77 pejabat struktural daerah itu di Hall Lantai III...

Disnakerin Payakumbuh: 51 Paket Pelatihan Akan Diselenggarakan Pada 2021

Payakumbuh, beritasumbar.com- Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, mengemukakan pada tahun 2021 akan  ada 51 pelatihan keterampilan dari berbagai bidang yang akan...

Polres Payakumbuh Rekonstruksi Pembunuhan Di Situjuah, 40 Adegan Diperagakan

Payakumbuh, beritasumbar.com - Polres Payakumbuh, Sumatera Barat melakukan rekonstruksi peristiwa pembunuhan di Jorong Bumbuang, Nagari Situjuah Batua, Kabupaten Limapuluh Kota yang terjadi saat hari H...
- Advertisement -